Bikin Enggak PD, Adakah Cara Mengecilkan Paha?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
bikin enggak pd adakah cara mengecilkan paha

Halodoc, Jakarta – Punya bentuk tubuh yang ramping dan indah tentunya menjadi impian sebagian besar wanita. Tapi kenyataannya, para wanita justru paling sering memiliki masalah dengan bentuk tubuhnya. Salah satu bagian tubuh yang sering dikeluhkan lantaran ukurannya yang besar adalah paha.

Masalahnya, paha yang besar bisa mengurangi penampilan saat kamu ingin mengenakan rok mini atau celana pendek. Tapi, mengecilkan paha enggak bisa dilakukan hanya dengan mengurangi porsi makan saja alias berdiet. Cara mengecilkan paha yang paling efektif adalah dengan melakukan latihan khusus untuk mengencangkan paha secara rutin.

Faktor Penyebab Paha Besar

Kamu pasti pernah bertanya-tanya, mengapa wanita cenderung memiliki ukuran paha yang besar dibanding pria? Nyatanya, ukuran paha yang besar bukan hanya disebabkan karena kegemukan saja, namun ada juga faktor-faktor lain yang memengaruhi hal ini terjadi. Jadi, sebelum tahu cara merampingkannya, ketahui dulu penyebab paha besar berikut ini:

  • Faktor Keturunan

Sebagian wanita memiliki tendon Achilles yang pendek dan melekat kuat sejak lahir di bagian tumit belakang hingga batas otot betis, sehingga paha dan betisnya menjadi besar dengan sendirinya. Kondisi ini sulit diubah, karena merupakan turunan dari keluarga. Biasanya, wanita yang tidak terlalu tinggi dan berbadan gemuk lah yang punya bawaan paha dan betis yang besar.

  • Jenis Kelamin

Penyebab wanita cenderung memiliki ukuran paha yang besar dibanding pria adalah karena hormon estrogen wanita membuat lemak tertimbun di bagian bawah tubuh.

  • Pola Makan

Mengonsumsi makanan dalam porsi yang berlebihan serta sering menyantap makanan yang tidak sehat, seperti makanan berlemak, berminyak, manis, dan asin, bisa membuat berat badan seseorang meningkat dan bentuk tubuhnya membesar. Tidak hanya ukuran paha saja, namun bagian tubuh yang lain pun juga bisa membesar.

  • Kurang Olahraga

Faktor yang satu ini juga sangat berpengaruh terhadap ukuran paha. Olahraga bermanfaat untuk membakar lemak. Kurang olahraga akan mengakibatkan lemak menumpuk dalam tubuh, termasuk di bagian paha.

  • Terlalu Banyak Duduk

Nah, bagi kamu yang adalah pekerja kantoran, harap hati-hati. Terlalu banyak duduk bisa menyebabkan ukuran paha membesar, lho. Ini karena jarang menggerakkan kaki akan membuat lemak di bagian bawah tubuh jadi tidak terbakar, sehingga menumpuk di paha dan betis.

Baca juga: Hati-Hati, Ini yang Bisa Terjadi jika Terlalu Banyak Duduk

Cara Mengecilkan Paha

Nah, dengan mengetahui beberapa penyebab paha besar di atas, kamu bisa tahu kebiasaan-kebiasaan apa saja yang perlu dihentikan demi merampingkan bagian tubuh tersebut. Selain itu, lakukan cara-cara berikut untuk mengecilkan paha:

1. Squat

Jika kamu ingin mengecilkan paha, maka perlu melakukan olahraga yang dapat melatih otot bagian bawah tubuhmu, salah satunya adalah squat. Latihan ini efektif membakar lemak di bagian paha hingga betis sekaligus melatih ototnya. Kamu juga bisa melakukan squat sambil memegang dumbel untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

2. Lunges

Selain squat, lunges juga dapat melatih otot kaki dan membakar lemak yang ada di paha. Caranya adalah dari posisi berdiri, langkahkan satu kakimu ke depan, lalu tekuk lutut tersebut serendah mungkin hingga lutut kaki yang satunya lagi menyentuh lantai. Setelah itu, kembali ke posisi berdiri. Lakukan gerakan ini minimal 10 kali pada setiap kaki.

Baca juga: 6 Gerakan Olahraga untuk Mengencangkan Bokong

3. Fire Hydrant

Cara untuk mengecilkan paha lainnya yang juga terbukti cukup efektif adalah fire hydrant. Caranya adalah ambil posisi merangkak dan pastikan lutut dan tangan terbuka selebar pinggul dan bahu. Lalu, sambil menjaga pinggul tetap di atas, luruskan satu kaki ke belakang, sehingga sejajar dengan bagian tubuh lainnya. Setelah itu, kembali ke posisi semula dan ganti dengan kaki lainnya.

4. Burpees

Burpees merupakan salah satu latihan yang sangat baik untuk membakar lemak pada tubuh bagian bawah. Walaupun kelihatannya sederhana, namun gerakan ini sebenarnya cukup sulit dan melelahkan, lho. Gerakan burpees yang mengandalkan tenaga kaki untuk jongkok dan berdiri juga membuat seluruh otot bagian bawah tubuh bekerja dengan maksimal.

Untuk melakukan burpees, pertama-tama mulailah dari posisi berdiri. Kemudian, jongkok dengan kedua tangan menyentuh lantai, kemudian lempar kedua kaki ke belakang menjadi posisi push up, lalu lakukan push up. Setelah itu, kembalikan posisi kaki ke depan menjadi posisi berjongkok, selanjutnya kembali ke posisi berdiri. Lakukan gerakan ini minimal 20 kali.

5. Step Up

Nah, kalau gerakan yang satu ini cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu menyediakan kursi kecil. Cara melakukannya adalah dengan melangkahkan kaki ke atas kursi, lalu turunkan lagi. Sederhananya, kamu bisa melakukan latihan ini dengan naik atau turun tangga. Kamu juga bisa sambil memegang dumbel ketika melakukan latihan ini untuk menambahkan intensitas.

Baca juga: Jangan Malas Naik Tangga di Kantor, Ini Manfaatnya!

Itulah beberapa gerakan mudah yang bermanfaat untuk mengecilkan paha dan betis. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut seputar diet dan cara merampingkan tubuh, tanyakan saja kepada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa meminta saran kesehatan kepada dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.