• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menggunakan Bakuchiol pada Skincare untuk Kulit Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menggunakan Bakuchiol pada Skincare untuk Kulit Wajah

Cara Menggunakan Bakuchiol pada Skincare untuk Kulit Wajah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 November 2022

“Penggunaan bakuchiol terbilang lebih aman dibandingkan dengan retinol. Pastikan kamu menggunakan kandungan ini pada kulit wajah yang bersih agar penyerapannya sempurna.”

Cara Menggunakan Bakuchiol pada Skincare untuk Kulit WajahCara Menggunakan Bakuchiol pada Skincare untuk Kulit Wajah

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kesehatan kulit wajah, salah satunya menggunakan produk perawatan yang memiliki kandungan bakuchiol. Kandungan ini terbilang aman dan efektif untuk digunakan perawatan karena tidak berisiko memicu iritasi.

Untuk itu, sebaiknya ketahui berbagai informasi mengenai bakuchiol dan cara penggunaannya untuk menurunkan risiko efek samping. Jangan lupa ketahui juga berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin menggunakan kandungan ini pada perawatan wajah sehari-hari.

Inilah Cara Penggunaan Bakuchiol

Bakuchiol adalah salah satu kandungan perawatan wajah yang sedang banyak digemari oleh masyarakat. Hal ini disebabkan bakuchiol lebih aman digunakan dibandingkan dengan retinol bagi para pemula.

Kandungan ini sangat aman untuk digunakan oleh pemilik kulit sensitif dan memiliki sifat yang bisa membantu mencegah tanda penuaan dini pada wajah. Kandungan ini banyak ditemukan pada biji dan daun tumbuhan Psoralea corylifolia.

Dengan menggunakan bakuchiol kamu bisa memperbarui kolagen pada kulit, memperbaiki warna dan tekstur kulit. Selain itu, kandungan ini menjadi pilihan yang aman untuk orang yang memiliki kulit berjerawat.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menggunakan bakuchiol? Saat ini kamu bisa dengan mudah menemukan serum atau losion dengan kandungan bakuchiol di dalamnya.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan kandungan ini, yaitu:

  1. Bersihkan wajah dengan melakukan pembersihan ganda atau double cleansing. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan semua riasan wajah atau debu yang menempel pada kulit wajah. Jika kulit wajah masih terdapat debu atau kotoran, tentunya kandungan ini tidak dapat menyerap kulit dengan sempurna.
  2. Setelah wajah bersih dan kering, kamu bisa mengoleskan serum atau losion bakuchiol pada bagian wajah. Kemudian, kamu bisa menggunakan pelembap untuk tahap perawatan wajah selanjutnya.

Itulah cara penggunaan bakuchiol yang tepat pada kulit wajah. Jika kamu pertama kali mencoba perawatan wajah dengan kandungan ini, sebaiknya gunakan sebanyak satu kali dalam satu hari, misalnya pada pagi atau malam saja.

Namun, jika kandungan ini cocok dengan kondisi kulit, kamu bisa gunakan pada pagi dan malam hari agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal. Meskipun kandungan ini tidak memicu efek samping, tetapi pastikan kulit wajah tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Jika kamu harus melakukan kegiatan di luar ruangan, pastikan menggunakan tabir surya setelah penggunaan pelembap pada kulit wajah. 

Manfaat Penggunaan Bakuchiol

Jangan lupa untuk menggunakan bakuchiol secara rutin. Biasanya, setelah penggunaan 12 minggu, kamu bisa merasakan manfaatnya, seperti:

1. Meratakan Warna Kulit

Bakuchiol dapat menyerap ke bagian kulit yang paling dalam sehingga membantu untuk menyamarkan noda hitam dan meratakan warna kulit.

2. Mengatasi Kerutan Halus

Kandungan ini bisa merangsang produksi kolagen pada kulit wajah. Dengan begitu, penggunaannya yang rutin bisa membantu menghilangkan kerutan halus pada wajah.

3. Tidak Menyebabkan Kulit Kering

Kandungan ini sangat alami sehingga baik untuk digunakan sebagai perawatan wajah karena tidak menyebabkan kulit kering.

4. Menenangkan Kulit

Proses regenerasi kulit yang sehat membuat kandungan ini bisa menenangkan kulit yang mengalami gangguan.

Itulah berbagai manfaat yang bisa dirasakan ketika menggunakan bakuchiol dalam perawatan wajah setiap hari. Namun, jika kamu dalam kondisi hamil atau menyusui, sebaiknya tanyakan langsung pada dokter mengenai penggunaan kandungan ini. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. What Is Bakuchiol? Skin-Care Benefits, Side Effects, How to Use It, and More.
Byrdie. Diakses pada 2022. Bakuchiol: The New, Natural Alternative to Retinol.