• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Memilih Makanan yang Tepat untuk Anjing Bulldog

Cara Memilih Makanan yang Tepat untuk Anjing Bulldog

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang memiliki anjing bulldog, perlu tahu kalau anjing peliharaanmu memiliki banyak kelebihan. Di balik wajahnya yang terkesan galak, Bulldog memiliki sifat yang manis dan lembut, dapat diandalkan, dapat diprediksi, serta penyayang buat anak-anak.

Bulldog adalah hewan peliharaan yang tidak membutuhkan halaman, dapat tumbuh dan berkembang di daerah dengan iklim sedang. Soalnya bulldog gampang kepanasan dan juga gampang kedinginan. Lantas, bagaimana dengan jenis makanan yang dikonsumsi bulldog?

Baca juga: Cara Memilih Makanan Anjing dengan Pencernaan Sensitif

Makanan untuk Anjing Bulldog

Perlu diketahui beberapa jenis anjing bulldog memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Salah satu masalah yang harus diperhatikan oleh pemilik anjing saat merawat bulldog adalah bahwa anjing jenis ini rentan mengalami displasia pinggul. Bulldog bukan jenis ras yang aktif dan membutuhkan jenis olahraga harian yang teratur.

Banyak bulldog memiliki alergi makanan. Gejala umum alergi makanan pada anjing meliputi:

1. Buang gas.

2. Diare kronis.

3. Radang telinga.

4. Menjilati cakar.

5. Mengalami kulit gatal.

Bagaimana dengan kebutuhan makannya? Bulldog dengan berat 23 kilogram membutuhkan setidaknya 1.451 kalori per hari. Jika bulldog peliharaanmu memiliki gaya hidup yang tidak aktif, anjingmu hanya membutuhkan lebih sedikit kalori. 

Baca juga: Makanan Manusia yang Baik untuk Anjing

Protein dan lemak adalah salah satu nutrisi penting dari makanan anjing. Bulldog dapat diberi makan campuran makanan buatan sendiri atau yang tersedia secara komersial. Untuk memastikan kalau bulldog kesayangan mendapatkan makanan yang sesuai dengan kondisinya, kamu bisa tanyakan langsung ke dokter hewan di Halodoc. Dokter hewan terbaik akan memberikan saran yang kamu butuhkan seputar pemeliharaan gizi anjing kesayangan. Ayo, Download aplikasinya sekarang juga!

Makanan Homemade untuk Bulldog

Kamu bisa mengolah makanan homemade untuk bulldogmu. Kamu dapat memberikan beberapa jenis daging mulai dari kalkun, salmon, ayam, daging sapi, domba, asalkan tidak dimasak dengan bawang bombai, bawang putih, garam, atau bahkan dibumbui. 

Bulldog juga suka selai kacang, tapi harus diberikan dalam jumlah sedang karena kandungan lemaknya yang tinggi dapat menyebabkan anjing kelebihan berat badan. Makanan manusia lainnya yang dapat dimakan bulldog adalah roti, oatmeal, udang, telur, wortel, apel, semangka, seledri, dan brokoli.

Baca juga: Panduan untuk Membuat Makanan Anjing di Rumah

Ingatlah, karena sistem pencernaan anjing berbeda dengan manusia, banyak makanan manusia yang tidak dapat diberikan kepada mereka. Oleh karena itu, penting bagi untuk melakukan pengecekan untuk memastikan apakah anjing kesayanganmu aman diberikan makanan manusia.

Bulldog tidak bisa diberikan teh, kopi garam, pala, anggur, kismis, cokelat, kacang macadamia, bawang, alpukat, dan bawang putih karena bisa berakibat fatal. Untuk makanan anjing yang sudah jadi, ada banyak pilihan yang tersedia baik dalam pilihan kering dan basah, tergantung pada preferensi bulldogmu. Memberi makanan anjing dengan kadar protein tinggi, atau memberi makan anjing dengan protein berlebihan akan menyebabkan obesitas. 

Ini karena kelebihan protein pada anjing disimpan sebagai lemak. Bulldog yang mengalami obesitas dapat menghambat aktivitasnya. Pastikan kamu memberikan jumlah makanan sesuai dengan kebutuhan anjingmu. 

Karena bentuk moncong dan giginya, membuat bulldog tidak dapat mengunyah dan menelan makanan dengan baik. Untuk mengatasinya, kamu perlu membagi porsi makanan bulldog, sehingga anjing kesayangan makan dua hingga empat kali sehari.

Referensi:
The Jerusalem Post. Diakses pada 2021. Best Dog Food For Bulldogs: What Every Dog Owner Should Know.
M-dog. Diakses pada 2021. What Do Bulldogs Eat? The (Most Important) Thing To Consider.
Hillspet. Diakses pada 2021. English Bulldog Breed Information and Personality Traits.