Ini Cara Aman Ajarkan Anak Berenang Sejak Bayi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Cara Aman Ajarkan Anak Berenang Sejak Bayi

Halodoc, Jakarta - Masa anak-anak disebut sebagai masa keemasan, karena di usia ini anak akan cepat belajar demi meningkatkan kemampuan motorik. Oleh karena itu, wajar jika orangtua memberikan berbagai simulasi pada mereka dengan tujuan anak menjadi lebih cerdas dan pintar.  Salah satu yang kini mulai banyak diajarkan orangtua pada anak mereka adalah berenang. Tidak perlu khawatir dulu, asalkan orangtua tidak memaksakan dan olahraga ini dilakukan sesuai keinginan anak, maka aktivitas ini bisa menjadi menyenangkan. Aktivitas ini bahkan bisa menjadi hal yang memperkuat ikatan orangtua dengan anak.

Hal ini yang dilakukan oleh selebriti Indonesia, Sharena Delon kepada putrinya, Sea Dedari Situmeang. Usia Sea yang baru menginjak usia 10 bulan bukan menjadi halangan bagi Sharena untuk melatihnya berenang. Terlihat dari postingan Instagram pribadinya, Sea terlihat lihai berenang. Sharena sendiri mengaku bahwa olahraga renang yang diajarkan pada putrinya ini dimaksudkan untuk melatih insting alami si anak. Ia bermaksud saat ia tercebur ke air, si anak secara refleks naik ke permukaan dan berenang mencari pinggiran agar ia bisa berpegangan. 

Baca Juga: Agar Lebih Jago di Air, Pastikan Umur Bayi Tepat Sebelum Berenang

Tips Aman Mengajari Anak Berenang

Buat kamu yang juga ingin anaknya pandai berenang, berikut ini tips aman yang bisa dilakukan: 

  • Kenalkan Terlebih Dulu dengan Air

Jangan langsung memaksakan anak untuk terjun langsung ke air karena bisa menyebabkan mereka kaget sehingga tidak mau turun lagi ke air. Kenalkan air dengan cara mengajaknya duduk di pinggir kolam. Tujuannya untuk membuat anak merasa nyaman dan tidak panik saat berada di dalam air. Bawa juga mainan kesukaan ketika anak duduk di pinggir kolam, tetapi pastikan agar ini selalu di bawah pengawasan orangtua. Dengan melakukan hal ini, anak akan mulai menjelajah di sekitar kolam dan mulai beradaptasi dengan kolam renang. 

Saat anak sudah mulai berani untuk masuk ke air, coba perlihatkan cara belajar bernapas selama di dalam air. Tarik napas dengan mulut sebelum masuk air, lalu buang napas di dalam air menggunakan hidung sehingga ada gelembung- gelembung yang muncul di air. Lalu, ajak anak untuk mencobanya di pinggir kolam. Terpenting adalah membuat anak nyaman terlebih dahulu dengan air, setelah itu ajarkan hal lain secara perlahan.

  • Ajari Gaya Sederhana Dulu

Tentu anak apalagi bayi yang baru masuk di kolam tidak akan langsung bisa lancar berenang. Apabila bayi senang dengan air dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, lakukanlah tahap selanjutnya. Kamu bisa melatih bayi membelakangi permukaan air dengan perlahan lahan melentangkan si bayi di atas air dan berhati hati saat menyangga punggungnya. Biarkan atau tahan beberapa waktu agar dia terapung di atas air. 

Jangan memaksa apabila bayi benar benar tidak ingin bersentuhan dengan air. Penting juga untuk tidak terlalu lama mengajak bayi berenang, yaitu tidak lebih dari 30 menit untuk bayi kurang dari 1 tahun dan maksimal 1 jam saat usianya lebih dari 1 tahun. Ingin tahu tips kesehatan lain selama mengajarkan bayi berenang? Tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter spesialis anak profesional akan menjelaskan tips aman selama bayi berenang. 

Baca Juga: 3 Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Si Kecil

Apa Saja Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang?

Ternyata, mengajari anak berenang sejak masih bayi membantu dalam meningkatkan kemampuan kognitif, bahasa, dan fisiknya. Berikut ini manfaat yang bayi dapatkan saat diajari berenang, yaitu:

  • Mengajari bayi berenang mampu memperkuat ikatan batin antara orangtua dan anak karena ketika berenang akan banyak perhatian tercurah dari  orangtua pada bayi;

  • Membantu menumbuhkan kepercayaan diri anak saat berinteraksi dengan air;

  • Menumbuhkan hubungan sosial antara orangtua dan bayi;

  • Berenang adalah momen bayi akan secara tidak langsung mulai belajar mandiri;

  • Berenang memacu perkembangan fungsi otak, koordinasi, dan perkembangan otot anak menjadi lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak diajari hal yang sama;

  • Berenang secara teratur mampu membangun pola makan dan minum yang lebih baik serta mampu membentuk gaya hidup sehat si kecil di masa depan.

Tidak hanya untuk anak-anak, berenang baik dilakukan untuk orang dewasa. Berenang dapat bermanfaat bagi kesehatan atau bisa sebagai penghilang rasa penat. Mulai biasakan diri untuk punya jadwal berenang rutin, ya!

Baca Juga: Berenang Terlalu Lama, bisa Sebabkan Hipotermia?

Referensi:
Fatherly (Diakses pada 2019). Baby Swimming - How To Teach Your Infant To Swim.
Parents (Diakses pada 2019). How to Teach Your Baby to Swim.