• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Cara Alami Meredakan Sakit Tenggorokan pada Bayi

3 Cara Alami Meredakan Sakit Tenggorokan pada Bayi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Kesehatan anak yang menurun akan membuat orangtua merasa khawatir. Belum lagi gangguan kesehatan yang dialami anak kerap menyebabkan anak menjadi lebih rewel dan sulit untuk mengonsumsi makanan. Selain dapat menyerang orang dewasa, sakit tenggorokan juga bisa dialami oleh anak-anak bahkan bayi.

Baca juga: Penyebab Tenggorokan Sakit dan Suara Tiba-Tiba Hilang

Sakit tenggorokan yang dialami oleh bayi umumnya disebabkan karena paparan virus pada penyakit flu. Namun, sakit tenggorokan yang tidak diatasi dapat menyebabkan bayi kekurangan asupan akibat sulit menelan. Ketahui cara alami yang dapat ibu lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan pada bayi.

Cara Redakan Sakit Tenggorokan pada Bayi

Rasa tidak nyaman yang dialami bayi pada bagian tenggorokan akan membuat ia menjadi rewel. Selain itu, terkadang bayi juga menjadi malas atau sulit untuk mengonsumsi ASI atau asupan makanan. Hal ini memicu gangguan kesehatan lain, seperti dehidrasi.

Melakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan kesehatan anak tentunya menjadi hal yang cukup penting. Selain dapat mengetahui penyebab anak menjadi sulit makan, tentunya bayi bisa melakukan pengobatan yang sesuai dengan anjuran dokter.

Namun, sebagai penanganan pertama, ibu bisa melakukan cara alami yang sederhana untuk mengatasi sakit tenggorokan yang dialami oleh bayi, yaitu:

1. Penuhi Asupan Cairan

Ibu, ketika anak mengalami sakit tenggorokan, sebaiknya penuhi asupan cairan yang dibutuhkan oleh anak. Kondisi ini ibu lakukan untuk menghindari anak dari dehidrasi yang mungkin terjadi akibat kesulitan makan maupun minum.

Jika bayi berusia dibawah 6 bulan, berikan ASI atau susu formula yang digunakan sesering mungkin. Namun, ketika usia bayi sudah di atas 6 bulan, ibu dapat memberikan ASI atau susu formula dan air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan. Berikan ASI atau air dengan suhu yang hangat agar tenggorokan anak menjadi lebih nyaman.

Baca juga: Tenggorokan Terasa Sakit, Kapan Sebaiknya ke Dokter?

2. Perhatikan Asupan Makanan

Saat kesehatan anak sedang menurun, kebutuhan nutrisi tetap harus terpenuhi dengan baik. Bagaimana jika anak mengalami kesulitan makan maupun menelan saat sakit tenggorokan? Sebaiknya perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi oleh bayi.

Jika anak sudah memasuki usia MPASI, berikan makanan dengan tekstur yang lembut agar lebih nyaman di tenggorokan. Berikan anak makanan sedikit demi sedikit untuk mencegah ia semakin rewel. 

3. Gunakan Pelembap Udara pada Ruangan

Melansir Healthline, saat anak mengalami sakit tenggorokan, tidak ada salahnya ibu menyiapkan pelembap udara pada ruangan atau humidifier, khususnya jika bayi berada dalam kamar dengan pendingin ruangan. Penggunaan pelembap ruangan mampu meringankan sakit tenggorokan yang dialami anak.

Sebaiknya hindari memberikan obat yang dijual bebas saat anak mengalami sakit tenggorokan untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan. Ibu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc apabila ingin meminta anjuran obat yang tepat. Hubungi dokter lewat aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja.

Tetap Perhatikan Kondisi Bayi

Melansir dari laman Raising Children, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada dokter ketika tanda-tanda sakit tenggorokan pada anak disertai dengan gejala lain, seperti kesulitan bernapas, muntah lebih banyak dari biasanya, alami pembengkakan pada bagian leher, tidak dapat membuka mulut seperti biasanya, dan mengalami demam tinggi.

Jika bayi belum berusia 3 bulan, segera kunjungi ke rumah sakit terdekat saat mengalami gejala awal dari sakit tenggorokan. Tidak ada salahnya lakukan pencegahan terhadap kondisi ini pada anak. Ibu dapat menghindari bayi dari anak-anak maupun orangtua yang memiliki gejala sakit tenggorokan agar tidak tertular. 

Baca juga: 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Jangan lupa, ibu harus menjaga kebersihan tubuh maupun tangan sebelum menyentuh bayi. Memerhatikan kebersihan mainan Si Kecil juga menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menghindari sakit tenggorokan pada bayi.

Referensi:
Raising Children. Diakses pada 2020. Sore Throat
Healthline. Diakses pada 2020. What to Do When Your Baby Has a Sore Throat
The Bump. Diakses pada 2020. How to Detect and Treat Sore Throat in Babies and Toddlers