• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Melembutkan Rambut Pria yang Kering dan Kaku
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Melembutkan Rambut Pria yang Kering dan Kaku

Cara Melembutkan Rambut Pria yang Kering dan Kaku

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 November 2021
Cara Melembutkan Rambut Pria yang Kering dan Kaku

“Pria cenderung melakukan aktivitasnya diluar ruangan. Hal ini membuat mereka rentan mengalami rambut yang kering da kaku. Faktor lain seperti perawatan rambut yang kurang memadai bisa memperparah kondisi ini. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut yang kering dan kaku.”

Halodoc, Jakarta – Jika dibandingkan dengan wanita, pria mungkin lebih cuek untuk melakukan perawatan rambut. Nah, rambut yang kurang terawat ini lama kelamaan dapat bermasalah. Apalagi ditambah dengan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi kesehatan rambut, seperti penuaan dan kebiasaan gaya hidup.

Pada akhirnya, semua faktor tersebut beradu menjadi satu dan merusak kutikula rambut yang sudah halus. Seiring waktu, minyak alami dapat berkurang secara signifikan sehingga rambut menjadi kering dan kaku. 

Nah, kalau kamu sedang berusaha mengatasi rambut kering, berikut sejumlah tips perawatan rambut untuk menghaluskannya.

1. Pilih sampo yang tepat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut kamu. Saat membeli sampo dan kondisioner pastikan formulanya sesuai dengan  kondisi rambutmu. Misalnya untuk rambut berminyak, kering, atau rusak.

2. Jangan keramas setiap hari

Tak sedikit orang yang justru keramas setiap hari dengan dalih supaya rambut tetap bersih dan sehat. Padahal, keramas setiap hari justru dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. Sebaiknya, keramas dua atau tiga kali dalam seminggu saja.  Namun, bila kondisi rambut sudah sangat kotor, tidak masalah jika kamu ingin berkeramas.

3. Gunakan kondisioner

Selalu gunakan kondisioner setelah berkeramas. Usapkan kondisioner pada rambut secara merata, kemudian diamkan selama 2-5 menit sebelum dibilas.  Hindari menggunakannya sampai kulit kepala, cukup pada ujung rambutnya saja. Kondisioner membantu mengunci kelembapan sehingga rambut menjadi lebih halus dan tampak sehat.

4. Hindari penggunaan air panas

Jangan mencuci rambut dengan air panas.  Air panas justru membuat rambut semakin kering dan kaku. Gunakan air dengan suhu normal atau air dingin saja. 

5. Lindungi rambut dari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat membuat rambut semakin kering dan kaku. Saat di bawah sinar matahari, lindungi rambut menggunakan topi atau syal. 

6. Hindari penggunaan cat rambut

 Minimalkan penggunaan pewarna rambut atau perming rambut yang dapat merusak tekstur rambut jika sering dilakukan.  Batasi penggunaannya dan tunggu setidaknya 6 minggu di antara dua perawatan rambut tersebut.

7. Pangkas rambut secara rutin

 Rambut yang kering dan kaku seringkali bercabang di bagian ujungnya. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu rutin memangkas rambut untuk  mengurangi ujung bercabang, dan memberi kesan rambut yang lebih sehat.

Kalau kamu mengalami permasalahan rambut yang tak kunjung usai, segera tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Pasalnya, kerusakan rambut seperti kerontokan parah bisa menjadi pertanda suatu penyakit. 

Jangan tunda untuk bertanya ke dokter sebelum kondisinya semakin memburuk. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Medicinet. Diakses pada 2021. How Can I Make My Hair Soft and Silky? 15 Tips.
Lifehack. Diakses pada 2021. 15 Easy Ways to Get Silky, Smooth Hair.
Healthline. Diakses pada 2021. 12 Remedies for Softer Hair.