Cara Hipertensi Sebabkan Penyakit Jantung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Hipertensi Sebabkan Penyakit Jantung

Halodoc, Jakarta – Hipertensi yang tidak diobati bisa memicu pengembangan penyakit lain, salah satunya adalah penyakit jantung. Hampir setengah dari orang-orang dengan hipertensi yang tidak diobati meninggal karena penyakit jantung yang berhubungan dengan aliran darah yang buruk (penyakit jantung iskemik) dan kematian akibat stroke.

Pengobatan dan perubahan gaya hidup dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi, sehingga mengurangi risiko komplikasi yang mengancam jiwa. Ingin tahu lebih lanjut mengenai bagaimana hipertensi bisa menyebabkan penyakit jantung, jawabannya ada di sinI!

Hipertensi Sebabkan Penyakit Jantung

Jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat merusak jantung dalam beberapa cara, seperti:

  1. Penyakit Jantung Koroner

Pembuluh darah arteri koroner adalah pembuluh darah yang mengangkut darah ke otot jantung. Penyakit darah tinggi menahun dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit, sehingga mengurangi asupan aliran darah ke jantung. Kondisi ini dikenal sebagai penyakit jantung koroner (PJK) atau penyakit arteri koroner.

  1. Jantung Kiri Membesar

Tekanan darah tinggi memaksa jantung bekerja lebih keras dari yang dibutuhkan untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan ventrikel kiri menebal atau kaku (hipertrofi ventrikel kiri). 

Perubahan ini membatasi kemampuan ventrikel untuk memompa darah ke tubuh. Kondisi ini meningkatkan risiko serangan jantung, gagal jantung, dan kematian jantung mendadak.

  1. Gagal Jantung

Seiring waktu, tekanan pada jantung yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi dapat menyebabkan otot jantung melemah dan bekerja dengan kurang efisien. Akibatnya, jantung menjadi kewalahan mulai aus dan gagal. 

Nyeri atau tekanan di dada adalah gejala paling umum dari serangan jantung. Namun, rasa sakit atau ketidaknyamanan pada lengan, punggung, leher, atau rahang juga bisa menjadi pertanda. Demikian juga sesak napas, mual atau pusing. Jika kamu mengalami satu atau lebih dari tanda-tanda peringatan ini, segera ke rumah sakit. 

Kalau kamu butuh informasi lebih jelas mengenai hal ini, bisa tanyakan langsung ke HalodocDokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: Ketahui 3 Penyakit Jantung yang Mengintai Anak

Hipertensi juga dapat memengaruhi area lain dari tubuh, yang menyebabkan masalah, seperti:

  1. Keropos Tulang

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan jumlah kalsium yang ada dalam urine. Kalsium yang berlebihan dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang (osteoporosis), yang pada gilirannya dapat menyebabkan patah tulang. Risiko ini terutama meningkat pada wanita yang lebih tua.

  1. Sulit Tidur

Diperkirakan tekanan darah tinggi apnea. Soalnya ketika tekanan darah meningkat secara abnormal, dapat mengganggu pernapasan. Salah satu akibat yang ditimbulkan adalah mendengkur. 

Baca juga: 7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi 

Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, kamu perlu mengurangi asupan garam. Menurut hasil penelitian dari Journal of American Heart Association, menambahkan kalsium dan magnesium ke air minum berpotensi dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah di seluruh populasi. 

Mengubah diet dapat secara signifikan mengurangi tekanan darah tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat menurunkan tekanan darah, baik segera maupun dalam jangka panjang. Ada beberapa pilihan makanan yang bisa mengurangi tekanan darah tinggi yaitu alpukat, blewah, buah beri, jamur, ubi jalar, tomat, tuna, dan kacang polong.

Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2019. Good Foods for High Blood Pressure.

American Heart Association News. Diakses pada 2019. Could adding minerals to drinking water fight high blood pressure?

Mayo Clinic. Diakses pada 2019. High blood pressure dangers: Hypertension's effects on your body.

Heart.org. Diakses pada 2019. How High Blood Pressure Can Lead to a Heart Attack.