• Home
  • /
  • 5 Cara Cepat Mengatasi Bau Kaki

5 Cara Cepat Mengatasi Bau Kaki

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
5 Cara Cepat Mengatasi Bau Kaki

Halodoc, Jakarta – Bau kaki dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan rasa percaya diri. Bau kaki atau bromodosis merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi disebabkan oleh adanya bakteri atau jamur pada area kaki yang terkena keringat dan menimbulkan aroma yang tidak nyaman.

Baca juga: Bikin Ganggu, Cari Tahu 4 Penyebab Bau Kaki

Selain dipicu oleh kondisi yang lembap dan berkeringat, ada faktor lain yang meningkatkan seseorang mengalami bau kaki tidak sedap, seperti kurangnya menjaga kebersihan kaki, kebersihan alas kaki yang tidak dijaga dengan baik, adanya perubahan hormon yang sebabkan keringat berlebih, dan kondisi medis seperti infeksi jamur.

Inilah Cara Cepat Atasi Bau Kaki

Kondisi ini dapat menyebabkan suasana yang tidak nyaman pada pengidap maupun orang sekitarnya. Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk cepat mengatasi bau kaki, seperti:

1. Jaga Kebersihan Kaki

Dilansir dari Cleveland Clinic, sebaiknya cuci kaki dengan sabun setelah beraktivitas dan sikat kaki serta bagian sela-sela kaki minimal satu kali dalam satu sehari saat kamu mandi. Jangan lupa untuk mengeringkan kaki setelah dicuci agar kaki tidak dalam kondisi lembap. Kondisi lembap meningkatkan risiko bau kaki karena jamur dan bakteri penyebab bau kaki lebih mudah berkembang pada kondisi lembap. Selain cuci kaki, jangan lupa untuk rutin membersihkan kuku kaki.

2. Rutin Ganti Sepatu dan Kaos Kaki

Jika bau kaki yang kamu alami semakin membuat tidak nyaman, sebaiknya coba untuk rutin mengganti penggunaan sepatu selama 2 hari sekali. Menurut Healthline, sebaiknya cuci dan keringkan sepatu yang telah digunakan selama 2 hari untuk menjaga kebersihan pada bagian dalam sepatu. Sepatu yang lembap atau basah mempercepat perkembangan bakteri dan jamur. Tidak hanya sepatu, sebaiknya ganti kaos kaki selama satu hari sekali. Jika kamu memiliki keringat berlebih, tidak ada salahnya untuk membawa kaos kaki cadangan saat beraktivitas, agar kamu dapat mengganti kaos kaki yang lembap dan basah.

Baca juga: Tak Hanya Atasi Kantuk, Kopi Bisa Hilangkan Bau Kaki

3. Rendam dengan Campuran Air Hangat dan Garam

Tidak hanya memerhatikan kebersihan kaki dan sepatu, kamu dapat mengatasi masalah bau kaki dengan beberapa bahan alami, salah satunya dengan campuran air hangat dan garam. Dilansir dari Medical News Today, rendam kaki pada campuran air hangat dan garam selama 10-20 menit untuk proses pengelupasan kulit mati pada kaki yang dapat menjadi sarang bakteri untuk berkembang. Jangan lupa sikat dengan lembut dan bilas dengan air bersih. Keringkan agar kaki tidak lembap.

4. Gunakan Tepung Jagung atau Maizena

Tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan, tepung jagung atau maizena dapat mencegah bau kaki. Dilansir dari The Healthy, tepung jagung dapat memberikan efek segar pada kaki. Caranya adalah kamu dapat menaburkan sedikit tepung jagung pada bagian kaki dan sela-sela kaki sebelum kamu menggunakan kaos kaki.  

5. Gunakan Deodoran untuk Ketiak

Jika bau kaki yang dialami cukup mengganggu, coba gunakan deodoran yang umum digunakan pada ketiak untuk kaki. Penggunaan deodoran dapat mengurangi produksi keringat yang muncul pada kaki. Jika bau kaki tetap tidak menghilang, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc dan lakukan pemeriksaan sehingga bau kaki yang dialami dapat diatasi dengan baik.

Baca juga: 3 Trik Atasi Bau Kaki yang Mengganggu Aktivitas

Jangan lupa juga untuk menggunakan sepatu yang nyaman setiap harinya. Selalu gunakan sepatu yang memiliki sirkulasi udara baik dalam sepatu agar bau kaki dapat dihindari. Kamu juga bisa mencoba gunakan sepatu yang sedikit lebih terbuka agar kaki tidak menjadi terlalu lembap.

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Smelly Feet
National Health Service UK. Diakses pada 2020. How to Stop Smelly Feet
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. 4 Ways You Can Avoid Stinky Feet
The Healthy. Diakses pada 2020. 9 Home Remedies for Foot Odor That Are Surprisingly Effective
Medical News Today. Diakses pada 2020. Ten Ways to Get Rid of Smelly Feet