• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Cara Bujuk Anak untuk Makan Buah

Ini 6 Cara Bujuk Anak untuk Makan Buah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Mencari jalan keluar untuk mengatasi anak yang suka memilih makanan (picky eater) memang gampang-gampang susah. Bahkan, mungkin ada beberapa ibu yang mungkin sudah menemui jalan buntu. Anak yang suka memilih makanan memang terlihat wajar, tetapi jangan anggap remeh kebiasaan ini.

Menurut jurnal Gizi Indonesia pada tahun 2018, picky eating merupakan salah satu faktor risiko anak bisa mengalami kekurangan gizi. Kebiasaan pilih-memilih makanan ini bisa membuat anak tak mendapatkan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya. 

Menurut jurnal di atas, anak yang picky eater cenderung memiliki asupan energi, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang lebih rendah ketimbang non-picky eater. Kok bisa?

Picky eater mengonsumsi asupan makan yang kurang bervariasi dan biasanya rendah sayuran, buah, makanan kaya protein dan serat karena penolakan terhadap makanan.

Ibu harus hati-hati, rendahnya asupan sayur dan buah yang tinggi kandungan vitamin dan mineral, dapat menyebabkan kurangnya kebutuhan mikronutrien harian dalam tubuh Si Kecil. 

Baca juga: Ini 5 Jenis Makanan untuk Tingkatkan Berat Badan Anak

Nah, menyoal buah, kira-kira bagaimana sih cara membujuk anak untuk agar mau mengonsumsi buah-buahan? Penasaran? Berikut beberapa tips yang bisa ibu coba. 

  • Makin Beragam, Makin Baik

Sebaiknya jangan menyajikan buah-buahan pada anak yang itu-itu saja. Cobalah berikan menu yang terdiri dari beragam jenis buah. Sebab, semakin banyak buah yang ibu tawarkan, maka semakin banyak pula pilihan untuk Si Kecil. Menu buah-buahan yang beragam, tak cuma mencukupi kebutuhan gizi anak saja, tetapi juga bisa mencegah timbulnya rasa bosan pada anak.

  • Singkirkan Camilan Manis dan Asin

Cara membujuk anak untuk mau makan buah juga bisa melalui tips ini. Pertama, singkirkanlah camilan manis dan asin yang tak menyehatkan. Makanan seperti ini sering kali membuat anak “ketagihan”.

Selanjutnya, sajikanlah buah-buahan yang menarik perhatiannya. Ketika camilan asin dan manis lenyap dari rumah, maka anak akan lebih cenderung menikmati buah-buahan yang telah ibu sajikan. 

  • Pastikan Ketersediaannya

Selain dua hal di atas, cara agar anak mau mengonsumsi buah tentunya dengan memastikan ketersediaan buah di rumah. Pastikan buah-buahan segar selalu tersedia. Namun, ingat, letakan buah-buahan di tempat yang bisa dilihat oleh anak. 

Misalnya, meletakan semangkuk apel dan pisang di atas meja dapur yang bisa berfungsi sebagai pengingat. Cara yang satu ini terbilang efektif bagi anak-anak yang lebih besar. 

  • Biarkan Mereka Memilih

Tak kenal maka tak sayang”. Cara membujuk anak agar mau makan buah juga bisa dimulai dengan mengedukasi dirinya. Berilah mereka informasi menarik dan manfaat buah-buahan bagi tubuhnya, tentunya dengan bahasa yang mudah mereka mengerti. Selanjutnya, ajaklah mereka untuk memilih buah-buahan saat berbelanja. Biarkan mereka memilih buah mana yang menarik menurutnya. 

  • Sembunyikan di Makanan Lain

Umumnya anak tidak tahu bahwa dirinya telah mengonsumsi buah-buahan, ketika ibu menyembunyikannya di makanan lain. Ibu bisa kok memotong kecil-kecil buah-buahan dan menambahkannya pada makanan lain. Misalnya, memadukan apel atau stroberi pada oatmeal untuk sarapan paginya. 

  • Gunakan Imajinasi

Agar anak-anak mau untuk mencoba lebih banyak buah-buahan, buatlah suasana makan jadi menyenangkan. Ibu bisa kok membuat adegan menggunakan buah-buahan yang akan mereka konsumsi. Contohnya, jeruk sebagai matahari, semangka sebagai pelangi, atau anggur sebagai sebuah bola, atau imajinasi lainnya. Singkat kata, ibu harus kreatif agar buah-buahan menarik perhatiannya. 

Mau tahu lebih jauh mengenai cara agar anak mau makan buah? Atau Si Kecil memiliki keluhan kesehatan? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Familydoctor.org. Diakses pada 2020. Nutrition Tips for Kids.
Ejournal.undip.ac.id - Jurnal Gizi Indonesia  (The Indonesian Journal of Nutrition). Diakses pada 2020. Picky eating dan status gizi pada anak prasekolah.
Stanford Children’s Health. Diakses pada 2020.Tips to Encourage Your Child to Eat More Fruits and Vegetables.
Public Broadcasting Service Kids. Diakses pada 2020. 7 Ways to Get Your Kids to Eat Fruit (And Love It!).