• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengajarkan Anjing Kampung agar Lebih Menurut

Cara Mengajarkan Anjing Kampung agar Lebih Menurut

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cara Mengajarkan Anjing Kampung agar Lebih Menurut

Halodoc, Jakarta – Anjing kampung atau dalam bahasa Inggris adalah village dog adalah anjing yang ras nya tak diakui secara resmi. Anjing kampung  adalah hasil dari pencampuran berbagai jenis anjing yang berbeda jenis rasnya. Nah, anjing kampung mudah ditemukan di jalan atau tempat-tempat tertentu. 

Penampilan, sifat, perilaku, ukuran dan masalah kesehatan anjing kampung sulit diprediksi. Anjing kampung mungkin memiliki temperamen yang ringan atau terkadang bisa menunjukkan sifat agresi. Pada beberapa kesempatan, mereka memiliki naluri berburu atau menggembala yang besar. 

Anjing kampung terbilang pandai berenang dan mengambil sesuatu barang (yang mungkin kamu lempar). Anjing ini sulit diprediksi, terkadang dirinya bisa sangat energi atau sangat malas. Pertanyaannya, bagaimana cara mengajarkan anjing kampung agar lebih menurut?

Baca juga: Waspada Masalah Pencernaan pada Anjing di Musim Hujan

Melatih Anjing Kampung Lebih Menurut

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar anjing kampung menjadi penurut, di antaranya: 

1. Melatih sejak Dini

Cara mengajarkan anjing kampung agar menjadi anjing penurut sebaiknya diawali dengan melatih dirinya sejak dini. Melatih dari usia yang dini membuat anjing ini lebih mudah “dikendalikan”. Pasalnya, perilaku dan sifat mereka sulit untuk diprediksi.

Namun, ketika kamu sudah mengenal dan melatih dirinya sejak dini, maka akan tercipta hubungan “spesial” antara anjing kampung dan dirimu. Seiring bergulirnya waktu, anjing peliharaanmu dan kamu akan memiliki hubungan yang kuat. 

Anjing kampung atau village dog cenderung pintar dan cerdas, jadi latihannya tidak akan sulit. Oleh sebab itu, latih mereka dari usia kecil dan bangun sifat dan perilaku positif yang konsisten pada mereka. 

2. Berikan Hadiah

Gunakan metode pelatihan yang positif, yaitu memberikan hadiah sebagai sumber motivasi. Sama seperti anjing-anjing ras lainnya, anjing kampung akan lebih termotivasi bila diberikan rewards atau hadiah. 

Contohnya, bila kamu sedang melatih dirinya duduk, berikan mereka hadiah bila sukses melakukan instruksi yang diberikan. Kamu bisa memberikan reward berupa camilan, pujian, atau elusan kasih sayang. 

3. Buat Latihan yang Menyenangkan

Latihan yang membosankan tentu akan membuat anjing kamu malas melakukannya. Singat kata, buatlah latihan jadi lebih menyenangkan. Misalnya, menerapkan beberapa game atau permainan ke dalam sesi latihan. Ingat, anjing akan lebih mudah belajar ketika mereka merasa senang. 

Baca juga: Ketahui Waktu Terbaik Anjing Jantan Disterilisasi

4. Harus Konsisten

Cara melatih anjing kampung agar lebih penurut tentunya harus melatihg dirinya secaa konsisten. Konsisten adalah kunci agar latihan tersebut berjalan dengan efektif dan sukses.

Singkat cerita, melatih anjing kampung untuk dapat memberikan salam, duduk, menangkap bola, atau menggunakan toilet, tidak hanya cukup dilakukan sebanyak satu atau dua kali saja.

Meski dirinya sudah dapat melakukan instruksi yang kamu berikan, tetaplah latih dirinya secara konsisten. Tujuannya agar latihan tersebut membuahkan hasil yang maksimal, dan sesuai dengan harapanmu.

5. Terapkan Penguatan Positif

Pada dasarnya, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melatih anjing kesayanganmu. Namun, sebagian besar pelatih profesional setuju bahwa membangun penguatan yang positif (positive reinforcement) merupakan cara terbaik baik untuk anjing maupun pemiliknya. 

Menggunakan cara positive reinforcement berarti kamu menghargai setiap perilaku yang kamu sukai, dan tidak memberikan apresiasi terhadap semua perilaku yang tidak sesuai. 

Contohnya, kamu bisa memberikan pujian, hadiah, atau mengajaknya berjalan-jalan bila anjing tersebut sukses menyelesaikan sesi latihan, atau menunjukkan perilaku yang kamu harapkan. 

6. Beri Perhatian Lebih

Anjing kampung terbilang liar dan cenderung bebas. Boleh dibilang, mereka tidak mendapatkan perhatian yang baik ketimbang anjing ras-ras lainnya. Nah, hal ini yang membuat anjing kampung terkadang sulit dikendalikan, karena mereka sudah terbiasa sesukanya. 

Baca juga: Begini Cara Mencegah Flu pada Anak Anjing Peliharaan

Oleh sebab itu, berilah perhatian yang lebih untuk menyentuh hatinya, sehingga kamu lebih dekat dan dapat menaklukkan dirinya. Misalnya, cobalah luangkan waktu untuk bermain dengan dirinya, mengajaknya berjalan-jalan, atau berikan mereka makanan berkualitas secara teratur. 

Nah, mau tahu lebih jauh cara melatih anjing kampung agar lebih menurut? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
Doglime.com. Diakses pada 2021. Mongrel Dog Breed Information
Wagging Mongrel. Diakses pada 2021. How to Train Your Dog to Stay
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. How to Train Your Dog.