• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menangani Nyeri Otot yang Bisa Dilakukan di Rumah

Cara Menangani Nyeri Otot yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Nyeri otot bisa sangat mengganggu dan menghambat aktivitas. Karenanya, banyak orang yang memilih untuk konsumsi obat pereda nyeri saat kondisi ini menyerang. Namun, ternyata ada perawatan di rumah yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri otot. Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk meredakan nyeri agar bisa kembali beraktivitas. 

Nyeri otot atau myalgia seringnya bersifat ringan dan hanya menyerang satu otot tertentu. Namun, pada beberapa kondisi nyeri otot juga bisa terasa di seluruh bagian tubuh dan terasa sangat menyiksa. Nyeri otot sebenarnya bukan penyakit, tetapi bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu. Selain itu, kondisi yang satu ini juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor. 

Baca juga: 4 Kebiasaan Sehari-Hari Ini Picu Nyeri Otot

Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Otot

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan nyeri otot, mulai dari postur tubuh atau gerakan olahraga yang tidak tepat, cedera otot, infeksi, hingga tanda dari penyakit yang lebih serius. Nyeri bisa muncul di otot manapun di tubuh, seperti otot punggung, leher, lengan, paha, atau betis. Meski bersifat umum, tetapi nyeri otot tetap harus ditangani agar tidak mengganggu aktivitas harian.

Secara umum, kondisi ini digambarkan dengan rasa kaku, otot, seperti tertarik, kram, rasa berat, serta lemah pada otot. Nyeri otot cenderung muncul selama atau setelah menjalani aktivitas tertentu, contohnya berolahraga, mengangkat barang berat, terjatuh, hingga kebiasaan duduk terlalu lama yang bisa memicu nyeri pada otot leher dan punggung. 

Baca juga: Ini Alasan Virus Corona Bisa Sebabkan Nyeri Otot

Dengan kata lain, nyeri otot sering kali muncul karena disebabkan oleh penggunaan otot secara berlebihan. Selain itu, cedera otot, serta otot yang tegang di satu atau beberapa bagian tubuh juga bisa menyebabkan nyeri. ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan menghilangkan nyeri otot, di antaranya: 

  • Mengistirahatkan otot atau tubuh yang terasa nyeri. 
  • Tidur yang cukup.
  • Hindari stres.
  • Mengompres otot yang terasa nyeri dengan menggunakan kompres hangat atau dingin.
  • Memijat atau melakukan peregangan di area otot yang terasa nyeri. 
  • Hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat, seperti mengangkat beban berat dan memaksakan diri berolahraga.
  • Melakukan yoga atau meditasi untuk membantu merilekskan dan meredakan ketegangan otot-otot yang bermasalah.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri.

Nyeri otot juga bisa disertai gejala lain, seperti bengkak pada area yang nyeri, demam dan menggigil, serta lemas. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika nyeri otot tidak kunjung membaik, dan malah memicu gejala-gejala lain tersebut. Atau kalau ragu, kamu bisa menyampaikan masalah yang dialami pada dokter melalui aplikasi Halodoc

Sampaikan keluhan kesehatan dengan lebih mudah pada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan saran untuk mengatasi nyeri otot dari dokter terpercaya. Segera download Halodoc di App Store dan Google Play!

Baca juga: Nyeri Otot Tak Kunjung Sembuh Dapat Menjadi Gejala 6 Penyakit Ini

Selain dengan langkah perawatan di rumah dan diskusi online dengan dokter, pengidap nyeri otot juga disarankan untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan, bersepeda, dan berenang. Nyatanya, melakukan olahraga ringan dapat membantu memulihkan kekuatan otot. Namun, pastikan untuk tidak memaksakan diri agar nyeri otot tidak menjadi lebih parah.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Muscle Pain.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Is Your Exercise Causing Good or Bad Pain? How to Tell.
Healthline. Diakses pada 2020. What You Need to Know About Muscle Aches and Pains.
Verywell. Diakses pada 2020. An Overview of Myalgia.