• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menciptakan Lingkungan yang Nyaman untuk Kucing Senior

Cara Menciptakan Lingkungan yang Nyaman untuk Kucing Senior

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cara Menciptakan Lingkungan yang Nyaman untuk Kucing Senior

“Kucing senior perlu mendapatkan perhatian khusus karena usianya yang terbilang sudah tidak muda lagi. Kemampuan fisiknya yang menurun membuat pemiliknya perlu menciptakan lingkungan yang nyaman untuknya. Maka dari itu, penyesuaian barang-barang di rumah perlu dilakukan.”

Halodoc, Jakarta – Semua makhluk hidup pasti terus bertambah usia, termasuk juga kucing. Jika kamu memiliki kucing yang sudah terbilang tua atau bisa disebut senior, tentu membutuhkan penyesuaian lingkungan agar dirinya tetap nyaman. Namun, tidak semua pemilik kucing paham dengan keadaan ini dan cara untuk melakukannya. Nah, jika kamu ingin tahu lebih jelas, baca ulasan berikut ini!

Beberapa Cara yang Perlu Dilakukan Agar Kucing Senior Tetap Nyaman

Usia kucing terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu sudah dewasa saat usianya mencapai 7 tahun. Setelah itu, bisa dikatakan masuk ke kategori senior jika usianya telah memasuki 11–14 tahun. Saat telah memasuki usia dewasa atau bahkan senior, kesehatannya harus dipantau dengan rutin sehingga kondisi apapun dapat ditangani sesegera mungkin.

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Selain itu, kamu juga perlu melakukan beberapa penyesuaian agar kucing senior tetap nyaman untuk tinggal di rumah. Kucing yang telah menua memang sering dihadapkan dengan berbagai macam perubahan terkait usia dan kebiasaan dasar untuk tetap sehat. Hal ini sangat penting agar hewan tersebut umurnya dapat terus bertambah.

Nah, beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait lingkungan jika kamu memiliki kucing senior, antara lain:

1. Pastikan Tetap di Dalam Rumah

Salah satu kebiasaan yang penting untuk dilakukan para pemilik kucing senior adalah dengan memastikan ia tidak keluar dari rumah tanpa pengawasan. Kucing yang dipelihara di dalam ruangan dapat hidup lebih lama dan lebih sehat, dibandingkan yang di luar ruangan. Selain itu, kucing yang sudah tua memiliki refleks yang lebih lambat.

Di sisi lain, pendengaran dan penglihatannya tidak seperti dulu, sehingga berisiko untuk mengalami masalah, seperti tertabrak mobil. Maka dari itu, jika kamu memiliki “pintu kucing”, ada baiknya untuk mengganti daun pintu atau menutupnya secara permanen. Meski begitu, pastikan juga kamu memiliki bagian rumah yang dapat digunakan untuk kucing berjemur.

Baca juga: Tips Melatih Kucing Peliharaan agar Dapat Bersosialisasi

2. Jangan Pindahkan Perabotan

Kamu juga harus memastikan untuk tidak memindahkan perabotan untuk penyesuaian lingkungan bagi kucing senior. Tata letak terbuka dengan jalur yang jelas adalah pilihan yang paling baik. Namun, jangan merasa harus mengatur atau memindahkan perabotan. Kucing telah menghafal tata letak rumah sehingga jika suatu saat matanya bermasalah, ia masih ada gambaran tentang seluk-beluk tempat tinggalnya.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait cara menjaga kesehatan kucing senior, dokter hewan dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Caranya, download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan berinteraksi dengan ahli medis di mana saja dan kapan saja. Unduh aplikasinya sekarang juga!

3. Gunakan Lampu Malam

Penglihatan kucing senior yang terus menurun sejalan dengan pertambahan usia dapat membuat pola tidurnya berubah. Selain itu, penyakit tertentu juga dapat membuatnya lebih terjaga di malam hari. Maka dari itu, cobalah untuk memasang lampu malam di area yang sering dilaluinya agar dapat melihat dengan jelas barang yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Kucing Mogok Makan?

Selain lingkungan, kucing senior benar-benar harus diperhatikan kebutuhan nutrisinya agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu masalah yang kerap terjadi pada kucing yang lebih tua adalah obesitas. 

Jika terus dibiarkan, peningkatan risiko terhadap diabetes, masalah hati, hingga nyeri sendi mungkin saja terjadi. Maka dari itu, cobalah untuk memberi makan dengan pola diet seimbang dengan jumlah yang sudah ditentukan.

Referensi:
HGTV. Diakses pada 2021. How to Modify Your Home for Senior Cats.
Pet Health Network. Diakses pada 2021. Caring for a Senior Cat: 7 Healthy Habits.