• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Hidung Mampet Tanpa Obat Bisa Dicoba di Rumah

Cara Mengatasi Hidung Mampet Tanpa Obat Bisa Dicoba di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Mengatasi Hidung Mampet Tanpa Obat Bisa Dicoba di Rumah

Cara mengatasi hidung mampet tidak selalu dengan obat-obatan. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi kondisi yang mengganggu tersebut. Mulai dari mandi air hangat sampai mencuci hidung.

Halodoc, Jakarta – Hidung mampet bisa membuat siapa saja yang mengalaminya menjadi tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Banyak orang mengira kondisi tersebut terjadi karena ada terlalu banyak lendir di saluran hidung.

Namun, hidung tersumbat biasanya merupakan akibat dari pembuluh darah yang meradang di sinus. Pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus, semuanya bisa menyebabkan peradangan pada pembuluh darah tersebut. Apapun penyebab hidung mampet yang kamu alami, kondisi tersebut tidak selalu memerlukan obat-obatan untuk meredakannya. Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu coba di rumah untuk mengatasi hidung mampet, sehingga kamu bisa kembali bernapas dengan lega. Berikut ulasannya.

Baca juga: Hidung Terasa Tersumbat Terus-Menerus? Ini 10 Gejala Polip Hidung

Cara Mengatasi Hidung Mampet Tanpa Obat

Bila hidung mampet, coba cara mengatasi hidung mampet tanpa obat berikut di rumah:

  1. Gunakan Pelembap Udara

Memasang alat pelembab udara atau humidifier di ruangan bisa menjadi cara cepat dan mudah untuk mengatasi hidung mampet. Mesin ini mengubah air menjadi uap yang perlahan mengisi udara dan meningkatkan kelembapan di dalam ruangan.

Nah, menghirup udara yang lembap ini bisa menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah yang membengkak di hidung dan sinus kamu. Beberapa orang mengaku bahwa menghirup udara yang dipanaskan atau lembap juga bisa membantu lendir yang tersumbat untuk mengalir dengan baik. 

Jadi, bila kamu sedang mengalami hidung mampet, cobalah untuk memasang pelembap udara di kamar di rumah atau ruangan di kantor kamu.

  1. Mandi Air Hangat

Selain menggunakan humidifier, mandi dengan air panas juga bisa menghasilkan uap yang bisa membantu mengencerkan lendir di hidung dan meredakan peradangan. Dengan begitu, kamu bisa bernapas dengan baik kembali, setidaknya untuk sementara waktu.

Menghirup uap dari air panas di wastafel juga bisa menjadi cara mengatasi hidung mampet. Nyalakanlah air panas di wastafel yang sumbatannya sudah ditutup. Setelah suhunya tepat, letakkan handuk di atas kepala kamu dan arahkan wajah di atas wastafel. Biarkan uap menumpuk dan tarik napas dalam-dalam. Namun, saat melakukan cara ini, berhati-hatilah agar wajah tidak terbakar oleh air atau uap panas.

  1. Jaga Agar Tubuh Tetap Terhidrasi

Kamu perlu minum banyak air putih bila hidung mampet kamu disebabkan oleh pilek atau flu. Menjaga tubuh tetap terhidrasi bisa membantu mengencerkan lendir di saluran hidung kamu, sehingga cairan tersebut bisa keluar dari hidung dan tekanan di sinus kamu berkurang. Hal itu akan membuat peradangan dan iritasi mereda.

Bila kamu juga mengalami sakit tenggorokan, cairan hangat seperti teh juga bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan kamu.

Baca juga: Mitos atau Fakta Minum Jahe Dapat Melegakan Hidung Tersumbat

  1. Cuci Hidung

Cara mengatasi hidung mampet tanpa obat lainnya yang bisa kamu coba di rumah adalah dengan mencuci bagian dalam hidung dengan alat irigasi hidung atau neti pot. Cara ini bisa mengencerkan dan membersihkan lendir dan langsung meredakan hidung mampet kamu. Neti pot adalah alat yang seperti teko mini. Kamu bisa mendapatkan alat tersebut di toko obat terdekat.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kebiasaan Cuci Hidung Bisa Cegah Sinusitis

  1. Gunakan Kompres Hangat

Kompres hangat juga bisa membantu meringankan beberapa gejala hidung mampet dengan membantu membuka saluran hidung dari luar. Letakkan kompres hangat di atas hidung dan dahi kamu. Cara ini bisa memberikan kenyamanan dari rasa sakit dan membantu meredakan peradangan di lubang hidung.

Itulah beberapa cara mengatasi hidung mampet yang bisa kamu coba di rumah. Bila hidung mampet kamu tidak kunjung sembuh, atau malah semakin parah, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter bisa memberikan saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Clear a Stuffy Nose.
WebMD. Diakses pada 2021. 5 Ways to Get Rid of a Stuffy Nose