• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami

Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami

“Beberapa bahan alami dapat digunakan untuk meluruskan rambut secara alami. Salah satu bahan tersebut adalah kombinasi antara minyak zaitun dan telur. Minyak zaitun mengandung hidroksitirosol dan vitamin E yang dapat menutrisi rambut. Sementara itu, telur sendiri mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak yang juga penting untuk pertumbuhan rambut.”

Halodoc, Jakarta – Untuk sebagian orang, memiliki rambut lurus, bergaya, indah dan modis mungkin merupakan suatu kebutuhan. Sebab, rambut yang lurus lebih mudah ditata, dibandingkan yang ikal atau keriting. Alhasil, banyak cara pun dilakukan guna mendapatkan rambut lurus idaman secara instan. Seperti penggunaan alat untuk meluruskan rambut dengan suhu panas dan bahan kimia. Sayangnya, metode tersebut bila dilakukan terus-menerus berbahaya bagi rambut. Salah satu bahayanya adalah rambut rontok secara berlebihan. 

Agar dapat terhindar dari bahayanya, kamu sebenarnya dapat meluruskan rambut menggunakan berbagai bahan alami yang lebih sehat. Lantas, apa saja bahan-bahan tersebut? Simak ulasannya di sini!

Baca juga: 5 Tips Memanjangkan Rambut Secara Alami

Aneka Bahan Alami yang Dapat Meluruskan Rambut

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan, beserta cara penggunaannya, antara lain: 

  1. Susu dan Madu

Protein dari susu bermanfaat dalam menambah kekuatan rambut dan kesehatan tubuh. Susu juga mengandung lemak yang dapat membantu menghaluskan dan melembutkan madu. Sementara itu, madu dikenal sebagai pelembab alami yang dapat menambah kilau pada rambut.

Untuk menggunakannya, ambil satu sendok makan madu, dan campurkan dengan susu untuk melembutkan dan meluruskan rambut. Kombinasi dari keduanya juga dapat dimasukkan ke dalam botol semprot. Kamu dapat menyemprot rambut dengan larutan tersebut setelah keramas. Lalu, biarkan selama dua menit untuk hasil yang maksimal, dan bilaslah menggunakan air biasa.

  1. Pisang

Dilansir dari Health Shots, pisang memiliki sifat yang dapat melembutkan rambut. Selain itu, pisang juga bagus untuk rambut yang kering dan rambut keriting. Sebab, pisang tidak hanya membantu meluruskan rambut secara alami, tetapi juga dapat memberikan nutrisi mendalam untuk rambut.

Untuk menggunakannya, ambilah dua buah pisang yang sudah terlalu matang sebelum menjadi busuk. Haluskan pisang tersebut menggunakan garpu dan campurkan dengan madu, yoghurt, dan minyak zaitun masing-masing dua sendok makan. Kemudian, blender lah campuran tersebut untuk membuatnya semakin halus layaknya sebuah pasta. Oleskan pasta tersebut secara merata pada rambut, dan sebaiknya kamu membungkusnya dengan shower cap agar tidak berantakan. Biarkan selama setengah jam, lalu bilas menggunakan air. 

  1. Telur dan Minyak Zaitun 

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk meluruskan rambut. Alasannya, minyak zaitun mengandung hidroksitirosol dan vitamin E, yang sama-sama dapat menutrisi rambut. Tak hanya itu, struktur kimia minyak alami pada tubuh memiliki kesamaan dengan minyak zaitun. Sementara itu telur mengandung vitamin, mineral, serta asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan rambut.

Untuk menggunakannya, kamu dapat mencampur dua butir telur dengan minyak zaitun. Lalu, oleskan pada rambut secara merata dan biarkan selama 20 menit. Ketika waktunya sudah cukup, cucilah rambut dengan bersih.   

Baca juga: Penjelasan Paraben Free pada Produk Perawatan Kulit

  1. Tepung Beras dan Telur

Masker rambut yang terbuat dari tepung beras dan telur tidak hanya dapat membersihkan rambut, tetapi juga meluruskan rambut dan menambah volume. Untuk menggunakannya, siapkan satu butir telur, pisahkan bagian putihnya dari kuning telurnya. Masukkan putih telur tersebut ke dalam wadah, lalu tambahkan lima sendok makan tepung beras, aduk sampai rata dan mengental. Selanjutnya, oleskan larutan tersebut pada rambut, kemudian sisir rambut kamu. Biarkan selama satu jam, lalu cucilah rambut dengan sampo dan air hangat. 

  1. Ekstrak Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan dapat membuatnya halus dan lembut. Tak hanya itu, gel atau ekstrak lidah buaya juga dapat dengan mudah meresap ke dalam helai rambut dan menjaga tingkat kelembapan kulit kepala. Maka dari itu, lidah buaya dapat dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk meluruskan rambut.

Bila ingin menggunakannya, campurkan setengah cangkir masing-masing gel lidah buaya dan minyak zaitun hangat. Lalu, pijat campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala, biarkan meresap ke helai rambut. Tutupi rambut dengan shower cap dan biarkan selama sekitar satu hingga dua jam. Selanjutnya, cucilah rambut menggunakan sampo ringan, diikuti dengan penggunaan kondisioner setelahnya.

Nah, itu lah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk meluruskan rambut. Perlu diingat bahwa meluruskan rambut butuh proses yang konsisten dan tidak secara instan menjadi lurus. Namun, hal tersebut tentu lebih baik bila dibandingkan menggunakan penglurus rambut bersuhu panas secara berlebihan karena dapat merusak rambut.

Baca juga: Jaga Kesehatan Rambut dengan 3 Cara Mudah Ini

Apabila kamu membutuhkan penjelasan lebih dalam terkait produk perawatan rambut yang sesuai, kamu dapat menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk menanyakannya. Lewat fitur chat/video call yang tersedia, secara langsung. Nantinya dokter spesialis terpercaya akan memberikan saran yang sesuai untuk perawatan rambutmu. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Health Shots. Diakses pada 2021. Frizzy hair freaking you out? Try these 9 hacks to straighten hair naturally at home
Food NDTV. Diakses pada 2021. How To Straighten Your Hair Naturally: 5 Home Remedies