• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Membersihkan Organ Intim Bayi Laki-Laki dan Perempuan

Cara Membersihkan Organ Intim Bayi Laki-Laki dan Perempuan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Penting untuk menjaga organ intim Si Kecil tetap bersih untuk mencegahnya dari infeksi dan menjaganya tetap sehat. Tidak sulit untuk membersihkan organ intim Si Kecil, ibu tidak membutuhkan sabun dan hanya menggunakan air hangat dan bola kapas. Jika ibu ingin menggunakan sabun, pilih yang berbahan ringan dan mampu melembapkan kulit Si Kecil. 

Saat menggunakan sabun, hindari menggunakannya terlalu banyak dan pastikan untuk membilas semua sisa sabun dari organ intim Si Kecil. Ibu dapat membersihkan organ intim Si Kecil saat mengganti popok dan saat mandi. Yuk, cari tahu caranya di bawah ini.

Baca juga: Ketahui Perkembangan Fisik Anak 3-6 Bulan

Begini Cara Membersihkan Organ Intim Bayi Laki-Laki dan Perempuan

Melansir dari Raising Children, terdapat perbedaan saat membersihkan organ intim bayi laki-laki dan perempuan, seperti:

  • Cara Membersihkan Organ Intim Bayi Laki-Laki

Jika organ intim Si Kecil sudah disunat, basuh penis dan skrotum bayi secara lembut dengan air hangat dan bola kapas. Kemudian, keringkan penis dan skrotum bayi menggunakan handuk lembut. Cara untuk mencegah penis bayi menempel pada popok, sebaiknya basahi bagian depan popok dengan petroleum jelly atau pelembap lain yang aman untuk bayi.

Sedangkan untuk membersihkan organ intim Si Kecil yang belum disunat, ibu mungkin perlu membersihkan kulupnya sesekali. Kulup adalah kelopak kulit yang menutupi ujung penis. Caranya, tarik kulup ke arah pangkal penis secara perlahan, lalu bersihkan dengan kapas basah. Lakukan hal ini dengan sangat hati-hati agar tidak melukai kulup Si Kecil. Hal yang lazim jika ibu melihat zat putih susu (smegma) yang berkumpul di bawah kulit khatan. Meskipun begitu, smegma ini juga perlu dibersihkan agar tidak semakin menumpuk.

Baca juga: 7 Tips Dasar Merawat Bayi Baru Lahir

  • Cara Membersihkan Organ Intim Bayi Perempuan

Krim popok, keringat, dan zat lain dapat terkumpul di dalam dan sekitar labia. Itu mengapa, ibu perlu rutin membersihkan labia Si Kecil agar kotoran-kotoran ini tidak semakin menumpuk. Cara untuk membersihkan labia, basahi bola kapas, pisahkan kedua kaki bayi dan usap di antara labia dengan bola kapas. Mulai usap dari bagian depan hingga ke belakang dengan lembut. Kemudian, tepuk ringan area genital bayi dengan handuk lembut.

Ibu mungkin melihat cairan yang sedikit mirip putih telur saat membersihkan organ intim Si Kecil. Jangan khawatir, hal ini sangat normal dan ibu tidak perlu membersihkannya. Jika ibu tidak yakin, temui dokter untuk diperiksa lebih lanjut. 

Baca juga: Perhatikan Gangguan Kelamin pada Anak

Jika ibu masih memiliki pertanyaan tentang cara merawat bayi di rumah, jangan ragu untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Raising Children. Diakses pada 2020. Baby genitals: care and cleaning.
Parents. Diakses pada 2020. Taking Care of Baby 'Down There'.