• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Alami Mengurangi Rasa Sakit Karena Arthritis

Cara Alami Mengurangi Rasa Sakit Karena Arthritis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Arthritis atau radang sendi bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit pada persendian. Seperti diketahui, untuk bisa bergerak dengan bebas, sendi memegang fungsi yang sangat penting. Adanya sendi yang menghubungkan satu tulang dengan yang lainnya memungkinkan anggota tubuh untuk bergerak secara fleksibel dan stabil. 

Jadi, ketika mengalami rasa sakit karena arthritis, tentu pergerakan jadi tidak lagi bisa bebas. Bahkan, bisa juga timbul gejala lain seperti pembengkakan dan nyeri saat disentuh, yang membuat kamu jadi tidak bisa ke mana-mana. Lalu, adakah cara alami untuk mengurangi rasa sakit karena arthritis?

Baca juga: Bukan Hanya Orangtua, Anak Muda Juga Bisa Terserang Radang Sendi

Tips Mengurangi Rasa Sakit Karena Arthritis

Rasa sakit pada sendi karena arthritis dapat berlangsung selama beberapa hari, bahkan minggu. Agar tidak membatasi aktivitas dan gerak tubuh, berikut ini tips mengurangi rasa sakit karena arthritis yang bisa dicoba:

1.Banyak Istirahat

Beristirahatlah total selama satu atau dua hari untuk memulihkan persendian yang sedang bermasalah. Sebisa mungkin, hindari kegiatan yang bisa menyebabkan sendi semakin sakit. Meski tidak serta merta menyembuhkan, setidaknya dengan beristirahat, kamu tidak memperparah peradangan yang sudah terjadi.

2.Kompres Sendi yang Sakit

Cara ini paling mudah dilakukan untuk mengurangi rasa sakit karena arthritis. Cobalah kompres hangat untuk meredakan rasa sakit, serta membuat rileks sendi yang kaku. Selain itu, kamu bisa menempelkan heating pad atau handuk hangat pada sendi yang terasa sakit, selama 10-20 menit.

Jika sendi tampak membengkak, sebaiknya gunakan kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit akibat arthritis. Sebab, suhu dingin dapat merangsang penyempitan diameter pembuluh darah dan memperlambat aliran darah menuju ke lokasi cedera. Hal ini membuat berkurangnya zat-zat perangsang inflamasi yang bergerak menuju sendi, sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Radang Sendi dan Pegal Linu

3.Minum Air Putih yang Cukup

Kurang minum air putih dapat memperburuk nyeri pada sendi. Oleh karena itu, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat arthritis adalah dengan minum air putih yang cukup.

Air membantu mengeluarkan racun dari tubuh yang bisa membantu melawan peradangan, serta membantu membawa nutrisi menuju persendian untuk mendorong pertumbuhan sel-sel baru di jaringan tulang rawan.

Itulah tips mengurangi rasa sakit akibat arthritis secara alami. Rasa sakit akibat arthritis bisa diredakan dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Jenis obat yang paling umum digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan sendi adalah obat non-steroid antiinflamasi (NSAID), seperti ibuprofen, naproksen, dan ketoprofen.

Namun, sebaiknya kamu bicarakan dengan dokter terlebih dahulu jika butuh obat pereda nyeri. Terlebih, kondisi arthritis yang dialami setiap orang tidaklah sama, sehingga penanganannya pun bisa saja berbeda. Agar lebih mudah, kamu bisa download aplikasi Halodoc dan gunakan untuk berbicara dengan dokter, kapan dan di mana saja.

Baca juga: Pegawai Kantoran Rentan Terkena Radang Sendi

Pada beberapa kondisi, selain obat-obatan, pengidap arthritis dapat membutuhkan terapi fisik terutama ketika kondisinya tergolong kronis. Terapi fisik membantu memperkuat sendi yang lemah juga rusak akibat peradangan. Jadi, bicarakan dengan dokter tentang metode pengobatan terbaik sesuai kondisi kamu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 9 Ways to Get Relief from Arthritis Pain Naturally.
Emedicine Health. Diakses pada 2020. Joint Pain (Hand, Knee) Treatment, Medications, Causes & Relief.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. How do exercise and arthritis fit together?
Everyday Health. Diakses pada 2020. Physical Therapies for Arthritis Pain.
Medicine Net. Diakses pada 2020. Joint Pain: Symptoms, Signs, Causes & Treatment.