• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengencangkan Payudara Setelah Melahirkan

Cara Mengencangkan Payudara Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Mengencangkan Payudara Setelah Melahirkan

“Setelah sang buah hati lahir ke dunia, ibu akan mengalami banyak sekali perubahan. Fisik adalah salah satunya. Perut ibu menjadi penuh dengan stretch mark. Payudara pun tak sekencang saat sebelum hamil. Namun, ibu tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kekencangan payudara.”

Halodoc, Jakarta – Selama sembilan bulan kehamilan, tubuh ibu akan mengalami banyak sekali perubahan. Salah satu perubahan fisik yang menjadi kekhawatiran paling umum di kalangan ibu baru adalah payudara kendur. Selama kehamilan, payudara ibu mungkin akan menjadi lebih besar sebagai akibat dari hormon estrogen yang membuat ukuran saluran susu membesar. 

Namun, ketika produksi ASI berhenti, ukuran payudara bisa mengecil, tetapi kulit yang telah terentang bisa jadi tidak punya elastisitas untuk kembali ke ukuran semula. Akibatnya, payudara pun akan mengendur karena rasio kulit dan jaringan payudara yang lebih tinggi. Usia dan DNA menjadi faktor penentu terkait elastisitas kulit payudara. Beberapa wanita secara alami memiliki lebih banyak elastisitas kulit dibandingkan dengan lainnya.

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Payudara Kendur

Mengencangkan Payudara Setelah Melahirkan

Meski begitu, ibu tidak perlu khawatir berlebihan karena ada banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk mengembalikan kekencangan payudara. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Menjalani Diet Sehat

Saat hamil dan menyusui, ibu tentu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat. Jadi, tetap pertahankan pola diet ini untuk membantu menjaga elastisitas kulit dan meningkatkan tonus otot. Makanan seperti kedelai, tahu, dan biji rami bisa ibu konsumsi untuk membantu menjaga kekencangan kulit, termasuk pada payudara. Ibu tentu juga bisa mendapatkan manfaat ini dari suplemen makanan, tetapi sebaiknya tanyakan dulu pada dokter.

Jika dokter merekomendasikannya, ibu bisa segera membelinya melalui aplikasi Halodoc menggunakan fitur pharmacy delivery. Selain itu, ibu juga bisa mengonsumsi makanan kaya vitamin B dan E untuk menjaga kesehatan kulit. Kurangi asupan makanan hewani yang mengandung lemak tinggi karena bisa meningkatkan berat dan mengurangi kekenyalan payudara. 

  • Rutin Olahraga

Olahraga jadi cara paling efektif untuk mengembalikan bentuk dan mengencangkan payudara. Berolahraga secara teratur akan membantu menghilangkan kelebihan lemak, pun ketika ibu mengalami peningkatan berat badan selama kehamilan, olahraga bisa membantu ibu mendapatkan kembali berat badan ideal. 

Sebenarnya, payudara hanyalah lapisan lemak yang sederhana yang bertugas memproduksi ASI. Namun, beberapa otot di bagian bawah yang bertugas menahan payudara dengan kencang. Ketika ibu berolahraga, ibu bisa melatih kekuatan otot tersebut. Jenis olahraga yang bisa dilakukan, yaitu pullover dumbbell, push-up, dan chest press.

Baca juga: Jangan Tertipu, Ini Mitos dan Fakta Tentang Payudara Kencang

  • Pijat Payudara

Pijat tidak hanya membantu relaksasi otot, tetapi juga membantu melepas stres. Khusus untuk pijat payudara, aktivitas ini bisa membantu payudara tetap kencang dan elastis. Ketika bayi menghisap puting untuk meminum ASI, otot payudara ibu akan mendapatkan banyak rangsangan dan sebenarnya ini adalah hal yang baik untuk kesehatan. Namun, ketika ibu mulai menyapih, rangsangan yang diterima payudara pun semakin lama akan semakin berkurang.

Jadi, melakukan pijat payudara setelah menyapih tak hanya memberikan rangsangan pada otot, tetapi juga membantu meningkatkan peredaran darah. Guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan pijat payudara secara teratur selama enam bulan setelah ibu mulai menyapih Si Kecil. 

  • Postur Tubuh dan Bra yang Tepat

Saat ibu mulai mengenalkan anak makanan lain dan berencana menyapih, tak heran jika payudara akan mulai mengendur. Supaya bisa mengembalikannya ke bentuk dan ukuran semula, ibu bisa memilih bra yang tepat, misalnya bra olahraga yang memang didesain untuk membantu membentuk payudara lebih baik. 

Selain itu, ibu juga perlu fokus pada postur tubuh. Ketika ibu menyusui, tubuh biasanya akan cenderung condong ke depan. Kondisi ini akan memengaruhi jaringan payudara dan ligamen penyokong yang mengakibatkan perubahan bentuk dan tampilan payudara. Jadi, setelah menyusui, cobalah untuk menjaga postur tubuh tetap optimal. Ini akan membantu otot payudara menegang dan mempertahankan bentuk serta ukuran payudara yang tepat. 

Baca juga: Payudara Terasa Sakit saat Menyusui, Lakukan Hal Ini

Itu tadi beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengembalikan kekencangan payudara setelah melahirkan dan menyusui. Selamat mencoba!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Health Canal. Diakses pada 2021. 8 Tips To Maintain Good-looking Breasts After Pregnancy.

Parents. Diakses pada 2021. How to Prevent Sagging Breasts After Pregnancy.