• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Dampingi Anak Bertangan Kidal
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Dampingi Anak Bertangan Kidal

Cara Dampingi Anak Bertangan Kidal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 22 November 2017
Cara Dampingi Anak Bertangan Kidal

Halodoc, Jakarta – Si kecil cenderung mengambil barang dan melakukan berbagai aktivitas dengan tangan kirinya? Mungkin itu pertanda bahwa anak ibu kidal. Jika ibu sudah mencoba melatih si kecil menggunakan tangan kanan, tapi ia tetap kembali lagi menggunakan tangan kirinya, maka sebaiknya jangan memaksa si kecil untuk berubah. Tapi tetap dampingi anak agar ia dapat terampil menggunakan tangan kirinya.

Orangtua dapat mengetahui kecenderungan anaknya menjadi kidal ketika anak berusia dua tahun. Pada usia tersebut, anak mulai aktif bergerak dan dapat melakukan beberapa kegiatan. Anak kidal memiliki tangan kiri yang lebih kuat dan mantap dibandingkan tangan kanannya, sehingga ia biasanya melakukan segala sesuatu dengan tangan kiri. Misalnya, si kecil menyendok makanan dengan tangan kiri. Ketika ibu memberinya sesuatu, si kecil otomatis mengambilnya dengan tangan kiri. Refleks tangan kirinya pun lebih cepat dibandingkan tangan kanannya. Tanda-tanda tersebut menunjukkan bahwa si kecil adalah pengguna tangan kiri.

Cara Melatih Anak Kidal Menggunakan Tangan Kanan

Namun, budaya timur di Indonesia masih menganggap bahwa tidak sopan dan tidak baik jika menggunakan tangan kiri untuk melakukan segala sesuatu. Ibu dapat mencoba cara ini untuk mengubah kondisi si kecil tersebut:

  • Letakkan di Tengah

Cara melatih anak bertangan kidal agar dapat terampil menggunakan tangan kanannya adalah dengan menempatkan benda-benda yang biasa dipegangnya dengan tangan kiri, ke tengah. Misalnya, letakkan sendok makan di tengah piring, pensil di tengah buku, atau mainan kesayangannya di tengah-tengahnya. Dengan cara tersebut, anak dapat terdorong untuk meraihnya dengan tangan kanan.

  • Beri Dia Pujian

Jika si kecil berhasil melakukan sesuatu dengan menggunakan tangan kanannya, jangan pelit memberi dia pujian. Anak akan merasa senang dan bangga jika orangtua menghargai usahanya dengan memberi pujian dan terdorong untuk berusaha melakukannya lagi.

  • Tangan Kanan untuk Hal Tertentu

Ibu juga bisa memberitahu dan mengingatkan si kecil bahwa ada beberapa hal tertentu yang harus menggunakan tangan kanan, seperti bersalaman dengan orang lain, menerima sesuatu dari orang lain, dan memberi hormat kepada bendera merah putih.

Butuh waktu yang tidak sebentar untuk melatih anak kidal menggunakan tangan kanan. Tapi dengan bersabar dan peka akan kemampuan anak, ibu dapat mendampingi si kecil untuk menentukan tangan mana yang akan digunakan untuk seterusnya.

Cara Mendampingi Anak Kidal

Jika ibu sudah mencoba melatih anak selama beberapa waktu, namun ia tetap kembali menggunakan tangan kirinya, maka jangan dipaksa lagi, ya. Biarkan ia tetap menggunakan tangan kiri. Namun, karena sebagian besar kegiatan normalnya dilakukan dengan tangan kanan, ibu pun tetap perlu mendampingi si kecil untuk menghadapi perbedaannya ini.

  • Beritahu Guru dan Sekolah

Orangtua dapat menyampaikan kondisi anak kepada guru-guru dan semua pihak yang bertanggung jawab atas anak saat ia berada di sekolah, agar mereka dapat menerima dan mendukung si kecil yang merupakan pengguna tangan kiri.

  • Sediakan Fasilitas untuk Anak Kidal

Untuk mendukung dan memudahkan anak kidal tetap dapat melakukan beberapa kegiatan, orangtua perlu menyediakan fasilitas khusus untuk orang kidal, seperti gitar khusus. Ibu juga dapat menempatkan barang-barang si kecil berada di posisi kiri.

Kini, ibu dapat berdiskusi mengenai kondisi anak kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter untuk meminta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan anak di Halodoc. Ibu tinggal order saja lewat aplikasi dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.