• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mencegah Depresi yang Dapat Terjadi saat Bekerja

Cara Mencegah Depresi yang Dapat Terjadi saat Bekerja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Mencegah Depresi yang Dapat Terjadi saat Bekerja

“Mencegah depresi saat bekerja sebenarnya mudah dan bisa dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, penting juga untuk mengelola stres dengan baik, dan ambil waktu untuk istirahat dari pekerjaan sejenak.”

Halodoc, Jakarta – Depresi saat bekerja adalah hal yang cukup umum terjadi. Bahkan, Mental Health America melaporkan bahwa depresi menempati posisi tiga masalah teratas di tempat kerja. Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah depresi saat bekerja?

Tentunya, ada. Sama seperti masalah kesehatan fisik, depresi juga dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat, serta manajemen stres yang baik. Lebih lanjut, yuk simak dalam pembahasan berikut ini!

Baca juga: Demi Mental Sehat, Ini Pentingnya Menyadari Gejala Depresi

Tips Mencegah Depresi saat Bekerja

Depresi adalah kondisi kompleks dengan berbagai manifestasi pikiran, perasaan, dan perilaku yang dapat memengaruhi siapa saja. Berbagai faktor pekerjaan dan non-pekerjaan mungkin berperan akan peningkatan risiko depresi di tempat kerja.

Pada beberapa orang, depresi bisa terjadi karena pekerjaan itu sendiri, misal karena stres dan overload. Namun, depresi juga bisa terjadi karena faktor non-pekerjaan, seperti lingkungan atau rekan kerja yang tidak mendukung.

Karena dapat memengaruhi produktivitas, kualitas hidup, dan hubungan dengan orang lain, depresi perlu dicegah. Berikut ini beberapa tips mencegah depresi yang bisa dicoba:

  1. Ambil Waktu untuk Istirahat

Ketika merasa jenuh, stres, dan produktivitas mulai berkurang, cobalah ambil waktu untuk istirahat. Bicarakan dengan atasan dan bila perlu ambillah cuti beberapa hari untuk sekadar merilekskan diri dari berbagai beban pikiran.

  1. Rutin Olahraga

Aktivitas fisik dapat bertindak sebagai antidepresan, karena bisa melepaskan hormon endorfin yang menciptakan rasa bahagia. Jadi, cobalah mulai rutin olahraga dari yang ringan, misalnya jalan santai atau bersepeda tiap pagi atau sore hari. 

Baca juga: Ini Perbedaan tentang Depresi Klinis dan Depresi Situasional

  1. Miliki Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat dapat dapat membantu mencegah depresi dan meningkatkan kesejahteraan mental. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi adalah buah, sayur, teh hijau, minyak zaitun, biji-bijian utuh, dan produk kedelai.

  1. Tidur yang Cukup

Meski beban kerja sedang banyak, selalu upayakan untuk tidur yang cukup setiap harinya. Sebab, kurang tidur dapat memperburuk gejala depresi. Saat kamu kurang tidur di malam hari, cobalah sempatkan tidur siang di jam istirahat kerja, selama 10-15 menit untuk memulihkan tenaga dan pikiran.

  1. Hindari Alkohol

Konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko depresi dan memperburuk gejala. Jadi, jika kamu ingin mencegah depresi, cobalah untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol, ya.

  1. Berbagi Cerita dengan Orang Terdekat

Cobalah jalin dan jaga hubungan dengan setidaknya satu orang terdekat, yang bisa jadi tempat berbagi cerita. Jadi, saat mengalami hal tidak menyenangkan di tempat kerja, atau ingin sekadar mengeluhkan pekerjaan, kamu tidak merasa sendirian. 

Orang terdekat yang dimaksud bisa merupakan pasangan, keluarga, atau sahabat. Jangan ragu juga untuk minta bantuan mereka jika sedang merasa stres, jenuh, atau kewalahan karena pekerjaan. 

Itulah beberapa tips mencegah depresi yang dapat terjadi saat bekerja. Dapat diketahui bahwa langkah pencegahan yang bisa dilakukan juga mencakup penerapan gaya hidup sehat.

Jadi, cobalah untuk mulai rutin menerapkan gaya hidup sehat, dan bila perlu konsumsi vitamin dan suplemen. Kamu bisa download dan gunakan aplikasi Halodoc untuk cek kebutuhan vitamin kamu, tanpa perlu keluar rumah.

Baca juga: Susu Rendah Lemak Turunkan Risiko Depresi

Kabar baiknya, selama 8-12 November 2021, Halodoc mengadakan promo Spesial Hari Kesehatan Nasional, Diskon s/d 60% + kupon s/d Rp11.000 + Gratis Ongkir hanya di Halofest!

Untuk pengguna baru, kamu bisa dapatkan gratis ongkir Instan hingga Rp18.000 dengan gunakan kode “HALOONGKIR”. Promo ini berlaku setiap harinya dengan minimum pembelian Rp100.000. Khusus untuk pengguna baru yang belum pernah melakukan transaksi di Toko Kesehatan di aplikasi Halodoc, ya.

Untuk semua pengguna di Toko Halodeals, ada juga diskon s/d 60%, gratis ongkir Standard (tiba 1-4 hari) Rp12.000 dengan minimal pembelian Rp100.000. Jangan lupa masukkan kode “HALODEALS” saat pembayaran, ya. Diskon ini hanya berlaku untuk pembelian melalui toko Halodeals.

Selain itu, ada juga promo untuk belanja semua produk lain di Toko Kesehatan di aplikasi Halodoc. Berupa potongan langsung Rp11.000, dengan minimal pembelian Rp110.000. Jangan sampai kelewatan, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Mental Health America. Diakses pada 2021. Depression In The Workplace.
Healthline. Diakses pada 2021. Work Depression: How to Take Care of Your Mental Health on the Job.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What To Know About Avoiding Depression.