• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Melatih Anjing Kampung Agar Patuh dan Setia

Cara Melatih Anjing Kampung Agar Patuh dan Setia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cara Melatih Anjing Kampung Agar Patuh dan Setia

Anjing kampung mungkin terlihat kurang menarik bagi sebagian orang, terutama jika dibandingkan dengan anjing ras. Namun, jangan salah, dengan pelatihan yang tepat, anjing kampung bisa menjadi teman terbaik yang sangat patuh dan setia pada pemiliknya. Penasaran bagaimana cara melatih anjing kampung?

Halodoc, Jakarta – Anjing kampung merupakan salah satu jenis anjing yang bisa dipilih untuk menjadi hewan peliharaan. Karakter kuat dan gagah dari anjing ini membuatnya sering dijadikan “hewan penjaga rumah”. Namun, jangan salah, anjing kampung nyatanya bisa dilatih agar lebih setia dan patuh terhadap pemiliknya. 

Kalau sudah begitu, bersiaplah untuk jatuh cinta dengan kecerdasan dan kesetiaan anjing ini. Tentu saja, butuh waktu dan kesabaran untuk melatih anjing kampung. Namun, bukan berarti tidak bisa. Dengan rutin memberikan pelatihan dan menjalani cara yang tepat, kamu bisa membuat anjing peliharaan menjadi lebih penurut. Lantas, bagaimana cara melatih anjing kampung agar patuh dan setia? 

Baca juga: Kenali Tanda Awal Anjing Peliharaan yang Sedang Hamil

Tips Melatih Anjing Kampung 

Secara umum, anjing dikenal sebagai hewan yang setia dan patuh. Anjing sering dipilih menjadi hewan peliharaan karena bisa memberi kebahagiaan, menyayangi tanpa syarat, serta bisa menambah semangat hidup pemiliknya. Namun, perlu disadari bahwa hewan ini tetap memiliki sifat berburu yang alami, sehingga sering menggonggong, melompat-lompat, dan mengunyah apapun. 

Dengan menerapkan pelatihan yang tepat, kamu bisa membuat anjing menjadi lebih penurut, setia, dan patuh. Pada dasarnya, anjing adalah hewan yang punya kecenderungan ingin belajar, dan kunci suksesnya adalah komunikasi yang baik. Dalam melatih anjing, sangat penting untuk saling memahami. Pemiliknya harus memahami bagaimana sifat dan karakter anjing. Sementara anjing peliharaan juga perlu memahami bagaimana kamu ingin dia berperilaku dan mengapa menuruti keinginan kamu. 

Ada beberapa tips melatih anjing kampung yang bisa dicoba, di antaranya: 

  1. Pahami Proses Belajar 

Hal yang perlu disadari adalah anjing memiliki caranya sendiri untuk belajar. Penting untuk memahami bahwa hewan peliharaan ini membutuhkan waktu untuk bisa mengerti dan memproses pelatihan yang diberikan. Bagaimanapun, bahasa manusia adalah bahasa yang asing bagi anjing, sehingga dibutuhkan waktu untuk memprosesnya. 

Baca juga: Panduan untuk Membuat Makanan Anjing di Rumah

  1. Latihan yang Tepat 

Penting juga untuk mengetahui metode atau jenis latihan yang tepat. Anjing peliharaan memiliki keterbatasan dalam belajar. Maka dari itu, sebaiknya ajarkan hal-hal yang sederhana dan mudah dimengerti saja, seperti berjalan, menangkap bola, berlari, duduk, dan berdiri. Jika terus dilatih, anjing kampung akan memiliki kemampuan untuk patuh terhadap perintah-perintah tersebut. 

  1. Beri Hadiah 

Anjing peliharaan mungkin akan kesulitan untuk melakukan suatu hal yang baru. Dibutuhkan waktu dan penyesuaian untuk itu. Daripada menghukum atau memarahi anjing, cobalah untuk mengapresiasi usahanya dengan memberi hadiah. Saat anjing berhasil melakukan satu hal, beri mainan, pelukan,  atau makanan kesukaannya. Hal ini bisa memberi motivasi dan membuat anjing mengetahui bahwa apa yang dilakukannya adalah hal benar. 

  1. Konsisten 

Melakukan latihan secara rutin dan konsisten akan membuat anjing lebih mudah mengerti. Jika kamu sedang melatih anjing kampung untuk duduk dan berdiri, lakukan dengan ritme yang tepat. Hal ini bisa membantu anjing mengetahui kapan dia harus duduk dan apa saja tanda perintah duduk, maupun sebaliknya. 

Baca juga: Tips Melakukan Grooming Anjing di Rumah

Jika anjing kampung menunjukkan tanda kesulitan mengikuti latihan, mungkin ada yang salah dengan makanan ataupun kesehatannya. Jika berencana mengganti makanan anjing atau ingin membeli vitamin untuk hewan peliharaan, pakai aplikasi Halodoc saja. Temukan produk makanan dan perawatan hewan peliharaan hanya dalam satu aplikasi. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Merawatanjing.org. Diakses pada 2021. Cara Melatih Anjing agar Patuh Sopan dan Penurut Dengan Perintah Kita. 
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. How to Train Your Dog.