• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Ampuh Mengatasi Diare saat Menstruasi

Cara Ampuh Mengatasi Diare saat Menstruasi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Ampuh Mengatasi Diare saat Menstruasi

Halodoc, Jakarta – Diare saat menstruasi sebenarnya normal terjadi. Meskipun begitu, tidak semua wanita akan mengalami hal ini. Biasanya, diare muncul sebelum dan selama periode menstruasi berlangsung. Diare saat menstruasi diduga berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Hal ini disebut bisa menyebabkan rahim berkontraksi dan memengaruhi saluran pencernaan. 

Sebenarnya, diare saat menstruasi bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, tentu saja hal ini bisa membuat wanita merasa tidak nyaman dan memperparah gejala yang muncul. Lantas, bagaimana cara mengatasi diare saat menstruasi? Ternyata, caranya cukup sederhana, tetapi penting untuk terlebih dahulu mencari tahu apa yang menjadi pemicu kondisi ini. 

Baca juga: Inilah Perbedaan Diare dan Muntaber

Mengatasi Diare saat Menstruasi

Hingga kini, tidak diketahui secara pasti mengapa wanita bisa mengalami diare saat menstruasi. Namun, hal ini diduga berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Diare saat menstruasi diduga berkaitan dengan peningkatan hormon prostaglandin, yaitu hormon yang diproduksi tubuh menjelang periode menstruasi. 

Hormon prostaglandin disebut bisa menyebabkan terjadinya kontraksi di rahim, dan terkadang kontraksi juga terjadi di usus. Nah, hal ini bisa memicu munculnya gejala gangguan pencernaan, termasuk diare. Hal ini juga disebut bisa mengurangi tingkat penyerapan makanan oleh usus sehingga menyebabkan makanan lebih cepat melewati usus besar. Hormon prostaglandin juga meningkatkan sekresi elektrolit yang bisa mengakibatkan diare. 

Ada juga yang menyebut bahwa diare saat menstruasi mungkin terjadi karena ada peningkatan hormon progesterone. Pada awalnya, hormon ini akan meningkat di awal menstruasi yang menyebabkan konstipasi. Kemudian, jumlah hormon akan mulai menurun dan memicu terjadinya diare. Nah, hal itu yang diduga menjadi penyebab wanita diare saat menstruasi. 

Baca juga: Bukan Cuma Kram Perut, Ini 9 Tanda Haid Akan Datang

Bagaimana cara ampuh mengatasi diare saat menstruasi? Sederhana saja. Mengatasi diare saat menstruasi sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara mengatasi diare pada umumnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya: 

  • Banyak minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang keluar saat diare. Hal ini juga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh. 
  • Hindari konsumsi makanan yang bisa memperparah diare, seperti makanan yang mengandung pemanis buatan, kafein, produk susu, makanan pedas, atau makanan yang sangat manis. 
  • Jika dibutuhkan, mengatasi diare saat menstruasi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat anti diare, obat anti nyeri, atau pil KB. 
  • Kurangi stres. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi diare saat menstruasi. Sebab, stres bisa membuat gejala yang dialami saat haid, termasuk diare dan sakit perut menjadi lebih parah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan stres, seperti relaksasi, yoga, atau meditasi. 

Biasanya, diare saat menstruasi akan mereda setelah beberapa saat. Namun, sebaiknya waspadai jika gejala ini memburuk atau bahwa memicu munculnya gejala penyakit lain. Jika diare memburuk dan berlangsung selama lebih dari dua hari, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis. 

Baca juga: 6 Minuman yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Menstruasi

Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit terdekat dan sesuai kebutuhan. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat janji temu dengan dokter di rumah sakit. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Why Do I Get Diarrhea During My Period?
Woman’s Day. Diakses pada 2021. Diarrhea During Your Period? Here's the Reason for Menstrual GI Problems.