• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Kutu Kucing dengan Virgin Coconut Oil

Cara Mengatasi Kutu Kucing dengan Virgin Coconut Oil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cara Mengatasi Kutu Kucing dengan Virgin Coconut Oil

Virgin coconut oil adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kutu kucing yang ringan hingga sedang. Namun, bahan alami tersebut sebenarnya tidak direkomendasikan oleh dokter hewan untuk mengobati kutu kucing, apalagi untuk infestasi yang berat. Meski begitu, VCO bisa digunakan sebagai perawatan pendukung untuk mengatasi kutu kucing.

Halodoc, Jakarta – Kucing peliharaan kamu terlihat kegatalan dan terus-menerus menggaruk-garuk badannya? Jangan-jangan ada kutu di badannya! 

Tidak ada yang lebih menyiksa bagi hewan berbulu daripada memiliki kutu. Gigitan kutu bisa menimbulkan rasa gatal yang tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan kerontokan bulu yang parah. Tidak hanya itu saja, kutu kucing juga bisa menyebabkan penyakit, seperti dermatitis alergi kutu, cat scratch disease, dan anemia. Karena itu, kutu kucing perlu segera diatasi. 

Virgin coconut oil (VCO) adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi kutu kucing, meskipun tidak bisa mengusir kutu sepenuhnya. Berikut ulasannya.

Baca juga: Ini Bahayanya Kutu pada Hewan Peliharaan

Tentang Penggunaan Virgin Coconut Oil untuk Atasi Kutu Kucing

VCO  bisa digunakan sebagai  pengusir kutu anjing dan membantu mengusir kutu pada infestasi yang ringan atau sedang. Namun, pada infestasi kutu yang berat kamu perlu berkonsultasi dengan dokter hewan tentang penggunaan obat kutu yang tepat. 

Dokter hewan sebenarnya tidak akan merekomendasikan VCO untuk kutu kucing. Menggunakan minyak kelapa mungkin bisa digunakan sebagai perawatan pendukung untuk mengatasi kutu, tetapi bahan alami tersebut hingga saat ini belum menjadi pilihan obat atau obat kutu yang direkomendasikan oleh dokter hewan untuk mengatasi kutu, apalagi pada kasus infestasi kutu yang berat.

Jika kamu benar-benar ingin memberikan vco untuk kucing kesayangan kamu, kamu perlu membicarakannya dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Meskipun minyak kelapa mungkin tidak menyebabkan alergi atau iritasi, hewan peliharaan kamu kemungkinan besar akan menjilat-jilat area yang kamu oleskan minyak, hal ini justru bisa menyebabkan minyak tertelan dan berpotensi mengiritasi kulit karena terlalu sering dijilat.

Baca juga: Adakah Efek Samping Pemberian Minyak VCO untuk Kucing?

Cara Penggunaannya

Ada tiga cara menggunakan VCO untuk kutu kucing:

  1. Oleskan pada Kulit Kucing

Untuk mengatasi kutu kucing, kamu cukup mengoleskan sedikit minyak kelapa pada bulu atau kulit kucing peliharaan kamu dengan menggunakan tangan. Begini caranya:

  • Tuang sedikit minyak kelapa ke atas tangan, lalu gosok kedua tangan kamu untuk menghangatkan minyak, lalu oleskan pada kucing peliharaan.
  • Pastikan kamu mengolesi minyak ke semua area yang kira-kira terdapat kutu, termasuk di antara jari-jari kaki atau di belakang kulit, di bawah ekor, dan di sekitar leher dan ketiak.
  • Biarkan minyak mengendap dan bekerja pada kulit kucing peliharaan kamu selama sekitar 8–15 jam atau semalaman. 
  • Terakhir, sisir rambut kucing peliharaan dengan menggunakan sisir kutu setelah kamu selesai membilas minyak. Cara ini akan membantu menghilangkan sebagian besar kutu yang sudah tidak bisa bergerak atau bahkan mati lemas.
  1. Buat Semprotan Minyak Kelapa

Kamu juga bisa membuat semprotan minyak kelapa agar lebih mudah menggunakan minyak tersebut untuk mengatasi kutu kucing. Begini caranya:

  • Campurkan 30 mililiter air hangat ditambah 2 sendok makan minyak kelapa ke dalam botol semprot. Dengan mencampurkannya dengan air hangat, minyak kelapa bisa larut sehingga tercampur dengan air.
  • Semprotkan campuran air-minyak kelapa tersebut pada area yang terinfeksi pada kucing peliharaan. Setelah itu, pijatlah bulu hewan peliharaan untuk meratakan minyak kelapa. Hal ini juga akan meningkatkan efektivitasnya.
  • Cara lain membuat semprotan minyak kelapa, yaitu campur air dan minyak kelapa dengan takaran yang sama, lalu lelehkan campuran tersebut di dalam panci dengan menggunakan api kecil, atau panaskan di dalam microwave.
  • Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit minyak esensial, seperti lavender yang akan memudahkan penyemprotan pada kucing peliharaan dan mencegah minyak mengeras. Ingat, jangan menyemprotkan campuran minyak ke mata kucing peliharaan.
  1. Sisir Kutu dengan Minyak Kelapa

Cara lainnya menggunakan VCO untuk kutu kucing adalah dengan menuangkan minyak di atas sisir, lalu sisir bulu kucing. Minyak akan membuat kutu terperangkap dan menempel pada sisir, sehingga kamu bisa dengan mudah membunuh dan menghilangkan kutu kucing.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Kutu pada Kucing Peliharaan

Itulah cara aman dan ampuh untuk mengatasi kutu kucing, yaitu dengan menggunakan virgin coconut oil. Bila kulit kucing peliharaan kamu menjadi merah akibat gigitan kutu, coba bicarakan saja pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc mengenai cara untuk merawat kulitnya. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa minta saran kesehatan pada dokter hewan terpercaya kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Pest Methods. Diakses pada 2021. Does Coconut Oil Kill Fleas? 7 Secrets.
The Bug Squad. Diakses pada 2021. Coconut Oil For Fleas – Does It Work and Is It Completely Safe?.
Coco Therapy. Diakses pada 2021. How Coconut Oil Can Protect Your Pet Against Fleas And Ticks.