• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menggunakan Virgin Coconut Oil untuk Mengatasi Sembelit pada Kucing

Cara Menggunakan Virgin Coconut Oil untuk Mengatasi Sembelit pada Kucing

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Menggunakan Virgin Coconut Oil untuk Mengatasi Sembelit pada Kucing

“Untuk digunakan pada kucing yang mengalami sembelit,  pilihlah minyak kelapa murni (food grade, non-terhidrogenasi) yang belum difraksinasi. Meskipun secara umum minyak kelapa aman digunakan untuk kucing, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memberikan virgin coconut oil (VCO) untuk mengatasi sembelit pada kucing”

Halodoc, Jakarta – Minyak kelapa atau virgin coconut oil telah lama digunakan untuk memasak. Selain itu, minyak kelapa juga umum digunakan sebagai obat herbal, karena banyak manfaat kesehatan dari minyak kelapa bagi manusia. Namun, faktanya beberapa orang juga mulai memberikan minyak kelapa sebagai pengobatan alami untuk hewan peliharaan. Contohnya untuk mengatasi sembelit pada kucing.

Minyak kelapa adalah minyak nabati yang diekstraksi dari daging kelapa matang. Untuk digunakan pada kucing sembelit, dengan catatan pilihlah minyak kelapa murni (food grade, non-terhidrogenasi) yang belum difraksinasi. Lantas, bagaimana cara menggunakan virgin coconut oil untuk mengatasi kucing sembelit?

Baca juga: Waspadai 4 Penyakit yang Rentan Menyerang Anak Kucing

Cara Menggunakan Virgin Coconut Oil untuk Kucing Sembelit

Minyak kelapa mudah menyerap di saluran pencernaan kucing. Itulah sebabnya, pengobatan sembelit dengan minyak kelapa adalah cara yang aman untuk meredakan sembelit pada kucing. Hal ini dikarenakan kelembapan dan asam lemak membantu pergerakan tinja yang tertahan di saluran usus. 

Cara menggunakannya juga mudah kok. Beberapa dokter hewan mungkin mengizinkan pemberian minyak kelapa sebanyak 2.5 ml – 3 ml dua kali sehari untuk mengobati konstipasi pada kucing. 

Cobalah perkenalkan minyak kelapa ke kucing dengan perlahan dan sedikit saja. Untuk pertama-tama kamu bisa memberikan sebanyak 1/8 sendok teh terlebih dahulu. Dengan cara ini, kamu bisa melihat apakah kucing mengalami alergi atau justru menyukai minyak kelapa. Dalam beberapa kasus, kucing mungkin tidak mampu mentolerir virgin coconut oil dengan baik. Bahkan, bisa menyebabkan diare jika kamu memberikannya terlalu banyak. Oleh sebab itu, coba dan lihat apakah kucing menjilati minyak kelapa dari sendok. Jika tidak, kamu bisa mencampurkannya dengan makanan basah. 

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Kucing Muntah?

Perlu diketahui juga, minyak kelapa sangat berlemak dan berkalori meski hanya satu sendok makan. Karena sifatnya yang berlemak, penggunaan minyak kelapa dalam jumlah sedikit dan bertahap sangat dianjurkan. Jika kamu menggunakan minyak kelapa secara teratur pada kucing, maka ketahui potensi efek samping berikut:

  • Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan diare, mual, muntah, atau masalah pencernaan lainnya. 
  • Dalam uji klinis pada asam lemak esensial, kucing yang diberi minyak kelapa terhidrogenasi bisa mengalami hati berlemak. Jika kucing memiliki masalah hati, sebaiknya hindari penggunaan minyak kelapa. 
  • Jangan paksa kucing makan minyak kelapa. Jika memaksa minyak masuk ke mulut kucing, maka dapat menyebabkan kucing menyedotnya. Hal ini bisa jadi pemicu pneumonia pada kucing. 
  • Selalu tanyakan pada dokter hewan sebelum memberikan minyak kelapa ke dalam makanan kucing. 

Bagaimana Mengetahui Kucing Sembelit?

Perhatikan kebiasaan buang air besar (BAB) pada kucing. Umumnya, kucing harus BAB setiap hari. Jika kamu sudah melatih kucing agar BAB di boks yang sudah disediakan, maka pemantauan bisa lebih mudah. 

Kotoran kucing umumnya berwarna coklat, berbentuk, dan cukup lengket untuk menempel pada pasir kotak BAB kucing. Jika kucing tidak buang air besar setiap hari, maka mungkin saja dia mengalami sembelit. Jika kotoran sangat keras dan tidak lengket sama sekali, maka kondisi tersebut bisa menjadi tanda awal  kucing mengalami sembelit. 

Baca juga: Kucing Cacingan, Ini Cara Mengenali Tandanya!

Penyebab pertama kucing sembelit adalah dehidrasi. Itulah alasannya disarankan untuk memberi makan kucing dengan makanan yang basah. Kucing tidak dapat memenuhi kebutuhan air meski sudah disiapkan mangkuk air. Kucing yang hanya diberi makanan kering biasanya mengalami dehidrasi kronis yang konstan, sehingga menyebabkan sembelit. Selain itu, kurangnya olahraga dan aktivitas fisik juga bisa menyebabkan kucing sembelit. 

Jika cara alami tidak juga membuat kondisi kucing sembelit membaik, sebaiknya segera hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Love to know. Diakses pada 2021. 7 Amazing Ways to Use Coconut Oil for Cats
Two Crazy Cat Ladies. Diakses pada 2021. Remedies for Cat Constipation
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Is Coconut Oil Safe for Cats?