• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Jerawat Batu di Punggung

Cara Mengatasi Jerawat Batu di Punggung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Mengatasi Jerawat Batu di Punggung

“Jerawat dapat muncul di mana saja, tidak terkecuali di bagian punggung. Gangguan kesehatan kulit yang satu ini terjadi saat folikel rambut tersumbat sel kulit mati atau minyak. Jangan bingung, begini tips mengatasi jerawat di punggung.”

Halodoc, Jakarta – Jerawat menjadi salah satu masalah kesehatan kulit yang muncul akibat folikel atau pori-pori tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak. Sumbatan tersebut memicu munculnya bakteri dan berkembang biak di area tersebut. Akibatnya, muncullah peradangan dan pembengkakan atau yang disebut juga dengan jerawat.

Jerawat punggung memiliki bentuk fisik yang berbeda dengan di wajah. Perbedaan terletak pada bentuk yang lebih besar, karena pori-pori di area punggung yang lebih besar ketimbang wajah. Jika sudah terjadi, bagaimana langkah mengatasi jerawat di punggung? Berikut ini beberapa langkah tersebut:

Baca juga: Rangkaian Perawatan Wajah untuk Mencegah Jerawat

1. Mandi Setelah Berkeringat

Sering bergerak aktif membuat seseorang berkeringat. Salah satu cara menjaga kebersihan tubuh walau sering berkeringat adalah mandi. Jika terlalu lama didiamkan, keringat dapat menyumbat pori-pori, dan menyebabkan munculnya jerawat. Kamu dapat memilih sabun yang cocok sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

2. Lakukan Eksfoliasi secara Rutin

Selain mandi, kebersihan tubuh dapat terjaga maksimal dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Tujuannya adalah memastikan sel kulit mati di punggung benar-benar sudah terangkat. Caranya adalah dengan dengan melakukan scrub atau lulur. Langkah ini dapat dilakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam seminggu. Jika sudah berjerawat, sebaiknya hindari eksfoliasi agar tidak memperparah jerawat di punggung.

3. Gunakan Pakaian dari Bahan yang Menyerap Keringat

Salah satu bahan pakaian yang menyerap keringat adalah katun. Sebaiknya hindari pakaian dari bahan sintetis, seperti poliester, karena tidak mampu menyerap keringat dengan baik. Jika sudah berkeringat, disarankan untuk langsung mengganti pakaian. Jika dipakai dalam keadaan berkeringat, hal tersebut menjadi salah satu pemicu jerawat di punggung.

Baca juga: Pentingnya Tidur yang Berkualitas untuk Kesehatan Kulit

4. Mengikat Rambut

Tips mengatasi jerawat di punggung selanjutnya dapat dilakukan dengan mengikat rambut. Terkadang, rambut menjadi sarang debu, kotoran, dan minyak. Jika menempel pada punggung, debu, kotoran, dan minyak tersebut akan berpindah ke punggung, sehingga memicu tumbuhnya jerawat. Oleh karena itu, jika sedang beraktivitas atau berkeringat, mengingat rambut dapat mencegah munculnya jerawat.

5. Kompres Air Hangat

Kompres hangat menjadi salah satu cara mengatasi jerawat di punggung. Tujuannya adalah membuka pori-pori dan mengempeskan jerawat. Cara yang satu ini memungkinkan nanah muncul ke luar permukaan kulit, sehingga jerawat akan pecah dengan sendirinya. Untuk mengompresnya, kamu bisa menggunakan kapas, kain, atau handuk yang diletakkan di punggung selama 15–20 menit.

6. Gunakan Bahan Alami

Menggunakan bahan alami menjadi langkah mengatasi jerawat di punggung yang terakhir. Bahan alami yang dapat digunakan, seperti tea tree oil atau minyak pohon teh. Kandungan antiradang dan antiseptik di dalamnya dipercaya dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain tea tree oil, lidah buaya dan ekstrak teh hijau juga direkomendasikan sebagai obat jerawat alami.  

Baca juga: 8 Perawatan untuk Mencegah Jerawat Batu di Pipi

Itulah beberapa tips mengatasi jerawat di punggung. Jika ingin membeli krim pereda jerawat yang dijual bebas di pasaran, kamu bisa membelinya di aplikasi Halodoc dengan menggunakan fitur “toko kesehatan”. Jangan lupa untuk membaca tips penggunaan pada label kemasan, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Back Acne.
Good Housekeeping. Diakses pada 2021. 7 Ways to Get Rid of Bacne, According to Professionals.