• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kaku di Rumah

Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kaku di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kaku di Rumah

“Tidak percaya diri dengan rambut yang mengembang dan kaku? Untungnya, ada beberapa cara mengatasi rambut mengembang dan kaku yang mudah dicoba di rumah.”

Halodoc, Jakarta – Punya rambut yang indah dan lembut bisa jadi impian setiap wanita. Namun, ada kalanya rambut sulit diatur, seperti mengembang dan kaku. Beberapa cara mengatasi rambut mengembang dan kaku yang akan dibahas kali ini bisa dicoba dengan mudah di rumah, lho. 

Baca juga: Begini Cara Melembutkan Rambut dengan Bahan Alami

Begini Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kaku

Kamu tidak selalu harus buru-buru ke salon saat rambut terasa mengembang, kaku, sehingga sulit diatur. Sebab, ada beberapa langkah yang bisa dicoba sebagai perawatan rumahan, yaitu:

  1. Pahami Dulu Jenis Rambut Kamu

Sebelum mencoba perawatan apapun, penting untuk memahami terlebih dahulu jenis rambut yang kamu alami. Rambut yang kering dan kasar tentu membutuhkan perawatan ekstra, sedangkan rambut lurus mungkin tidak perlu banyak minyak dibandingkan rambut yang keriting.

Semakin lurus rambut kamu, semakin mudah minyak alami dari kulit kepala bergerak melalui kutikula. Namun, kondisi rambut bisa jadi berubah seiring bertambahnya usia, hingga iklim tempat tinggal.

  1. Gunakan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok makan jus lemon, 2 sendok teh minyak jarak dan 2 sendok teh madu. Lalu, oleskan pada rambut basah dan biarkan sampai mengering. Cuci bersih dengan sampo dan kondisioner.

Baca juga: Pria Perlu Tahu, Ini Cara Menebalkan Rambut Tipis

  1. Masker Pisang dan Madu

Masker yang terbuat dari campuran pisang dan madu bisa menjadi cara mengatasi rambut mengembang dan kaku. Racikan ini dapat membuat rambut terasa halus dan jatuh. 

Caranya, haluskan pisang, tambahkan madu, bila ada bisa ditambah 1/2 cangkir yoghurt dan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada rambut dan bungkus dengan handuk selama satu jam atau lebih. Cuci rambut dengan air dan biarkan kering secara alami.

  1. Coba Minyak Kelapa

Minyak kelapa dipercaya bisa membantu rambut terasa lebih lembut. Kamu bisa menggunakan produk rambut yang mengandung minyak kelapa, atau minyak murninya ke rambut setelah keramas. 

Baca juga: Shampo Kuda Efektif Memanjangkan Rambut?

  1. Hindari Keramas dengan Air Hangat

Meski enak mengguyur seluruh tubuh dengan air hangat, sebaiknya cuci rambut dengan air dingin saja, ya. Sebab, air yang terlalu hangat dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, dan membuat rambut jadi kering dan kaku. 

Itulah beberapa cara mengatasi rambut mengembang dan kaku yang bisa dicoba di rumah. Dapat diketahui bahwa sebenarnya perawatan rambut tidak harus selalu mahal dan rumit. Cukup dengan memahami jenis rambut dan menggunakan bahan alami.

Namun, jika masalah rambut yang kamu alami tak kunjung membaik, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 12 Remedies for Softer Hair.
The Health Site. Diakses pada 2021. How To Get Straight Hair Naturally: 8 Home Remedies.