• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengenalkan Hari Kebangkitan Nasional pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengenalkan Hari Kebangkitan Nasional pada Anak

Cara Mengenalkan Hari Kebangkitan Nasional pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Mei 2022

“Memperkenalkan Hari Kebangkitan Nasional pada anak cukup mudah. Salah satunya dengan mengajaknya ke museum.”

Cara Mengenalkan Hari Kebangkitan Nasional pada Anak

Halodoc, Jakarta – Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei adalah salah satu momen penting bagi Negara Indonesia. Sebagai orang tua, penting untuk mengenalkan Si Kecil pada hari-hari besar nasional yang ada, agar ia tumbuh menjadi pribadi yang mencintai tanah kelahirannya.

Caranya sebenarnya cukup mudah. Bisa dengan menjelaskan sejarah tentang hari besar nasional ini, atau mengajaknya pergi ke museum. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak!

Cara agar Anak Memahami Hari Kebangkitan Nasional

Lahir di era modern membuat Si Kecil mudah terpapar akan budaya Barat, KPOP, dan lain-lain. Mengenal budaya negara asing boleh saja, tapi jangan sampai ia tidak memahami sejarah bangsanya sendiri.

Jadi, penting bagi orang tua untuk menerapkan pola asuh anak yang tepat. Berikut ini beberapa cara mengenalkan Hari Kebangkitan Nasional pada Si Kecil:

  1. Ceritakan Tentang Sejarah Bangsa Indonesia

Tak kenal maka tak sayang, bisa jadi merupakan peribahasa yang tepat. Jika ingin anak mengenal dan mencintai tanah airnya, maka perkenalkanlah ia sejak sedini mungkin.

Cobalah ceritakan tentang sejarah dan asal mula ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional. Hari besar nasional ini ditetapkan berdasarkan berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Boedi Oetomo adalah sebuah organisasi yang aktif bergerak di berbagai bidang. Seperti sosial, ekonomi, dan kebudayaan, tanpa melibatkan unsur politik. Anggotanya adalah para cendekiawan Jawa yang terpelajar.

Orang tua bisa jelaskan pada Si Kecil tentang bagaimana jasa-jasa penting para pahlawan itu bagi masyarakat Indonesia di masa lampau. Lalu, ajak ia meneladaninya.

  1. Berkunjung ke Museum

Mengajak Si Kecil berkunjung ke museum juga bisa jadi cara mengenalkannya pada Hari Kebangkitan Nasional. Jika berdomisili di Jakarta atau sekitarnya, bisa coba berkunjung ke Museum Kebangkitan Nasional.

Di sini, ada berbagai macam benda dan berkas yang berkaitan dengan Hari Kebangkitan Nasional di masa lampau. Sebelumnya, museum ini adalah gedung STOVIA, sebuah sekolah kedokteran Jawa. 

Dengan mengajak Si Kecil berkunjung ke sini, ia akan belajar banyak tentang sejarah Hari Kebangkitan Nasional dan tokoh-tokoh berjasa di baliknya. Bila perlu, sewalah pemandu untuk menjelaskan koleksi di museum agar pemahaman Si Kecil semakin luas.

  1. Ajak Nonton Film Nasional

Di setiap momen perayaan hari besar nasional, biasanya ada stasiun televisi yang menayangkan film dokumenter tentang perjuangan para pahlawan di era kebangkitan nasional. 

Alih-alih nonton film kartun melulu, cobalah ajak Si Kecil menonton film dokumenter tentang perjuangan pahlawan. Ini bisa membantunya lebih mengenal sejarah negaranya.

  1. Dorong Anak untuk Berpartisipasi dalam Kegiatan Patriotik

Di sekolah atau lingkungan sekitar, biasanya diadakan perayaan khusus setiap ada momen hari besar nasional. Misalnya upacara pengibaran bendera, parade, atau lomba kostum pahlawan nasional.

Jika ada, doronglah Si Kecil untuk mengikutinya. Selain menyenangkan, perayaan dan acara peringatan ini bisa membuat Si Kecil lebih mengenal dan memahami tentang Hari Kebangkitan Nasional. 

  1. Jadi Contoh yang Baik

Untuk mengajarkan patriotisme kepada anak, orang tua harus memberi contoh yang baik. Karena patriotisme berkaitan dengan emosi dan bukan pengetahuan, itu harus diajarkan pada tingkat pribadi. 

Anak-anak mendapatkan inspirasi jika mereka melihat orang tuanya menjadi patriotik. Oleh karena itu, teladanilah perilaku warga negara yang bertanggung jawab. Jangan berbicara buruk atau membuat lelucon tentang negara di depan anak-anak.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dicoba, agar anak mengenal Hari Kebangkitan Nasional. Hal-hal ini tentunya harus dibiasakan sejak dini. Namun, jadikan prosesnya menyenangkan, agar anak tidak stres.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan kesehatan anak. Jika Si Kecil mengalami masalah kesehatan, download Halodoc untuk cek kebutuhan medis untuk anak dengan mudah.

Referensi:
Parent Circle. Diakses pada 2022. How To Teach Patriotism To Children.
Mommy Evolution. Diakses pada 2022. How To Teach Patriotism To Kids.