• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Memilih Makanan Anjing dengan Pencernaan Sensitif

Cara Memilih Makanan Anjing dengan Pencernaan Sensitif

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Memilih Makanan Anjing dengan Pencernaan Sensitif

Halodoc, Jakarta - Setiap nutrisi yang terdapat dalam makanan anjing memiliki fungsinya masing-masing, salah satunya adalah mendukung kesehatan pencernaan. Bagi anjing dengan pencernaan yang sensitif, memilih makanan tidak bisa sembarangan. Jika kandungan di dalam makanan tidak cocok, maka akan muncul sejumlah masalah pencernaan, salah satunya adalah diare. Begini cara memilih makanan anjing dengan pencernaan sensitif.

Baca juga: Anjing Peliharaan Sering Menolak Makan, Apa Penyebabnya?

Pilih Makanan dengan Kandungan Serat, Karbohidrat, dan Lemak

Makanan yang kamu berikan pada anjing peliharaan akan memengaruhi kesehatan pencernaan, serta jumlah mikroflora yang hidup dalam ususnya. Salah satu langkah untuk menjaga pencernaan yang sensitif adalah dengan melakukan diet. Diet pada anjing berbeda dengan manusia. Makanan yang dipilih harus mudah dicerna dan mengandung sejumlah nutrisi penting yang mudah diserap.

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh organ pencernaan adalah protein. Protein bisa kamu dapatkan dari sumber hewani, seperti ayam. Makanan dengan kandungan protein yang dikonsumsi anjing akan membuat pencernaan lebih mudah dalam mengolah makanan, sehingga mampu mencegah masalah pencernaan. Selain protein, berikut ini sejumlah cara memilih makanan anjing dengan pencernaan sensitif:

1.Pilih Makanan dengan Kandungan Serat

Serat merupakan salah satu asupan yang baik bagi manusia. Asupan ini menjadi salah satu cara memilih makanan anjing dengan pencernaan sensitif. Serat dapat digunakan sebagai media diet guna membantu melancarkan pergerakan di usus, serta meningkatkan kualitas feses bagi anjing dengan pencernaan sensitif.

Selain itu, serat dapat membuat anjing merasa kenyang lebih lama. Salah satu yang direkomendasikan adalah probiotik. Probiotik merupakan jenis serat yang dapat membantu bakteri baik tumbuh dan berkembang dalam sistem pencernaan anjing.

2.Pilih Makanan dengan Kandungan Karbohidrat

Bukan hanya serat saja, karbohidrat juga menjadi salah satu komponen penting yang harus ada dalam makanan anjing peliharaan. Karbohidrat merupakan bahan bakar yang menjadi sumber energi dan tenaga.

3.Pilih Makanan dengan Kandungan Lemak

Selain serat dan karbohidrat, lemak menjadi asupan yang baik dalam menjaga kesehatan pencernaan anjing dengan pencernaan sensitif. Anjing yang mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak dapat memberikan energi yang dibutuhkan tanpa harus mengonsumsi makanan dalam jumlah besar.

Apapun makanan yang dikonsumsi, harus disesuaikan dengan kebutuhan anjing peliharaan, ya. Jangan asal konsumsi saja dalam jumlah yang banyak, karena akan berujung pada masalah pencernaan.

Baca juga: Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

Bagaimana Cara Kerja Pencernaan Anjing?

Sama halnya dengan manusia, pencernaan anjing juga mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Salah satu organ utama pencernaan yang melakukan fungsi tersebut adalah usus kecil. Usus kecil anjing memiliki permukaan yang besar dengan beragam sel di dalamnya yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dari makanan.

Usus kecil menyerap lemak, vitamin, karbohidrat, dan mineral. Bukan itu saja, usus kecil juga bertugas untuk menyelesaikan proses pencernaan dan penyerapan protein yang dimulai dari perut. Pada organ pencernaan, bakteri baik berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Banyak atau sedikitnya bakteri tersebut akan tergantung pada genetika serta makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang Mengganggu

Masalah pencernaan yang sensitif terjadi saat organ pencernaan menilai suatu makanan atau zat-zat lain di dalamnya berbahaya. Padahal sebaliknya. Hal tersebut yang kemudian memicu munculnya gejala perut sensitif, seperti mulas, mual, atau diare. Jika kamu menemukan sejumlah tanda tersebut pada anjing peliharaan, diskusikan dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Royalcanin.com. Diakses pada 2020. Makanan anjing Anda dan kesehatan pencernaannya.
Hillspet.com. Diakses pada 2020. What are dog digestive disorders?