• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Melatih Anjing Pitbull Agresif Menjadi Jinak

Cara Melatih Anjing Pitbull Agresif Menjadi Jinak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cara Melatih Anjing Pitbull Agresif Menjadi Jinak

“Anjing pitbull dikenal sebagai salah satu jenis anjing yang agresif. Hal ini membuat banyak orang ragu untuk memelihara pitbull. Padahal, anjing pitbull memiliki sifat pintar, penyayang, dan sangat setia pada pemiliknya. Kini kamu bisa melatih anjing pitbull agresif menjadi jinak dengan beberapa cara, seperti mengajak pitbull mengenal lingkungan dan keluarga barunya.”

Halodoc, Jakarta – Pitbull menjadi salah satu jenis anjing yang cukup banyak dipelihara. Namun, tidak jarang kita juga mendengar mengenai reputasi anjing pitbull yang dikenal sebagai anjing yang agresif dan galak. Padahal, pitbull sendiri memiliki sifat yang penyayang, pintar, dan sangat setia kepada pemiliknya.

Untuk itu, tidak ada salahnya mengetahui beberapa alasan yang menyebabkan anjing pitbull bersifat agresif. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu cara tepat untuk melatih anjing pitbull agresif menjadi jinak dalam artikel ini. Yuk, simak ulasannya di sini!

Baca juga: 6 Hal yang Menyebabkan Anjing Menjadi Agresif

Alasan Anjing Menjadi Agresif

Agresif merupakan salah satu jenis sifat dasar yang dimiliki oleh seekor anjing, khususnya pitbull. Namun, biasanya sifat agresif yang dimiliki seekor anjing merupakan pertanda kondisi yang tidak nyaman dan bisa menyebabkan anjing melakukan serangan.

Sebaiknya waspada jika pitbull sudah menunjukkan beberapa tanda agresif, seperti menggeram, berdiri tegak, memperlihatkan gigi, menggonggong secara berulang, menyerang manusia, menggigit tanpa tekanan, dan melakukan gigitan ringan secara berulang.

Lalu, apa alasan pitbull dapat menjadi agresif? Menurut The American Society for The Prevention of Cruelty to Animals, ada beberapa alasan dan kategori yang menyebabkan anjing menjadi agresif, seperti:

  1. Territorial Aggression;
  2. Protective Aggression;
  3. Possessive Aggression;
  4. Fear Aggression;
  5. Defensive Aggression;
  6. Social Aggression;
  7. Predatory Aggression;
  8. Pain Elicited Aggression;
  9. Frustration Elicited Aggression;
  10. Sex Related Aggression.

Baca juga: Ini Alasan Anjing Sering Mengubur Benda di Tanah

Melatih Anjing Pitbull Agresif Menjadi Jinak

Meskipun anjing pitbull terkenal sebagai anjing yang agresif, tetapi dengan pelatihan yang tepat kamu bisa membuat pitbull kesayangan menjadi jinak. Berikut ini cara melatih anjing pitbull agresif menjadi jinak yang perlu kamu pelajari:

  1. Ajak Pitbull Mengenal Lingkungan dan Keluarga Baru

Jika kamu ingin memiliki anjing pitbull yang memiliki sifat jinak, tidak ada salahnya untuk memelihara anjing pitbull yang masih memiliki usia dini. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan sosialisasi dengan pitbull kesayangan kamu sesering mungkin.

Kamu bisa mengajaknya bermain, berolahraga, atau menemani anjing menikmati cemilan kesukaannya. Hal ini dilakukan agar pitbull merasa nyaman dengan pemiliknya. Selain membangun hubungan baik dengan pemiliknya, jangan lupa kenalkan pitbull dengan keluarga pemilik hingga hewan peliharaan lain yang ada di rumah sejak dini. 

  1. Gunakan Cara Positif untuk Melatih Pitbull

Saat melatih kedisiplinan pada pitbull sebaiknya hindari menggunakan tindakan-tindakan kekerasan dan juga afirmasi negatif. Pastikan kamu gunakan cara positif untuk melatih pitbull agar hewan peliharaan dapat merasa nyaman. Kamu bisa menggunakan cemilan kesukaan atau berikan pitbull perhatian dan kasih sayang yang cukup saat sedang menjalani pelatihan.

  1. Jadilah Pemimpin untuk Pitbull Kesayanganmu

Agar pitbull menjadi lebih jinak dan tidak agresif, cara lain yang bisa kamu lakukan dengan menjadi pemimpin bagi pitbull kesayanganmu. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar pitbull menjadi anjing yang jinak dan penurut. Misalnya, membiarkan anjing untuk beristirahat di tempat tidurnya atau memberikan treat saat anjing berperilaku baik. Pelatihan sederhana seperti itu akan membuat pitbull menghargai kamu sebagai pemiliknya.

  1. Ajak Anjing untuk Berolahraga Secara Rutin

Jangan lupa untuk mengajak pitbull berolahraga secara rutin. Kamu bisa mengajak pitbull untuk mengelilingi halaman rumah, bermain bola, atau berbagai hal menyenangkan yang disukai oleh anjing kesayanganmu. Selain membantu kamu dalam menjaga kesehatan anjing, mengajak anjing berolahraga juga bisa menurunkan risiko stres atau depresi sehingga anjing akan menjadi lebih rileks dan tenang.

Baca juga: 4 Jenis Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak

Itulah beberapa cara melatih anjing pitbull agresif menjadi jinak. Jangan lupa untuk selalu memastikan kondisi kesehatan anjing kesayanganmu pada dokter hewan. Kini kamu bisa gunakan Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter hewan seputar gangguan kesehatan yang dialami anjing kesayangan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Pet Helpful. Diakses pada 2021. How to Raise Your Pitbull to Be Less Aggressive.
Hills. Diakses pada 2021. Aggression in Dogs: How to Train It Out of Them.
ASPCA. Diakses pada 2021. Aggression.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. How To Train Your Pitbull Dog a Good Family Pet.