Cara Ampuh untuk Mengatasi Gigitan Semut Api

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
cara-ampuh-untuk-mengatasi-gigitan-semut-api-halodoc

Halodoc, Jakarta – Digigit semut api memang menyebalkan. Pasalnya, selain menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu, kulit yang digigit pun jadi memerah dan bengkak. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gigitan semut api.

Tahukah kamu, gigitan semut api mengandung racun yang berisi campuran dari 46 protein. Itulah mengapa, setelah digigit semut api, biasanya kulit kamu akan mengalami iritasi ringan. Namun, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa racun tersebut bisa memengaruhi sistem saraf manusia. Bahkan, seseorang bisa berhalusinasi setelah digigit serangga kecil berwarna merah ini.

Baca juga: Perlu Diketahui, 6 Jenis Gigitan Serangga

Gejala gigitan semut api biasanya diawali dengan rasa nyeri yang sangat tajam, seperti terbakar atau habis dicubit. Meskipun hanya berlansung sebentar, yaitu sekitar beberapa detik hingga beberapa menit, tetapi rasa gatal kemudian akan muncul lagi dengan lebih intens. Rasa gatal tersebut bisa bertahan selama beberapa hari ke depan, tetapi biasanya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Pada kasus tertentu, bekas gigitan semut api bisa membengkak disertai rasa gatal yang tidak tertahankan. Pembengkakan akan terus membesar selama 1–2 hari ke depan dan terasa panas dan menyakitkan bila disentuh. Selain itu, penyakit anafilaktik juga bisa terjadi akibat gigitan semut api, walaupun sangat jarang. Hal tersebut menyebabkan reaksi alergi yang cukup parah. Karena itu, mengobati gigitan semut api secepatnya sangat penting agar tidak terjadi komplikasi yang parah.

Kebanyakan orang tidak memerlukan pengobatan medis untuk mengatasi gigitan semut api. Bila orang yang digigit tidak memiliki alergi terhadap sengatan semut yang serius dan masih bisa bernapas dengan normal, pengobatan rumahan berikut ini sudah cukup ampuh untuk mengatasi gigitan semut api:

  • Mencuci area tubuh yang digigit semut api dengan sabun dan air. Kemudian, tutupi area tersebut dengan perban. Hindari menggunakan alkohol untuk membasuh bekas gigitan.

  • Memberikan kompres dingin pada area yang digigit untuk mengurangi pembengkakan selama 20 menit dan angkat selama 20 menit juga.

  • Oleskan krim hidrokortison pada kulit yang tergigit untuk menghilangkan rasa gatal.

  • Mengonsumsi antihistamin untuk menangani reaksi alergi ringan dan terlokalisir, serta gatal.

  • Oleskan salep antibiotik sebanyak tiga kali pada area yang terkena gigitan semut. Hal ini dapat membantu mencegah infeksi pada sengatan yang sudah digaruk.

  • Mandi dengan menggunakan oatmeal untuk mengurangi rasa gatal.

  • Yang terakhir, jangan lupa untuk menahan diri dari menggaruk bekas gigitan. Hal ini karena menggaruk dapat membuat lecet dan menyebabkan infeksi.

Baca juga: Inilah Gigitan Serangga yang Perlu Diwaspadai

Gigitan Semut yang Perlu Pengobatan Medis

Gigitan semut api sebaiknya jangan disepelekan, karena walaupun kelihatannya sepele dan bisa sembuh dengan mudah, tetapi digigit semut juga bisa menimbulkan dampak yang cukup serius, lho. Berikut ini gejala-gejala gigitan semut yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut dari dokter:

Bila gejala di atas terjadi dalam satu jam setelah digigit semut, sebaiknya segera cari pertolongan medis. Pengobatan darurat dengan memberikan epinefrin dapat meredakan gejala tersebut.

Pada orang yang menunjukkan reaksi anafilaksis terhadap gigitan semut api, beberapa dokter mungkin akan menganjurkannya untuk membawa pulang epipen, yaitu alat untuk menyuntikkan epinefrin segera setelah digigit. Alat tersebut sangat bermanfaat untuk menyelamatkan nyawa bila terjadi reaksi alergi lain atau ketika suatu reaksi alergi terjadi di daerah di mana tidak ada bantuan medis terdekat. Bila gejala gigitan semut api tidak hilang setelah beberapa hari, sebaiknya kunjungi dokter juga.

Baca juga: Ini 5 Dampak Gigitan Serangga Tidak Beracun Bagi Tubuh

Untuk membeli obat-obatan yang kamu butuhkan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. What are fire ant bites?