• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Meditasi yang Tepat untuk Mencapai Ketenangan

Cara Meditasi yang Tepat untuk Mencapai Ketenangan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Meditasi yang Tepat untuk Mencapai Ketenangan

“Salah satu teknik meditasi yang dapat kamu lakukan untuk mencapai ketenangan adalah meditasi transendental. Teknik meditasi tersebut memungkinkan tubuhmu untuk menetap dalam keadaan relaksasi yang mendalam. Untuk melakukannya, kamu perlu meluangkan waktu selama 20 menit. Meditasi ini dilakukan dalam posisi duduk yang nyaman dan mata tertutup, sambil melantunkan mantra.” 

Halodoc, Jakarta – Rutinitas dan padatnya jadwal sehari-hari tentu dapat menyebabkan stres pada kebanyakan orang. Namun, jika stres sampai memengaruhi kesehatan mental dengan membuatmu mudah cemas atau khawatir berlebihan, pertimbangkanlah untuk mencoba meditasi. 

Meditasi merupakan metode pemusatan pikiran dan perasaan yang bertujuan untuk mencapai kedamaian dan ketenangan pikiran. Meditasi banyak jenisnya, tetapi salah satu meditasi yang dapat kamu lakukan adalah meditasi transendental. 

Nah, bagi kamu yang ingin mencobanya, tentu kamu harus mengetahui cara meditasi transendental yang tepat untuk mencapai ketenangan. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya di sini!

Ini Cara Meditasi yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu teknik meditasi yang dapat kamu lakukan adalah meditasi transendental. Teknik meditasi tersebut memungkinkan tubuhmu untuk menetap dalam keadaan istirahat dan relaksasi yang mendalam. Tujuannya agar pikiran dapat mencapai kedamaian batin, tanpa perlu menggunakan konsentrasi dan upaya yang berlebih.

Nah, meditasi transendental melibatkan pengulangan mantra diam-diam selama 15-20 menit atau lebih lama pada ruangan yang tenang. Maka, sebelum kamu memulainya, pastikan untuk mematikan ponsel agar tidak ada distraksi di sekitarmu. 

Selain itu, kamu juga dapat menyalakan lilin aromatherapy untuk membuat ruang meditasi lebih nyaman. Jika sudah siap untuk mencobanya, ikutilah beberapa langkah berikut, antara lain:

  1. Duduklah dengan nyaman di kursi atau di lantai dengan tangan di pangkuanmu.
  2. Pejamkan mata selama beberapa detik hingga satu menit. Lalu, tarik nafas dalam-dalam dan rilekskan tubuh. Pada kondisi ini, mata harus tetap terpejam selama sesi 15-20 menit.
  3. Selanjutnya, cobalah untuk melantunkan mantra dalam pikiranmu. Mantra tersebut dapat berupa kata atau frasa, doa, atau rasa syukur tertentu yang kamu inginkan.
  4. Fokuskan pikiran pada lamunan mantra sepenuhnya, apabila kamu merasa fokusmu terganggu, kembalilah melantunkan mantra pada pikiranmu.
  5. Setelah 20 menit, mulailah menggerakan jari tangan dan kaki untuk memudahkanmu kembali ke kesadaran masa kini.
  6. Lalu buka mata dan duduk selama beberapa menit, sampai kamu merasa siap untuk kembali melanjutkan aktivitas.

Sebagian besar orang merekomendasikan meditasi sebaiknya dilakukan setidaknya sekali dalam sehari. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan sesi meditasi setiap kali kamu merasa stres dalam menjalani aktivitasmu.

Perlu diketahui, meditasi adalah metode yang dapat kamu gunakan untuk menenangkan pikiran, kejelasan dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Menariknya lagi, semua jenis meditasi termasuk meditasi transendental, juga dapat memberikan banyak manfaat lainnya bagi kesehatan fisik dan mental. 

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah pada kesehatan mental seperti stres atau keluhan lainnya, cobalah tanyakan psikolog melalui aplikasi Halodoc. Kamu dapat menceritakan segala hal yang sedang kamu rasakan pada psikolog terpercaya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Meditation: A simple, fast way to reduce stress
WebMD. Diakses pada 2021. Transcendental Meditation
Medicinenet. Diakses pada 2021. How Do You Do Transcendental Meditation?