• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghadapi Pelecehan di Tempat Kerja
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghadapi Pelecehan di Tempat Kerja

Cara Menghadapi Pelecehan di Tempat Kerja

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 Agustus 2022

“Pelecehan nyatanya juga rentan terjadi di tempat kerja. Bersuara dan bersikap adalah dua solusi untuk menghadapi pelecehan di tempat kerja.”

Cara Menghadapi Pelecehan di Tempat KerjaCara Menghadapi Pelecehan di Tempat Kerja

Halodoc, Jakarta – Pelecehan di tempat kerja sulit dihindari. Kejadian ini kerap terjadi bahkan sampai tak disadari.

Contoh sederhananya begini. Saat berada di tempat kerja, tak jarang antar sesama pegawai melakukan perundungan via verbal dan fisik. Di titik ini, sudah masuk kategori pelecehan.

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah pelecehan. Salah duanya bersuara dan bersikap. Namun, tak semua orang bisa melakukan ini di tempat kerja karena ada banyak pertimbangan yang dipikirkan.

Dikucilkan hingga berujung pemecatan adalah sederet faktor konsekuensinya. Oleh karenanya, mereka yang mengalami pelecehan kerap tutup mulut dan membiarkan kondisi ini berlarut.

Mengutip jurnal Betterwork, mereka punya sejumlah tips bagi para pekerja bisa mengatasi pelecehan. Dua yang mereka perhatikan adalah: Tempat bekerja harus punya peraturan yang punya integritas bila terjadi kasus ini terjadi serta tips dan trik mengatasinya.

Cara Menghadapi Pelecehan di Tempat Kerja

Pelecehan di tempat kerja berbuntut panjang. Ini akan berdampak pada fisik dan mental yang mengalaminya. 

Untuk urusan fisik, mereka akan merasakan kelelahan fisik, nyeri otot, hingga susah tidur. Sementara mental, mereka akan mengalami ketakutan, putus asa, hingga malu.

Dan masih mengutip jurnal Betterwork, ini beberapa solusi yang bisa diterapkan:

1. Lakukan Pembelaan

Pelaku pelecehan lazimnya punya kekuasaan untuk melakukan tindakan semena-mena. Lakukan pembelaan via verbal seperti mengomentari balik ucapan yang disampaikan oleh pelaku.

Kondisi ini memang punya dampak seperti cekcok dan keributan kecil. Namun, sikap ini berpotensi jadi jalan keluar dari masalah ini.

2. Lapor ke HRD

Ini bisa dibilang jalan pintas. Tapi, pada kenyataannya memang demikian. 

Pihak HRD di tempat bekerja punya wewenang sebagai penengah. Mereka membantu para korban pelecehan untuk bisa menjelaskan kondisi yang mereka alami.   

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah mencatat, merekam, dan mempersiapkan alat pendukung yang dilakukan pelaku.

3. Bersuara di Media Sosial

Menggunakan media sosial untuk memberantas pelecehan adalah salah satu cara terbaik dewasa ini. 

Beberapa waktu belakangan, jagat media Twitter ramai memberitakan seorang wanita yang dilecehkan secara seksual oleh rekan kantornya.

Oleh suami si wanita, menyikapinya dengan membuat utas. Dari beberapa potongan keterangan, ia merinci kejadian pelecehan tindakan pelaku.

Via komentar dan dukungan yang diberikan netizen, kondisi ini bisa membantu mengatasi persoalan mental yang dialami korban. Di satu sisi, kondisi ini juga akan memberikan efek jera pada pelaku.

Pelecehan di tempat kerja memang kadang tak pandang bulu. Tapi, melalui cara-cara di atas bisa menjadi solusi awal untuk pencegahan.

Jika kamu punya pertanyaan mengenai persoalan di atas, tidak ada salahnya untuk bertanya ke psikolog demi kesehatan mental kamu. Kamu bisa menghubungi psikolog melalui aplikasi Halodoc. Jangan tunda agar kondisinya tidak semakin memburuk dan dapatkan solusi yang tepat. Download Halodoc sekarang juga!

Sumber:
United Nations Entity for Gender Equality and The Empowerment of Women. Diakses pada 2022. Prohibition of discrimination, harassment, including sexual harassment, and abuse of authority.
Better Work. Diakses pada 2022. Guidelines on the Prevention of Workplace Harassment.