Adakah Cara Efektif untuk Atasi Air Mani Encer?

Adakah Cara Efektif untuk Atasi Air Mani Encer?

Halodoc, Jakarta - Air mani adalah cairan yang dikeluarkan melalui uretra pria selama ejakulasi. Cairan ini membawa sperma, seperti pada cairan dari kelenjar prostat dan organ reproduksi pria lainnya.

Biasanya, air mani adalah cairan kental berwarna keputihan. Namun, beberapa kondisi dapat mengubah warna dan konsistensi cairan tersebut. Air mani yang encer bisa menjadi tanda jumlah sperma rendah, yang mengindikasikan kemungkinan masalah kesuburan.

Walau begitu, ejakulasi yang menghasilkan air mani tersebut keluar menyerupai air yang jernih. Hal tersebut mungkin juga merupakan kondisi sementara tanpa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Baca Juga : Ciri Air Mani yang Sehat

Penyebab Air Mani Encer

Terdapat beberapa kemungkinan hal yang dapat menjadi penyebab air mani encer. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab air mani encer pada seseorang agar dapat mengobati dan mencegahnya:

  1. Jumlah Sperma yang Rendah

Salah satu penyebab paling umum dari air mani yang encer adalah jumlah sperma yang rendah atau disebut sebagai oligospermia. Jika jumlah sperma seseorang rendah, artinya air mani mengandung lebih sedikit sperma dari biasanya. Hitungan sperma kurang dari 15 juta sperma per mililiter pada air mani dianggap di bawah normal.

  1. Terlalu Sering Ejakulasi

Ejakulasi yang sering juga dapat menyebabkan produksi air mani encer. Jika kamu masturbasi beberapa kali sehari, kualitas semen setelah ejakulasi pertama cenderung menjadi encer dan berair. Tubuh kamu mungkin memerlukan setidaknya beberapa jam untuk menghasilkan air mani yang normal dan sehat.

  1. Kekurangan Kadar Seng dalam Tubuh

Kemungkinan penyebab lain dari air mani encer adalah kekurangan seng. Disebutkan bahwa pria yang memiliki kadar seng yang memadai atau pria yang kekurangan kadar tersebut dan mengonsumsi suplemen seng sulfat dapat melawan efek antibodi anti-sperma dengan lebih baik. Antibodi ini diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh, yang secara keliru merespons sperma sebagai benda asing.

  1. Pra-ejakulasi

Jika kamu memiliki air mani yang terlihat berair, penting untuk dicatat apakah ada warna atau bening. Air mani yang sangat jernih sebenarnya adalah cairan pra-ejakulasi yang dikeluarkan selama pemanasan. Hal ini biasanya mengandung beberapa sperma.

Baca Juga : Benarkah Sperma yang Encer Sulit Membuahi Pasangan?

Cara Mengatasi Air Mani Encer

Air mani berair yang disebabkan oleh jumlah sperma yang rendah tidak perlu memerlukan perawatan. Memiliki jumlah sperma yang rendah tidak secara otomatis berarti kamu mandul. Mungkin diperlukan upaya tambahan, atau mungkin mengalami infeksi yang menyebabkan rendahnya jumlah sperma.

Perawatan untuk infeksi mungkin termasuk terapi antibiotik. Perawatan hormon mungkin disarankan jika ketidakseimbangan hormon ditentukan menjadi penyebab jumlah sperma kamu rendah. Jika varikokel ditemukan, operasi biasanya dapat mengobatinya dengan aman. Berikut adalah beberapa cara mengatasi air mani encer:

  1. Olahraga dan Istirahat Cukup

Disebutkan bahwa penurunan berat badan dan olahraga pada orang yang kelebihan berat badan dan obesitas dapat menyebabkan peningkatan jumlah sperma. Berolahraga dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh kamu.

Seseorang yang berolahraga secara teratur, kadar testosteronnya lebih tinggi dan kualitas air maninya lebih baik dibanding yang tidak. Walau begitu, jangan berolahraga secara berlebihan karena dapat mengurangi kadar testosteron.

  1. Kelola Stres

Segala bentuk stres dapat menyebabkan tubuh melakukan tindakan defensif dan menghemat energi. Pada saat stres, tubuh menjadi kurang peduli dengan reproduksi dan lebih fokus pada bertahan hidup.

 

Mengurangi stres perlu untuk mengatasi penyebabnya, meskipun faktor-faktor seperti olahraga dan diet sehat dianggap mengurangi efek stres. Untuk pria yang mengalami stres berat, dokter mungkin akan meresepkan obat anti-kecemasan atau anti-depresi.

  1. Berhenti Merokok, Minum Alkohol, dan Menggunakan Obat-Obatan

Disebutkan bahwa merokok, minum alkohol, dan menggunakan obat-obatan terlarang dapat menyebabkan air mani encer. Hal-hal tersebut secara konsisten dapat mengurangi jumlah sperma yang dihasilkan.

Baca Juga : Mau Cek Sperma? Begini Prosedur yang Mesti Dilakukan

Itulah beberapa cara untuk mengatasi air mani yang encer. Segera hubungi dokter apabila merasakan gejala-gejala di atas. Penanganan yang tepat dapat meminimalisir akibat, sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu di sini. Ayo download Halodoc sekarang juga!