• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mencegah Sakit Pinggang pada Lansia

Cara Mencegah Sakit Pinggang pada Lansia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Mencegah Sakit Pinggang pada Lansia

“Sakit pinggang sangat umum terjadi pada lansia dan dapat disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari. Namun, masalah kesehatan ini sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan cara yang tepat.”

Halodoc, Jakarta – Sakit pinggang bisa disebabkan oleh trauma, seperti jatuh atau kecelakaan mobil. Namun, masalah kesehatan ini paling sering terjadi karena aktivitas sehari-hari yang dilakukan secara tidak benar, misalnya memutar tubuh untuk meraih atau mengangkat benda, duduk di depan komputer dalam posisi yang sama selama berjam-jam, dan membawa beban berat. 

Kabar baiknya, mencegah sakit pinggang ternyata tidak terlalu sulit. Sering kali, kamu hanya membutuhkan beberapa penyesuaian yang nantinya bisa segera menjadi kebiasaan. Lalu, bagaimana cara mencegah sakit pinggang ini? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Olahraga
olahraga

Aktivitas paling mudah yang bisa membantu mencegah lansia mengalami sakit pinggang adalah berolahraga. Mengapa olahraga mencegah sakit punggung? Kamu perlu tahu bahwa otot dimaksudkan untuk bergerak, termasuk melakukan gerakan sederhana, seperti mengangkat dan menggendong sang buah hati. 

Tidak hanya itu, olahraga juga membantu menjaga cairan dalam sendi dan membantu menurunkan berat badan. Kelebihan berat badan, terutama di sekitar perut, dapat menambah beban pada punggung dan pinggang.

Baca juga: Jenis Jenis Obat Sakit Pinggang yang Perlu Diketahui

  • Mengonsumsi Makanan Sehat
makanan sehat

Jika kamu mempertahankan kebiasaan makan yang baik, kamu tidak hanya akan mempertahankan berat badan yang sehat, tetapi juga tidak akan memberikan tekanan yang tidak perlu pada tubuh. Konsumsi makanan berlemak atau menu cepat saji yang berlebihan dapat membebani sistem saraf yang akhirnya malah memberikan masalah baru pada  pinggang. 

Sebaliknya, diet sehat buah-buahan dan sayuran segar, daging tanpa lemak, produk susu, dan biji-bijian akan menjaga saluran pencernaan tetap pada fungsinya yang optimal. Jika usus bekerja dan berfungsi dengan baik, itu akan menjaga kesehatan tulang belakang karena bagian dalam dan luar berhubungan satu sama lain. Pasalnya, beberapa kondisi menunjukkan bahwa keluhan nyeri punggung bagian bawah juga disertai dengan iritasi usus.

  • Mengurangi Stres
mengurangi stres

Banyak orang tidak menyadari bahwa stres dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk bagian punggung dan pinggang. Stres akan menyebabkan otot menjadi tegang yang berujung pada sakit pinggang. 

Aktivitas apa pun yang membantu mengurangi stres akan turut membantu mencegah sakit pinggang. Kegiatan pengurangan stres ini dapat mencakup yoga, meditasi, melakukan hobi, berlatih pernapasan dalam, tai chi, dan kegiatan meditasi lainnya.

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Sering Disepelekan

  • Cukup Asupan Cairan
minum air putih

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Ini artinya, memenuhi kebutuhan hariannya menjadi hal yang wajib dilakukan. Konsumsi minimal delapan gelas air mineral setiap hari atau bisa disesuaikan jumlahnya dengan berat badan. Semakin besar berat badan, kebutuhan cairan tentu akan semakin meningkat.

  • Tidak Merokok
tidak merokok

Sudah diketahui bahwa merokok akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker, termasuk kanker paru-paru dan usus besar. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa merokok juga dapat menjadi penyebab sakit pinggang yang terus-menerus.  

Selain itu, merokok juga dapat memperburuk sakit pada pinggang yang sudah ada. Sayangnya, belum sepenuhnya jelas bagaimana merokok memengaruhi kesehatan punggung dan pinggang, tetapi ada dugaan bahwa rokok akan mempersempit pembuluh darah.  

Pembuluh darah yang menyempit akan mengakibatkan lebih sedikit oksigen dan nutrisi yang mencapai tulang belakang. Hal ini berdampak pada tubuh yang menjadi lebih rentan terhadap cedera dan lebih lambat untuk sembuh.

Baca juga: Sakit Pinggang Sebelah Kiri Tanda Masalah Ginjal, Benarkah?

Sebaiknya tanyakan pula pada dokter ahli tulang tentang bagaimana mencegah terjadinya sakit pinggang. Kamu bisa bertanya jawab setiap saat dengan dokter ahli menggunakan aplikasi Halodoc. Cukup download aplikasinya di ponselmu, kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih banyak lagi. 

Referensi:

Everyday Health. Diakses pada 2021. 6 Tips to Prevent Back Pain.