• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Jerawat Bernanah Seperti Bisul

Cara Mengatasi Jerawat Bernanah Seperti Bisul

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu mengalami jerawat bernanah? Jika pernah, jerawat jenis ini merupakan tanda jika jerawatmu telah terinfeksi bakteri. Jerawat ini bukan hanya menimbulkan rasa nyeri saja, tapi juga dapat mengurangi rasa percaya diri. Saat jerawat jenis ini muncul, kulit di sekitar jerawat akan tampak memerah dan sedikit membengkak. Jerawat juga akan dipenuhi dengan nanah berwarna keputihan atau kekuningan. Berikut cara mengatasi jerawat bernanah!

Baca juga: Usai Melahirkan, Ini Cara Tepat Menghilangkan Bekas Jerawat

Begini Langkah Mengatasi Jerawat Bernanah pada Wajah

Jerawat bernanah biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika jerawat semakin membesar dan terasa sakit, berikut beberapa langkah mengatasi jerawat bernanah:

  • Rajin Membersihkan Wajah

Rajin membersihkan wajah bukan hanya mampu mengatasi jerawat bernanah saja, tapi juga mencegah munculnya jerawat. Kamu dianjurkan untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari secara rutin, dengan sabun wajah yang cocok untuk kulitmu, serta tidak mengandung alkohol. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat dan gunakan handuk atau kain berbahan lembut untuk mengeringkannya dengan cara menepuknya secara perlahan.

  • Jangan Memencet Jerawat

Jangan memencet jerawat merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat bernanah. Pasalnya, alih-alih menghilang, memencet jerawat justru dapat membuat jerawat masuk ke dalam pori-pori, membuat jerawat semakin meradang, serta menimbulkan bekas jerawat yang sulit hilang. Memencet jerawat akan menambah kuman pada jerawat dan membuat jerawat semakin parah.

  • Memakai Obat Jerawat

Memakai obat jerawat bisa menjadi salah satu langkah dalam mengatasi jerawat bernanah. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa memilih obat jerawat dengan kandungan bahan aktif benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. Untuk lebih mengetahui bahan apa saja yang cocok untuk mengatasi jerawat bernanah pada jenis kulitmu, silahkan diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Baca juga: Hilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Madu

  • Pakai Kosmetik dengan Bijak

Untuk menyamarkan jerawat, sebagian wanita menggunakan make up tebal di wajahnya. Namun, beberapa jenis kosmetik justru akan menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. Karena hal tersebut, bijaklah dalam memakai kosmetik. Pilihlah produk yang tidak mengandung pewangi, bebas minyak, berlabel noncomedogenic, serta jangan gunakan make up yang sudah lama tidak dipakai karena berpotensi terdapat kuman di dalamnya.

  • Gunakan Sunscreen dan Pelembap

Sebelum bepergian ke luar rumah, jangan lupa untuk menggunakan pelembap kulit agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Sedangkan sunscreen perlu digunakan untuk mencegah agar kulit tidak kering karena paparan sinar matahari. Pastikan untuk memilih produk pelembap dan sunscreen dengan label noncomedogenic. Hindari pemakaian produk yang berbahan minyak, karena akan memicu timbulnya komedo dan jerawat.

  • Menjalani Pola Hidup Sehat

Bukan hanya di rawat dari luar, mengatasi jerawat bernanah juga bisa dilakukan dari dalam dengan menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, perbanyak konsumsi air putih, menghindari asap rokok, dan mengelola stres dengan baik. 

Jangan lupa untuk segera menemui dokter di rumah sakit terdekat saat berbagai langkah tersebut tidak mampu meredakan jerawat yang kamu alami. 

Baca juga: Cara Mencegah Jerawat saat Memakai Masker

Ini yang Menjadi Penyebab Jerawat Bernanah

Jerawat muncul saat folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati atau minyak alami kulit. Saat terinfeksi oleh bakteri, maka tubuh secara alami akan melawan bakteri penyebab infeksi, sehingga terbentuklah nanah pada jerawat. Jerawat jenis ini akan terasa sakit saat disentuh. Dalam kasus yang jarang terjadi, jerawat bernanah dapat menyebab infeksi kulit yang disertai dengan demam.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat bernanah, yaitu jarang mencuci muka, sering berkeringat, perubahan hormon, stres, reaksi alergi, serta tidak cocok mengonsumsi makanan tertentu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Prevent Pimples.
MedicineNet. Diakses pada 2020. Cystic Acne.
Verywell Health. Diakses pada 2020. Acne Pustule Types, Causes, and Treatments.
WebMD. Diakses pada 2020. What Are Pustules?