• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Gangguan Psikologis pada Lansia

Cara Mengatasi Gangguan Psikologis pada Lansia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Mengatasi Gangguan Psikologis pada Lansia

Gangguan psikologis pada lansia bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari perasaan kesepian, penuaan, hingga riwayat penyakit yang dialami. Kondisi ini tidak boleh disepelekan dan harus ditangani dengan cepat. Mengatasi gangguan psikologis pada lansia bisa dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan rutin, konsumsi makanan sehat, dan aktif bergerak.

Halodoc, Jakarta – Gangguan psikologis pada lansia rentan terjadi. Bukan tanpa alasan, kondisi ini bisa terjadi karena proses penuaan maupun akibat berkurangnya aktivitas fisik seiring pertambahan usia. Selain itu, lansia juga cenderung mulai mengalami berbagai jenis penyakit. Hal itu kemudian bisa memicu terjadinya masalah kesehatan mental. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi gangguan psikologis pada lansia? Sebenarnya hal ini susah-susah gampang untuk dilakukan. Namun, bukan berarti gangguan psikologis boleh ditangani secara asal-asalan. Pertama-tama, sangat penting untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab gangguan bisa muncul, misalnya karena pengalaman hidup yang berat, penurunan kemampuan kognitif, hingga status sosial dan ekonomi. 

Baca juga: 5 Tanda Kondisi Psikologis Sedang Terganggu

Mengatasi Gangguan Psikologis pada Lansia 

Sebelum mengetahui cara mengatasi gangguan psikologis pada lansia, sebaiknya cari tahu dulu apa penyebabnya. Nyatanya, ada banyak faktor yang bisa memicu kondisi ini, seperti depresi, demensia, merasa kesepian, gangguan kecemasan, serta perasaan tidak diinginkan. Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa mencari tahu cara-cara untuk mengatasinya. 

Hal utama yang perlu dilakukan adalah mengatasi atau menjauhkan lansia dari hal-hal yang bisa menjadi pemicu gangguan psikologis tersebut. Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya: 

  1. Konsultasi Kesehatan 

Beberapa jenis gangguan psikologis pada lansia mungkin harus mendapatkan penanganan medis. Cobalah untuk membawanya ke psikolog atau psikiater untuk menemukan cara pengobatan yang paling tepat dan menghindari risiko komplikasi. 

  1. Konsumsi Makanan Sehat 

Menjaga kesehatan tubuh lansia secara keseluruhan bisa menjadi cara menjaga kondisi mentalnya. Salah satunya dengan memberikan makanan sehat dan bergizi seimbang.

Baca juga: Serba-Serbi Reaksi Psikologis dalam Situasi Negatif

  1. Lingkungan yang Positif 

Melibatkan lansia dalam kegiatan yang menyenangkan atau setidaknya berada di lingkungan yang positif bisa membantu menghindari masalah psikologis. Dalam hal ini, sangat dibutuhkan peran keluarga, orang terdekat, teman, serta tenaga medis. 

  1. Aktivitas Fisik 

Melakukan aktivitas fisik bisa menjadi salah satu cara mengatasi gangguan psikologis pada lansia. Kamu bisa mengajak lansia berolahraga ringan atau sekadar melakukan hobi dan hal-hal yang menyenangkan. 

  1. Ikut Komunitas 

Mengikutsertakan lansia dalam komunitas atau perkumpulan khusus juga bisa membantu menjaga kesehatan mentalnya. Hal ini bisa membuatnya lebih aktif dan meminimalisir stres. 

Baca juga: Ini Alasan Usia Lanjut Psikologi Justru seperti Anak-Anak

Jika butuh saran dari psikolog atau psikiater, hubungi pakai aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi psikolog atau psikiater melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

WHO. Diakses pada 2021. Mental health of older adults. 

MedlinePlus. Diakses pada 2021. Depression in older adults.