• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mencegah Pneumonia di Usia Lanjut

Cara Mencegah Pneumonia di Usia Lanjut

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Seseorang yang sudah berusia lanjut, pertahanan tubuhnya umumnya juga akan menurun. Sehingga, berbagai macam penyakit dapat dengan mudah menyerang tubuh. Salah satu organ tubuh yang terbilang berisiko untuk mengalami penyakit adalah paru-paru. Bagian yang berhubungan dengan pernapasan tersebut dapat mengalami penyakit yang bernama pneumonia.

Gangguan tersebut terjadi ketika paru-paru mengalami gangguan dari faktor luar, seperti bakteri, virus, dan lainnya. Hal tersebut membuat paru-paru seseorang menjadi radang dan menimbulkan gangguan yang berbahaya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mencegah pneumonia pada lansia. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan!

Baca juga: Pneumonia adalah Penyakit Paru Berbahaya, Kenali 10 Gejalanya

Pencegahan Pneumonia pada Lansia

Pneumonia adalah infeksi yang menyerang salah satu atau kedua bagian paru-paru. Penyakit ini dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, serta virus dan menyebabkan peradangan di dalam kantung udara pada paru-paru, atau disebut juga alveoli. Hal ini menyebabkan bagian tersebut terisi oleh cairan, sehingga membuat seseorang kesulitan bernapas dan mengalami demam.

Penyebab umum seseorang mengalami pneumonia adalah bakteri Streptococcus pneumoniae dan juga virus yang juga menyebabkan flu. Pneumonia dapat menular dan tertular dari virus serta bakteri yang masuk ke tubuh. Salah satu rentang usia yang sangat rentan untuk mengalami gangguan ini adalah seseorang yang lanjut usia atau lansia.

Faktor risiko yang membuat lansia lebih rentan untuk terserang pneumonia adalah tubuhnya kesulitan untuk membersihkan sekresi dari paru-paru dan saluran pernapasan yang berguna untuk menahan bakteri atau virus. Selain itu, sistem kekebalan yang lemah juga membuatnya sulit untuk melawan infeksi yang terjadi pada paru-paru.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara yang ampuh untuk mencegah terjadinya pneumonia. Sehingga, gangguan-gangguan hingga komplikasi yang dapat terjadi dapat dihindari. Berikut adalah beberapa cara mencegah pneumonia pada seseorang yang lanjut usia:

  1. Hindari Merokok

Salah satu penyebab seseorang untuk mengidap pneumonia adalah kebiasaan merokok. Dengan menghindari kebiasaan tersebut dapat menjadi cara mencegah pneumonia pada lansia. Merokok dapat merusak kemampuan paru-paru untuk mengatasi infeksi yang menyerang. Maka dari itu, sangat penting untuk berhenti memasukkan asap dari rokok ke tubuh agar paru-paru tetap sehat.

Baca juga: Pneumonia, Sakit Radang Paru-Paru yang Luput dari Perhatian

  1. Mendapatkan Vaksin

Vaksin juga salah satu cara untuk mencegah pneumonia pada lansia atau mengurangi tingkat keparahan dari gangguan tersebut. Cobalah untuk bertanya pada dokter tentang cara mendapatkan vaksin tersebut. Seseorang yang terbiasa berinteraksi dengan orangtua juga harus mendapatkan vaksin agar terhindar dari penyakit tersebut.

Kamu juga dapat bertanya lebih detail tentang pneumonia pada seseorang yang sudah lanjut usia kepada dokter dari Halodoc. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

  1. Selalu Menjaga Kebersihan

Cara lainnya yang dapat membuat lansia menjauhi penyakit pneumonia adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan adalah mencuci tangan secara teratur, menutupi wajah dengan tisu saat batuk atau bersin, dan membersihkan permukaan yang sering disentuh sehari-hari. Dengan begitu, kesehatan lansia pun dapat lebih terjaga.

  1. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, risiko lansia mengidap pneumonia pun menjadi lebih kecil. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut, seperti rutin berolahraga, mengonsumsi makanan yang sehat, cukupi asupan air, dan tidur yang cukup. Pastikan kegiatan tersebut dilakukan secara rutin.

Baca juga: Apa Bedanya Pneumonia dengan Pneumonia Bakterial?

Lakukanlah kebiasaan-kebiasaan baik tersebut supaya selalu sehat. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan untuk selalu memeriksa kesehatan setiap tahunnya agar dapat mencegah penyakit yang dapat berkembang secara dini.

Referensi:
Health in Aging. Diakses pada 2020. Tips On Preventing Pneumonia In Older Adults.
Senior Lifestyle. Diakses pada 2020. Preventing Pneumonia in the Elderly.