• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Rasa Sakit Akibat Tumbuh Gigi Bungsu

Cara Mengatasi Rasa Sakit Akibat Tumbuh Gigi Bungsu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Mengatasi Rasa Sakit Akibat Tumbuh Gigi Bungsu

“Tumbuhnya gigi bungsu dapat menyebabkan nyeri. Untuk mengatasinya tidak selalu harus melalui prosedur operasi, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan atau pengobatan rumahan dengan bahan alami. Kamu bisa mengatasinya dengan minum pereda nyeri, kompres es, atau kumur air garam.”

Halodoc, Jakarta – Gigi bungsu adalah gigi geraham terakhir yang terletak di paling belakang mulut. Biasanya, setiap orang memiliki empat gigi bungsu dengan satu di setiap sudut gusi atas dan bawah. Tumbuhnya gigi bungsu dapat menimbulkan rasa nyeri yang tidak nyaman. Akibatnya, tak sedikit orang yang memutuskan untuk mencabut gigi bungsunya untuk menghilangkan rasa sakit. 

Rasa sakit pada gigi bungsu sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya, tetapi dalam beberapa kasus nyeri perlu diatasi dengan perawatan rumahan atau operasi gigi. Kalau kamu sedang mengalami pertumbuhan gigi bungsu, simak tips berikut untuk mengurangi rasa nyerinya. 

Baca juga: Ibu Perlu Tahu, Inilah Fungsi Utama Gigi Bungsu

Tips Mengatasi Nyeri Akibat Gigi Bungsu

Nyeri gigi bungsu bisa kamu atasi dengan obat-obatan maupun pengobatan rumahan dengan bahan-bahan alami. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:

1. Gel Anestesi

Sesuai namanya, gel anestesi akan memberikan efek mati rasa sehingga mampu mengurangi rasa sakit. Gel ini mengandung benzokain yang tersedia tanpa resep. Kebanyakan gel benzokain dapat dioleskan langsung ke gusi yang nyeri sepanjang hari. Namun, pastikan kamu mengikuti instruksi yang tertera pada produk. 

2. Minum Pereda Nyeri

Nyeri akibat gigi bungsu juga bisa diatasi dengan minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen. Gunakan sesuai dosis yang dianjurkan dalam kemasan. Pereda nyeri dapat mengurangi peradangan gusi yang terkait dengan perkembangan gigi bungsu.

3. Kompres Es

Suhu yang dingin juga bisa mengurangi rasa nyeri sementara dengan memberikan efek mati rasa. Kamu bisa menggunakan es yang dibalut kain atau handuk untuk mengompres area yang mengalami peradangan. Kamu bisa melakukan kompres es terus menerus dengan istirahat 15 menit sampai rasa sakit mereda.

Baca juga: Cara Mengetahui Gigi Bungsu Bermasalah

4. Kumur Air Garam

Air garam adalah salah satu obat tradisional yang hingga kini masih digunakan banyak orang. Kumur dengan air garam nyatanya mampu nyeri akibat tumbuhnya gigi bungsu. Bukan itu saja, air garam memiliki sifat desinfektan alami sehingga mengurangi bakteri di dalam mulut. 

Larutkan beberapa sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Saat air sudah agak dingin, kumur-kumur selama beberapa menit, lalu dimuntahkan. Lakukan sebanyak dua atau tiga kali sehari, atau sampai rasa sakit mulai berkurang.

5. Cengkeh

Melansir dari Medical News Today, sebuah studi tahun 2006 menunjukkan bahwa cengkeh bisa dijadikan sebagai pereda nyeri topikal karena dapat memberikan efek mati rasa. Untuk mencoba pengobatan rumah ini, kamu dapat menggunakan cengkeh utuh atau minyak cengkeh. 

6. Kantong Teh

Tanin yang terkandung dalam kantong teh memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Ini berarti kantong teh dapat membantu mengurangi pembengkakan dan melawan infeksi bakteri. Kantong teh hanya boleh dimasukkan ke dalam mulut saat sudah benar-benar dingin. Setelah kantung sudah menjadi dingin, tempelkan di dalam mulut atau di area yang terasa nyeri.

Apakah Gigi Bungsu Harus Selalu Dioperasi?

Dalam beberapa kasus, pengobatan rumahan tidak mengurangi rasa sakit akibat gigi bungsu yang tubuh. Kalau sudah begini, dokter mungkin menyarankan operasi untuk mengatasinya. Sebelum menjalani operasi, anestesi lokal akan disuntikkan ke daerah yang terdampak untuk mematikan rasa sakit. Kemudian, dokter akan mulai menekan gigi untuk melepaskannya dari soketnya.

Potongan kecil dibuat di sekitar gigi, dan gigi bungsu dapat dipotong kecil-kecil sebelum dicabut. Prosedurnya singkat yang biasanya hanya memakan waktu beberapa menit, yakni sekitar 20 menit. Gusi biasanya akan terasa sakit setelah efek obat biusnya menghilang. Rasa sakit mungkin akan bertahan sampai sekitar tiga hari sampai dua minggu.

Baca juga: Apakah Semua Orang Akan Tumbuh Gigi Bungsu?

Punya pertanyaan lain seputar gigi bungsu? Jangan ragu untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu dapat menghubungi dokter kapan pun dan di mana pun. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Ways to relieve painful wisdom teeth.

Healthline. Diakses pada 2021. 15 Remedies for Wisdom Teeth Pain Relief.