• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mencegah Anjing Peliharaan Obesitas

Cara Mencegah Anjing Peliharaan Obesitas

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cara Mencegah Anjing Peliharaan Obesitas

“Sebagai pemilik anjing, tentu senang jika melihat peliharaan memiliki bentuk badan yang gendut. Namun, tahukah kamu jika hal tersebut justru dapat memicu masalah kesehatan? Sama halnya dengan manusia, obesitas pada anjing juga memicu sejumlah gangguan kesehatan, lo. Lantas, bagaimana cara mencegah anjing obesitas?”

Halodoc, Jakarta – Anjing yang gembul memang terlihat sangat menggemaskan. Namun, kondisi tersebut justru membuat anjing yang sejatinya adalah hewan aktif, menjadi malas bergerak. Jika sudah begitu, risiko terkena penyakit berbahaya pun meningkat. Untuk mencegah anjing obesitas, kamu perlu memperhatikan cirinya dan menanganinya dengan langkah tepat sebelum terlambat.

Baca juga: Ini Jenis Penyakit Kulit Menular pada Kucing

Ciri Obesitas pada Anjing

Sebelum mengetahui bagaimana langkah mencegah obesitas pada anjing, kamu disarankan untuk mengetahui cirinya terlebih dulu. Tanda-tanda obesitas pada anjing bisa saja sulit untuk diidentifikasi, tergantung pada ras anjing itu sendiri. Begini cara mengetahui anjing obesitas atau tidak, tentunya dilakukan saat anjing dalam posisi berdiri dengan 4 kakinya:

  • Raba di sepanjang sisi tubuh, dan rasakan tulang rusuknya. Jangan terlalu memberikan tekanan saat meraba. 
  • Anjing yang mengalami obesitas biasanya memiliki lapisan kulit yang lebih tebal, sehingga kamu akan sulit merasakan tulang rusuknya.
  • Jika dilihat dari samping, perut anjing obesitas akan terlihat menggantung.
  • Dilihat dari wajahnya, terlihat banyak kulit berlebihan di sekitar wajah.

Sebagai pemelihara, tentunya kamu ingin memanjakan anjing peliharaan dengan memberikan makanan yang enak. Namun, jika diberikan terlalu sering dalam jumlah berlebihan, alih-alih sehat, anjing justru bisa saja mengalami obesitas. Obesitas menjadi awal masalah serius bagi hewan kesayanganmu. Oleh karena itu, cegah obesitas pada anjing dengan langkah berikut ini.

Baca juga: 4 Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengatasinya

Lakukan Ini untuk Mencegah Anjing Obesitas 

Anjing bisa dikatakan obesitas jika beratnya 15-20 persen melebihi bobot tubuh ideal. Beberapa kondisi yang menentukan bobot tubuh anjing, termasuk ras, usia, jenis kelamin, pola hidup, diet yang dilakukan, atau prosedur sterilisasi. Di samping itu semua, kamu bisa menerapkan beberapa langkah berikut ini untuk mencegah anjing obesitas:

1. Berikan Makanan Sesuai Porsinya

Langkah pertama mencegah anjing obesitas adalah dengan mengetahui berapa banyak makanan yang dibutuhkan per hari. Komposisi pemberian makanan sangat penting diperhatikan, agar nutrisi dalam tubuhnya dapat terjaga dengan baik, sehingga obesitas pun dapat dicegah. 

2. Jangan Memberikan Makanan Sisa

Jika sebelumnya anjing di rumah bertugas untuk menghabiskan makananmu, sebaiknya hentikan sekarang juga. Selain mendorong anjing berperilaku buruk, hal tersebut dapat memicu kenaikan berat badan secara signifikan. Terlebih lagi, ada beberapa bahan makanan manusia yang berbahaya bagi anjing, seperti bawang, cokelat, anggur, dan lain-lain.

3. Mengajaknya Berjalan

Selain kesehatan kucing yang dapat terjaga secara keseluruhan, mengajaknya berjalan-jalan setiap hari dapat membakar kalori dalam tubuh, sehingga risiko obesitas pun dapat dicegah. Mengajaknya berjalan-jalan juga mencegah anjing merasa bosan, bahkan stres.

4. Berikan Treats dengan Kandungan yang Menyehatkan

Sah-sah saja jika kamu memberikan treats diluar makanan utama, tetapi harus dengan kandungan yang menyehatkan, ya. Sebaiknya pilih treats dengan memperhatikan kandungan zat aditif, pewarna, pengawet, serta bahan bakunya. Jika anjing menyukai sayuran, cobalah untuk memberikan wortel mentah atau kacang panjang.

Baca juga: Hati-Hati, 4 Hal Ini Bisa Menyebabkan Diare pada Kucing Peliharaan

Itulah beberapa tips mencegah anjing obesitas. Jika kamu mengalami kendala dalam pelaksanaanya, diskusikan saja dengan dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Jika belum memiliki aplikasinya, segera download di sini, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Animal Trust. Diakses pada 2021. Pet obesity – How to be Treatwise for your pet.

US Magazine – Pet Health. Diakses pada 2021. Pet Obesity: 6 Ways You Can Prevent Your Dog or Cat From Getting Fat.

VCA Hospitals. Diakses pada 2021. Overweight, Obesity, and Pain in Dogs: Prevention and Action Plans.