• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Asam Urat dengan Bahan Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Asam Urat dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Asam Urat dengan Bahan Alami

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 26 September 2022

“Beberapa bahan baku alami atau bahan baku herbal dapat mengelola kadar asam urat dalam tubuh. Contohnya seperti kunyit, jahe, lemon, biji seledri, dan daun salam.”

Cara Mengatasi Asam Urat dengan Bahan AlamiCara Mengatasi Asam Urat dengan Bahan Alami

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam urat adalah bentuk radang sendi yang terjadi ketika kadar asam urat tinggi dalam darah. Kadar asam urat yang tinggi menyebabkan terbentuknya kristal dan menumpuk di dalam dan sekitar sendi. Kondisi ini terasa menyakitkan dan menyulitkan pengidapnya untuk beraktivitas dengan nyaman. 

Pola makan yang tepat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Sebab, asam urat diproduksi ketika tubuh memecah zat kimia yang disebut purin. Sementar itu, purin terjadi secara alami di tubuh, dan ditemukan dalam makanan tertentu. Dengan begitu, pengidap asam urat perlu membatasi atau menghindari sumber makanan yang tinggi purin.

Selain pola makan yang tepat, pengidap asam urat juga dapat mengelola kadar asam uratnya dengan bahan baku alami atau bahan baku herbal. Lantas, apa saja obat asam urat yang terbuat dari bahan baku alami?

Baca juga: Mengidap Asam Urat, Hindari 7 Hal Ini

Bahan Baku Alami untuk Atasi Penyakit Asam Urat

Nah, berikut ini bahan-bahan alami yang baik dikonsumsi oleh pengidap penyakit asam urat:

  1. Jahe

Jahe adalah bahan baku herbal yang sering dijadikan sebagai ramuan untuk mengatasi peradangan. Sebuah studi menemukan bahwa jahe dapat mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan penyakit asam urat. 

Untuk memanfaatkannya, rebus air dengan satu sendok makan jahe parut segar. Kemudian rendam kain lap dengan campuran tersebut. Saat dingin, kompreskan kain lap ke area yang terasa sakit, setidaknya sekali sehari selama 15 hingga 30 menit. Cara ini dapat meredakan nyeri akibat asam urat.

  1. Biji seledri

Seledri merupakan sayuran yang dapat kamu gunakan untuk mengobati penyakit asam urat secara alami. Di dalam seledri dan bijinya terkandung glikosida yang bermanfaat untuk mengatasi asam urat dan gangguan persendian lainnya. 

Untuk memanfaatkannya, rebus 3 gelas biji seledri dengan 3 gelas air. Kemudian, masak hingga air berkurang setengahnya. Lalu, saring dan minum air rebusan tersebut dua hingga tiga kali sehari. 

  1. Air lemon

Sebuah studi menemukan bahwa minum dua liter air dengan menambahkan buah lemon ke dalamnya, dapat mengurangi kadar asam urat jika diminum setiap hari. Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon dapat membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan kadarnya. Selain itu, vitamin C dalam lemon dapat bertindak sebagai antiinflamasi atau antiperadangan.

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan obat herbal yang dapat menyembuhkan banyak kondisi, salah satunya meredakan nyeri akibat penyakit asam urat. Bawang putih bekerja dengan menghilangkan kelebihan kadar asam urat di dalam tubuh.

Untuk memanfaatkannya, telan satu buah bawang putih. Jika terasa sulit menelan secara utuh, kamu bisa mencincang halus lalu menelanya. Cara pengobatan ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asam urat.

Baca juga: Kata Dokter: 5 Jenis Obat untuk Penyakit Asam Urat

  1. Kunyit

Kunyit telah lama diyakini sebagai obat herbal yang cukup potensial. Manfaat yang paling dikenal yaitu kemampuannya dalam meredakan peradangan kronis. Tanaman herbal ini bekerja dengan  mengurangi aktivitas oksidase xanthine (enzim yang menghasilkan asam urat).

Untuk memanfaatkannya, kamu dapat mencampur kunyit dengan susu kemudian meminumnya. Meminum kunyit secara teratur juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh. 

  1. Daun Salam

Selain dikenal sebagai bumbu dapur, ternyata daun salam juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit asam urat. Daun salam diketahui mengandung senyawa flavonoid, tanin, dan atsiri alkaloid. Senyawa-senyawa tersebut mampu meredakan nyeri akibat peradangan asam urat. 

Untuk memanfaatkan daun salam, cuci bersih dan rebus 5 hingga 10 lembar daun salam berwarna hijau tua dengan 3 gelas air. Kemudian rebus hingga air berkurang sepertiganya, dan minumlah secara rutin.

  1. Teh Jelatang

Teh jelatang juga sering digunakan sebagai obat herbal, salah satunya untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat penyakit asam urat. Konsumsi teh jelatang juga baik untuk kesehatan ginjal. Untuk memanfaatkannya, seduh 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering dengan air mendidih. Kemudian minumlah 3 cangkir per hari. 

Itulah bahan baku alami atau bahan baku herbal yang dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi penyakit asam urat. Ternyata tak sedikit tanaman alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit asam urat. Menariknya lagi, bahan-bahan alami tersebut mudah dibuat dan minim efek samping.

Jika kamu membutuhkan tanaman, sayuran, dan buah-buahan untuk mengobati penyakit asam urat, atau untuk kebutuhan sehari-hari, kamu  bisa mendapatkannya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!

Hal yang perlu diingat, bila penyakit asam urat tak kunjung membaik dengan pengobatan herbal, segeralah temui dokter. Tujuannya untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat. Kamu bisa kok bertanya pada dokter melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Gout Diet: Foods to Eat and Those to Avoid
NIH. Diakses pada 2022. The Role of Diet in Hyperuricemia and Gout
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Gout diet: What’s allowed, what’s not
Science Direct. Diakses pada 2022. Nutritional recommendations for gout: An update from clinical epidemiology
Researchgate. Diakses pada 2022. Diet in hyperuricemia and gout – Myths and facts
Medical News Today. Diakses pada 2022. 10 home remedies for gout
Healthline. Diakses pada 2022. Natural Home Remedies for Gout
Very Well Health. Diakses pada 2022. Using Natural Remedies for Gout