• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Memilih Homeschooling untuk Anak dengan Autisme

Cara Memilih Homeschooling untuk Anak dengan Autisme

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Cara Memilih Homeschooling untuk Anak dengan Autisme

Halodoc, Jakarta – Memiliki anak dengan autisme bukan berarti tidak bisa memberikan pilihan terbaik untuk pendidikannya. Mengingat kondisi yang dialami, sekolah umum mungkin terdengar kurang bersahabat, bahkan tidak cocok untuk Si Kecil. Namun jangan khawatir, ayah dan ibu masih memiliki pilihan, salah satunya dengan memilih homeschooling atau sekolah di rumah. 

Sesuai namanya, homeschooling adalah metode pembelajaran alternatif yang dilakukan di rumah. Dengan kata lain, anak tidak perlu pergi ke sekolah seperti umumnya atau sekolah formal. Biasanya, metode belajar di rumah alias homeschooling untuk anak dipilih karena beberapa alasan, termasuk kebutuhan anak seperti autisme. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih homeschooling untuk anak autisme. Apa saja? 

Baca juga: 7 Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling untuk Anak

Memutuskan Homeschooling untuk Anak dengan Autisme 

Anak dengan autisme membutuhkan perhatian dan dukungan khusus dari lingkungan sekitar, terutama orangtua. Termasuk dalam hal pendidikan. Namun, anak dengan gangguan ini biasanya merasa tidak nyaman dan kesulitan saat harus berada di tengah kerumunan, misalnya di sekolah formal. Belum lagi, sekolah umum biasanya memiliki standar yang bisa berbeda dengan kebutuhan anak dengan autisme. 

Autisme alias autism spectrum disorder merupakan gangguan tumbuh kembang. Kondisi ini menyebabkan pengidapnya sulit berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan anak mengalami autisme, tapi kondisi ini paling sering dikaitkan dengan kelainan genetik dan gangguan pada otak. 

Homeschooling bisa menjadi pilihan untuk anak dengan autisme, sebab metode belajar ini bisa memenuhi kebutuhan perhatian dan dukungan untuk anak. Dengan pendampingan yang tepat, tumbuh kembang dan aktivitas anak autisme bisa lebih baik. Melalui homeschooling, kegiatan belajar dilakukan di rumah dan orangtua bisa menentukan sendiri waktu dan sistem pembelajaran untuk anak. 

Dalam memilih homeschooling untuk anak dengan autisme, ayah dan ibu perlu tahu apa saja yang dibutuhkan Si Kecil. Pilihlah metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan, minat, serta gaya belajar anak. Secara umum, tidak banyak perbedaan dalam segi pelajaran homeschooling dengan sekolah formal, sebab kurikulum yang digunakan akan sama. 

Baca juga: Ibu Harus Tahu, Inilah Penyebab Autisme pada Anak

Namun, pembelajaran untuk anak dengan autisme akan dikemas dengan cara khusus sehingga bisa dengan mudah dipahami. Selain metode pembelajaran yang diterapkan, penting juga untuk mempertimbangkan hal lain sebelum memilih homeschooling untuk anak dengan autisme, salah satunya faktor biaya pendidikan dan waktu. 

Homeschooling tentu akan membuat orangtua mengeluarkan biaya lebih banyak jika dibandingkan dengan sekolah luar biasa (SLB) yang biasanya tersedia untuk anak berkebutuhan khusus. Jika tidak memungkinkan bagi anak untuk pergi ke sekolah, pastikan untuk menghitung dan menyesuaikan kemampuan finansial sebelum memilih homeschooling

Selain itu, ayah dan ibu juga harus memperhitungkan waktu dan tenaga. Meski akan ada pengajar khusus yang datang ke rumah, orangtua tetap harus mendampingi selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan pembelajaran yang diberikan pada anak dengan autisme sudah maksimal dan sesuai dengan harapan. 

Baca juga: Cara Membangun Komunikasi yang Baik dengan Anak Autisme

Biar anak bisa lebih mudah menerima pelajaran dan kesehatan tubuhnya selalu terjaga, coba lengkapi gaya hidup sehatnya dengan konsumsi suplemen khusus. Biar lebih mudah, beli vitamin atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Autism.
Very Well. Diakses pada 2021. How to Homeschool Your Autistic Child.
Friendship Circle. Diakses pada 2021. Six Tips for Homeschooling Your Child with Autism Spectrum Disorder.