• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mencegah Makan Berlebihan saat Harus Selalu di Rumah

Cara Mencegah Makan Berlebihan saat Harus Selalu di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Cara Mencegah Makan Berlebihan saat Harus Selalu di Rumah

Halodoc, Jakarta – Lebih banyak menghabiskan waktu di rumah membuat sebagian besar orang cenderung makan lebih banyak. Bila tidak dikontrol, makan berlebihan seperti ini bisa menjadi kebiasaan yang sulit dihentikan. Seiring waktu, makan terlalu banyak dapat menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan risiko berkembangnya kondisi kronis, seperti diabetes atau penyakit jantung.

Kalau kamu salah satu orang yang sedang mengalami hal ini, lakukan tips berikut untuk mencegah makan berlebihan saat harus selalu di rumah:

1. Singkirkan Gangguan

Baik itu bekerja sambil makan siang di depan komputer atau menghabiskan waktu sambil menonton acara TV favorit, makan sambil mengalihkan perhatian adalah hal yang kerap dilakukan banyak orang. Meskipun kebiasaan ini mungkin tampak tidak berbahaya, nyatanya cara seperti ini bisa membuat kamu makan berlebihan. Oleh sebab itu, pastikan kamu fokus melakukan satu aktivitas saja dan hindari makan sambil melakukan aktivitas lain. 

Baca juga: Punya Obsesi Makan Sehat, Waspadai Bahaya Orthorexia Nervosa

2. Ketahui Makanan yang Bisa Jadi Pemicu

Kamu juga harus sadar, makanan apa saja yang dapat memicu kamu makan berlebihan. Misalnya, jika es krim dapat membuat kamu makan berlebihan, sebaiknya jangan menyimpan es terlalu banyak di lemari es. Semakin sulit mengakses sesuatu, semakin kecil kemungkinan kamu makan berlebihan.

3. Hindari Diet Ketat

Pola makan yang membatasi atau menghilangkan sebagian besar makanan yang kamu sukai justru dapat membuat kamu merasa kekurangan yang nantinya berpotensi membuat kamu makan berlebihan. Jika kamu sedang ingin es krim, kamu masih boleh kok memakannya sesekali. Kamu memang harus tetap fokus untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, tetapi kamu boleh kok memakan pizza, burger, atau es krim, asalkan tidak berlebihan. 

4. Jangan Makan Langsung dari Wadahnya

Makan keripik dari dalam kantung, es krim dari karton, atau langsung dibawa dari kotak dapat menyebabkan kamu makan lebih banyak. Kalau kamu sering melakukan ini, sebaiknya mulai hentikan, ya. Kamu bisa mengatur porsinya dengan memindahkan makanan tersebut ke mangkuk atau tempat yang lebih kecil untuk membantu mengontrol jumlah kalori yang kamu konsumsi dalam satu kali makan.

Baca juga: Mukbang, Apakah Tren atau Gejala Binge Eating Disorder?

5. Kelola Stres

Stres dapat menyebabkan makan berlebihan. Jadi, penting untuk menemukan cara mengelola stres dengan baik. Stres kronis meningkatkan kadar kortisol, hormon yang meningkatkan nafsu makan. Penelitian telah menunjukkan bahwa stres dapat menyebabkan makan berlebihan, meningkatkan rasa lapar, dan penambahan berat badan. Kamu bisa mengurangi stres dengan mendengarkan musik, berkebun, berolahraga, atau berlatih yoga, meditasi, atau teknik pernapasan.

6. Makan Secara Perlahan

Makan terlalu cepat dapat menyebabkan makan berlebihan dan lama-kelamaan menyebabkan penambahan berat badan. Ketika kamu makan lebih lambar, rasa kenyang akan menurunkan rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang lebih cepat. Jadi, jangan terburu-buru mengunyah makanan kamu. Kunyah secara perlahan supaya rasa kenyang cepat terasa dan kamu terhindar dari makan berlebihan. 

7. Banyak Minum Air Putih

Minum minuman manis seperti soda dan jus dapat menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan risiko penyakit tertentu seperti diabetes. Melansir dari Healthline, penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman manis dengan makanan dapat dikaitkan dengan makan berlebihan juga. Oleh sebab itu, kamu mungkin perlu mengurangi minuman yang ditambahkan pemanis dan perbanyak air putih untuk membantu mengurangi makan berlebih.

Baca juga: Inilah Perbedaan Makan Berlebihan dan Binge Eating Disorder

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mencegah makan berlebihan ketika harus selalu di rumah. Jika merasa punya kecenderungan makan berlebihan, kamu bisa menghubungi ahli gizi lewat Halodoc untuk mencari tahu cara mengatasinya. Tak perlu ke rumah sakit, lewat aplikasi ini, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 23 Simple Things You Can Do to Stop Overeating.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the best ways to stop overeating?.