• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengajarkan Anak untuk Mencintai Lingkungan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengajarkan Anak untuk Mencintai Lingkungan

Cara Mengajarkan Anak untuk Mencintai Lingkungan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Mei 2022

“Dengan permainan dan teknologi yang serba canggih di sekitar anak, menumbuhkan rasa cinta lingkungan tetap menjadi hal yang penting. Orangtua bisa mulai mengajari anak mencintai lingkungan dengan mengajak anak untuk bermain di alam hingga menjelajahi lingkungan.”

Cara Mengajarkan Anak untuk Mencintai Lingkungan

Halodoc, Jakarta – Mengajarkan anak untuk mencintai lingkungan merupakan pola asuh anak yang cukup menantang. Meskipun begitu, anak-anak perlu tahu tentang lingkungan karena mereka adalah generasi penerus yang akan merawat bumi ini. Hal paling sederhana yang perlu diajarkan misalnya membuang sampah pada tempatnya hingga merawat tanaman. 

Orangtua bisa mulai mengajari anak mencintai lingkungan dengan mengajak mereka berjalan-jalan di taman. Tunjukan kepada mereka elemen-elemen alam seperti pohon, tumbuhan, atau hewan. Jelaskan juga pentingnya makhluk hidup dalam lingkungan, serta buat mereka mengerti mengapa perlu menjaga lingkungan.

Mengajarkan Anak untuk Mencintai Lingkungan

Ingat, masa kanak-kanak adalah waktu emas untuk membentuk masa depan anak. Dengan permainan dan teknologi yang serba canggih di sekitar anak, menumbuhkan rasa cinta lingkungan menjadi semakin penting. Hal tersebut untuk mengajarkan tanggung jawab terhadap lingkungan. 

Berikut ini cara mengajarkan anak untuk mencintai lingkungan yang bisa dimulai dari sekarang:

  1. Ajak Anak Bermain di Alam

Bermain di luar rumah atau di alam adalah bentuk rekreasi yang murah. Selain itu, kegiatan ini baik untuk orang dewasa dan anak anak. Bermain di alam dapat mengurangi stres, meningkatkan pencernaan, dan membuat tubuh jadi rileks. 

Selain itu, anak juga bisa jadi lebih dekat dan mengenal alam lebih baik lagi. Saat anak mulai dekat dengan alam, ia akan semakin mengenalnya dan pada saat itu juga rasa cinta pada lingkungan bisa mulai tumbuh.

  1. Jelajahi Lingkungan

Jika orangtua tinggal dekat dengan alam (misalnya pegunungan, hutan, atau pantai), maka tidak ada salahnya untuk menjelajahinya bersama anak. Walaupun tidak selalu dekat dengan alam, orangtua bisa mengatur waktu untuk bertamasya di lingkungan alam.

Misalnya menghabiskan waktu bersama anak-anak di pantai. Selain itu, coba ajak anak untuk membicarakan tentang sampah dan jelaskan pada mereka jika semua sampah berakhir di laut. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat anak tertarik untuk menerapkan ide-ide berkelanjutan di rumah nantinya, seperti misalnya melakukan daur ulang, pengomposan, dan konservasi air.

  1. Ajarkan tentang Menghargai Lingkungan

Landasan mengajarkan anak untuk mencintai lingkungan adalah belajar menghargai lingkungan. Cara mudah untuk memicu minat anak pada topik ini bisa dimulai dengan interaksi hewan. Anak-anak akan terpesona oleh makhluk hidup lain dan harus belajar memperlakukan mereka dengan hormat sejak dini.

Dorong juga anak untuk selalu ingin tahu tentang serangga, hewan, dan tumbuhan, tanpa mengganggunya. Sehingga Si Kecil dapat belajar bahwa semua makhluk hidup memiliki rumah alami di mana mereka berada.

  1. Kembangkan Kebiasaan Lingkungan yang Baik

Saat anak mulai belajar tentang dampak yang dapat mereka timbulkan terhadap lingkungan, orangtua dapat mengajari berbagai tindakan kecil pada anak. Seperti misalnya mengajarkan tindakan yang memiliki dampak lingkungan yang signifikan, yaitu: 

  • Jelaskan kepada anak mengapa sebaiknya mematikan keran saat tidak dipakai.
  • Menjelaskan mengapa mereka harus mematikan lampu saat meninggalkan ruangan.
  • Melibatkan anak dalam kegiatan daur ulang rumah tangga dan ajari mereka tentang berbagai tempat sampah yang digunakan.

Mengubah tugas kecil menjadi tindakan positif akan mendorong kesadaran seumur hidup akan konsekuensi dari pilihan mereka. 

  1. Ajarkan dengan Contoh

Jika ayah dan ibu ingin anak-anak mencintai lingkungan, maka berikan juga mereka contoh. Jangan berharap mereka mau membuang sampah pada tempatnya, jika ayah dan ibu selalu meninggalkan sampah sembarangan. 

Orangtua tidak harus menjadi ahli dalam mengajarkan anak sadar lingkungan. Namun setidaknya lakukan tindakan yang positif tentang menghargai dan mencintai lingkungan dalam kehidupan sehari-hari sejak dini. Dengan begitu anak pun akan melihat dan ikut melakukan contoh yang baik.

Itulah beberapa cara mengajarkan anak untuk mencintai lingkungan. Perlu diingat, bahwa anak-anak memegang peranan penting di masa depan. Mengajarkan mereka untuk mencintai lingkungan dan menjaganya akan memastikan bahwa mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang dapat membuat perubahan positif di seluruh dunia. Semakin awal mengajar anak tentang kesadaran lingkungan akan semakin baik.

Ayah dan ibu juga bisa bertanya pada psikolog anak di aplikasi Halodoc mengenai pola asuh anak yang tepat untuk kebaikan masa depan Si Kecil. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Philly Voice. Diakses pada 2022. Raising green babies: Teaching our children to love and respect the environment
The New Age Parents. Diakses pada 2022. 5 Great Ideas To Teach Your Child To Love The Environment
Environment for Social Impact. Diakses pada 2022. How to Raise Children to Love the Environment and our planet?
Keiky Early Learning. Diakses pada 2022. Teaching Children About The Environment