• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengetahui Anjing Peliharaan Mengalami Obesitas

Cara Mengetahui Anjing Peliharaan Mengalami Obesitas

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Obesitas bukan hanya masalah yang dapat terjadi pada manusia, tetapi juga hewan peliharaan. Banyak pemilik hewan yang menganggap jika anjing peliharaannya bertubuh gemuk akan terlihat lebih lucu. Meski begitu, jika sampai mencapai berat badan yang berlebihan, maka banyak gangguan berbahaya yang dapat terjadi.

Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menilai apakah anjing peliharaanmu mengalami obesitas atau tidak. Dengan begitu, kamu dapat mengatur pola diet yang dapat membuat anjing lebih sehat. Berikut beberapa cara untuk mengetahui hal tersebut!

Baca juga: Ketahui 6 Fakta Ilmiah tentang Anjing Peliharaan

Mendiagnosis Obesitas pada Anjing Peliharaan

Anjing yang mengalami kelebihan berat badan termasuk salah satu masalah yang kerap terjadi pada hewan peliharaan. Sama seperti manusia, anjing yang mengalami obesitas dapat menghadapi banyak masalah kesehatan, seperti penyakit sendi, pernapasan, diabetes, kanker, dan masalah jantung. Selain itu, kondisi ini juga dapat memperburuk penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Beberapa pemilik anjing kerap kesulitan untuk menentukan jika anjing peliharaannya mengalami obesitas atau tidak dipengaruhi faktor-faktor, seperti ras dan jenis bulu. Dengan mendeteksinya lebih dini, kelebihan berat badan yang ada dapat lebih mudah untuk dihilangkan. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memastikan apabila anjing peliharaan kamu mengalami obesitas atau tidak. Berikut ini beberapa caranya:

1. Memeriksa Bentuk Tubuh Anjing

Salah satu cara yang paling sederhana untuk menentukan jika anjing peliharaan mengalami obesitas atau tidak adalah dengan melihat bentuk tubuhnya. Jika kamu melihat dari atas dan terlihat agak gemuk serta berbentuk oval, maka anjing tersebut gemuk hingga obesitas. Sebaliknya, apabila kamu memperhatikan anjing peliharaanmu memiliki pinggang yang tegas di bagian belakang dan tubuh lurus di samping, maka berat badannya kemungkinan besar tidak berlebih.

2. Rasakan Tulang Rusuknya

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk memastikan anjing peliharaan mengalami obesitas adalah dengan merasakan tulang rusuknya. Jika tulang rusuk anjing peliharaan kamu tidak terlalu menonjol dan dapat dengan mudah merasakannya tanpa harus menekan kuat, maka anjing tersebut sehat. Namun, jika jemari kamu sangat sulit untuk merasakan tulang rusuknya karena tumpukan lemak yang ada di dalamnya, maka anjing peliharaanmu mengalami kelebihan berat badan.

Baca juga: Ketahui 7 Cara Tepat Merawat Anjing yang Sakit

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan lainnya untuk memastikan kesehatan hewan peliharaan, dokter hewan dari Halodoc dapat membantu. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu mampu mendapatkan kemudahan akses kesehatan untuk hewan dan juga manusia. Unduh aplikasinya sekarang juga!

3. Melihat Perubahan Perilaku

Anjing yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas biasanya tidak aktif dan menghabiskan banyak waktu untuk fokus mencari makanannya. Jika kamu melihat anjing peliharaanmu kesulitan berjalan, mudah lelah saat berjalan, terlalu banyak tiduran, dan malas untuk bergerak, kemungkinan besar dirinya mengalami kegemukan. Salah satu kebiasaan memberi makan anjing peliharaan tanpa ada batasan setiap hari dapat mendorong terjadinya obesitas.

4. Menimbang Anjing

Cara terbaik untuk mengetahui apakah anjing kamu mengalami obesitas atau kelebihan berat badan adalah dengan menimbangnya ke dokter hewan. Dokter hewan tersebut dapat memberitahu jika berat badannya sesuai dengan ukuran dan ras atau tidak. Hal yang harus diketahui adalah bobot badan tiap ras anjing dapat berbeda-beda. Dokter akan memberikan skor terkait kondisi tubuh, satu hingga sembilan yang menjelaskan angka minimum sangat kurus dan angka maksimum sangat gemuk. Berat badan standar di kisaran angka empat hingga lima.

Baca juga: 8 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Stres

Sekarang kamu sudah tahu cara yang ampuh untuk mengetahui jika anjing peliharaan mengalami obesitas atau tidak. Dengan melakukan semua hal tersebut, diharapkan kamu dapat mencegah anjing peliharaanmu kelebihan berat badan terlalu lama. Masalah tersebut mampu menyebabkan banyak masalah yang berbahaya jika dibiarkan.

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2020. How To Tell If Your Dog Is In Shape Or Overweight.
Hills Pet. Diakses pada 2020. How to Tell if You Have an Overweight Dog.