• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Memakai Masker agar Mencegah Penyakit

Cara Memakai Masker agar Mencegah Penyakit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Memakai Masker agar Mencegah Penyakit

Masker bisa mencegah penyebaran penyakit bila digunakan dengan benar. Bagaimana cara mengenakan masker yang benar? Pertama, pilihlah bahan yang nyaman. Kemudian pastikan kamu mengenakan masker yang menutup hidung dan mulut dengan sempurna. Jangan menyentuh bagian luar masker serta melepas masker saat tidak dibutuhkan.”

Halodoc, Jakarta – Dewasa ini penggunaan masker semakin marak diterapkan. Kalau dulu masker lebih sering digunakan saat sedang terserang flu ataupun batuk. Sekarang, semenjak pandemi, penggunaan masker kian masif dan menjadi kewajiban. Masker memang bisa mencegah penularan dan penyebaran penyakit. Bagaimana cara memakai masker yang benar agar mencegah penyakit?

1. Bahan yang Nyaman

Ada banyak jenis masker dan tidak semuanya memiliki fungsi yang maksimal. Kamu harus pastikan bahan masker yang digunakan memang protektif dan memberikan perlindungan baik. Terlepas dari itu kenyamanan juga menjadi pertimbangan penting. Pastikan kamu bisa bernapas dengan baik.

Baca juga: Virus Corona: 5 Alasan Harus Memakai Masker Meski di Rumah

2. Menutupi Mulut dan Hidung

Masker yang baik adalah masker yang bisa menutupi hidung dan mulut. Mulut dan hidung adalah media penularan penyakit, karena itu harus terlindungi. Supaya bisa menutup mulut dan hidung, pastikan ukuran maskermu sesuai dengan bentuk wajah.

3. Double Masker Kain Bila Perlu

Penggunaan masker yang direkomendasikan sekarang adalah mengenakan double masker. Masker pertama adalah masker medis baru kemudian masker kain. Penggunaan yang demikian bisa lebih memberikan perlindungan dan mencegah penyakit.

Baca juga: Malas Cuci Tangan, 6 Penyakit Ini Mudah Menyebar

4. Jangan Dilepas Bila Tak Perlu

Terkadang sebagian orang senang melepas masker, menggantungnya di leher, atau mengikatkannya di lengan. Masker hanya digunakan sebagai pelengkap dan kewajiban saja. Bagaimana mau memberikan perlindungan bila tidak digunakan? Jadi, jangan melepas masker bila tak perlu. Idealnya, saat mengobrol dengan kawan yang dikenal pun, masker tetap harus dikenakan.

5. Jangan Menyentuh Permukaan Luar Masker

Kamu pernah tidak cipika-cipiki sambil mengenakan masker? Nah, justru ini yang memudahkan penyebaran penyakit. Bagian luar masker yang tanpa sengaja tersentuh dengan rambut atau pipi yang tidak tertutup masker bisa jadi tertempel kuman atau bakteri. Ini bisa jadi media penyebaran penyakit juga. 

Baca juga: Ini Masker yang Tepat untuk Cegah Virus Corona

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara menggunakan masker agar mencegah penyakit? Tetap selalu terapkan prokes untuk kesehatan bersama ya! Bila kamu punya keluhan kesehatan dan membutuhkan bantuan medis, jangan ditunda lagi, segera buat janji pemeriksaan di rumah sakit terdekat dari rumah lewat aplikasi Halodoc! Yuk, tunggu apalagi? Segera download aplikasinya segera di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
World Health Organization. Diakses pada 2021. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: When and how to use masks.
Centers For Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Use Masks to Slow the Spread of COVID-19.