• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Berenang dengan Aman Saat Puasa, Begini Caranya

Ingin Berenang dengan Aman Saat Puasa, Begini Caranya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Berenang menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang memiliki segudang manfaat. Pasalnya, saat berenang semua organ tubuh aktif dalam bergerak. Jadi, meskipun tergolong olahraga yang ringan, ternyata banyak sekali manfaat berenang yang dapat diperoleh. Bukan hanya membakar jumlah kalori yang banyak, berenang mampu menyehatkan organ paru-paru dan jantung. Namun, bagaimana jika olahraga ini dilakukan saat puasa? Apa yang harus diperhatikan?

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini 5 Tips Pemanasan yang Benar

Cara Aman Berenang saat Puasa

Banyak yang memperdebatkan, apakah boleh berenang saat puasa? Faktanya, kegiatan tersebut sah-sah saja dilakukan, asal dengan cara yang proporsional dan tetap berkomitmen dalam menjalankan ibadah puasa. Hal yang harus diperhatikan dengan baik adalah, jangan sampai ada sesuatu yang masuk ke dalam tubuh saat berenang. Jadi selama kamu yakin tidak ada air yang masuk ke dalam kerongkongan, berenang diperbolehkan.

Jika olahraga yang lain memerlukan tenaga dan keringat berlebih, lain dengan berenang. Olahraga ini akan membuat kamu merasa segar karena dilakukan di bawah air. Jadi, selama prosesnya, kamu akan terhindar dari rasa panas yang membuat kamu merasa haus. Untuk pelaksanaannya, kamu dapat melakukan selama 30-60 menit per hari sebelum berbuka puasa. 

Baca juga: 8 Manfaat Positif dari Rutin Berenang

Sebelum Berenang, Perhatikan Dulu Hal Ini

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berenang saat puasa sah-sah saja dilakukan, asalkan tidak ada sesuatu yang masuk ke dalam tubuh. Nah, untuk menjaga puasa kamu agar tetap afdol walau sedang berenang, persiapkan dulu alat-alat berikut sebelum berenang!

  • Sumbatan Telinga

Sumbatan telinga berperan untuk menghalangi air yang masuk ke saluran telinga. Selain dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, air yang masuk ke dalam telinga dapat berisiko memicu infeksi telinga sesaat setelah berenang. Jadi, pastikan untuk mempersiapkan alat ini sebelum berenang, ya!

  • Jepit Hidung

Jepit hidung memiliki peran yang sama dengan sumbatan telinga. Alat yang satu ini juga wajib kamu persiapkan sebelum melakukan aktivitas berenang guna mencegah air yang mengandung mikroba masuk ke dalam rongga hidung.

  • Kacamata Renang

Air kolam renang mengandung tinggi klorin dan bahan kimia lainnya yang berfungsi untuk menjaga air terbebas dari bakteri dan pertumbuhan alga. Bahan kimia tersebut sangat berbahaya karena dapat mengiritasi mata.

  • Pelampung

Jika belum terlalu lancar berenang, sebaiknya gunakan pelampung, agar kamu tidak tenggelam dan berisiko meminum air kolam renang. Jika sudah tenggelam dan meminum air, sudah bisa dipastikan jika puasa yang kamu lakukan seharian, batal begitu saja.

  • Topi Renang

Topi renang berfungsi untuk menjaga rambut agar tidak menutupi wajah saat berenang, dan menghalangi pandangan. Topi renang juga berfungsi untuk melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh klorin.

Baca juga: Berbagai Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Selain berbagai macam peralatan yang harus disiapkan, kamu juga harus menyiapkan fisikmu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berenang. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berenang untuk meminimalisir terjadinya kram atau tegang otot. Jika kamu mengalami masalah kesehatan saat berenang, diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menemukan jalan keluarnya, ya!

Referensi:

RLSS. Diakses pada 2020. Guidance Statement: Ramadan and Fasting, Swimming Safety Considerations.
Live Strong. Diakses pada 2020. Equipment Used in Swimming.
My Swim Pro. Diakses pada 2020. How To Fast and Swim During Ramadan | Whiteboard Wednesday.