• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Ampuh Mencegah Flek Hitam di Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Ampuh Mencegah Flek Hitam di Wajah

Cara Ampuh Mencegah Flek Hitam di Wajah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 16 Agustus 2021
Cara Ampuh Mencegah Flek Hitam di Wajah

“Flek hitam adalah salah satu masalah yang umum terjadi pada wajah. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada kamu bukan? Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara untuk cegah flek hitam sebelum terjadi.”

Halodoc, Jakarta – Siapa sih orang yang ingin wajahnya memiliki flek hitam? Tentunya tidak ada. Saat melihat ke kaca dan terdapat flek hitam, tentu hal ini dapat menurunkan kepercayaan diri pada beberapa orang.

Maka dari itu, penting untuk mencegah flek hitam sebelum terjadi. Namun, apa saja sih cara yang dapat dilakukan untuk cegah flek hitam? Untuk mengetahui lebih jauh, baca ulasan berikut ini!

Baca juga: 5 Perawatan Kulit yang Tepat untuk Atasi Flek Hitam

Cara Cegah Flek Hitam di Wajah

Flek hitam merupakan bintik-bintik gelap pada kulit, atau hiperpigmentasi, yang terjadi akibat kulit memproduksi lebih banyak melanin dibandingkan biasanya. Melanin adalah zat yang memberikan warna pada mata, kulit, dan rambut. Saat flek hitam timbul terlalu banyak di wajah, penanganan perlu dilakukan jika kamu merasa terganggu karenanya.

Memang, flek hitam pada wajah ini tidak perlu dikhawatirkan karena tidak menimbulkan dampak buruk dan tidak membutuhkan perawatan. Namun, beberapa orang memilih untuk menghilangkannya karena alasan kosmetik. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi flek hitam pada wajah, baik secara alami maupun tindakan medis.

Meski begitu, alangkah lebih baiknya untuk mencegahnya sebelum terjadi bukan? Maka dari itu, kamu perlu tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah flek hitam di wajah. Berikut beberapa caranya:

  • Menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat matahari tidak terik terutama saat kamu harus melakukan kontak langsung dengan matahari.
  • Kenakan topi yang agak lebar dan kacamata hitam untuk melindungi kulit terpapar sinar matahari.
  • Pastikan untuk selalu merawat kondisi kulit, seperti jerawat, yang dapat menyebabkan peradangan penyebab timbulnya flek hitam di wajah.
  • Hindari sinar matahari, terlebih kontak langsung, di antara pukul 10 pagi hingga 4 sore karena sinar yang dihasilkan rentan menimbulkan flek hitam di wajah.

Memang, cara paling penting untuk cegah flek hitam di wajah adalah melindungi paparan sinar matahari apa pun caranya. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan produk dengan bahan penghambat melanin, seperti zinc oksida dan titanium dioksida yang sangat penting untuk mencegah bintik-bintik hitam kembali bahkan setelah dihilangkan.

Baca juga: Flek Hitam Semakin Banyak, Ini 4 Cara Mengatasinya

Lalu, kapan waktunya untuk ke dokter jika alami flek hitam?

Pada kebanyakan kasus, bintik hitam yang timbul di kulit tidak membahayakan. Namun, dalam beberapa kasus, mungkin sulit untuk membedakan flek hitam dan perubahan kulit, seperti melanoma, yang merupakan jenis kanker kulit. Jika kamu merasa apabila flek hitam yang muncul sedikit berbeda dari yang biasanya, penting untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Kamu dapat melakukan pemeriksaan kulit di beberapa rumah sakit yang telah bekerja sama dengan Halodoc. Dengan begitu, kamu bisa langsung menentukan sendiri tempat dan jam yang diinginkan hanya dengan penggunaan smartphone di tangan. Untuk mendapatkan kemudahan ini, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca juga: 6 Cara Cepat Hilangkan Flek Hitam

Kamu perlu melakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami bintik hitam di kulit yang muncul secara tiba-tiba disertai dengan gatal, kesemutan, berdarah, hingga warna dan ukurannya yang berbeda dari biasanya. Penting juga untuk melakukan pemeriksaan kulit tahunan guna memastikan kulit tetap sehat.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Dark spots on the skin: Causes and how to treat them.
Healthline. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Dark Spots on the Face.