• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Bau Hewan Peliharaan di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Bau Hewan Peliharaan di Rumah

Cara Menghilangkan Bau Hewan Peliharaan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 Maret 2021
Cara Menghilangkan Bau Hewan Peliharaan di Rumah

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu merasa seluruh rumah berbau seperti kotoran hewan peliharaan? Menghilangkan bau kucing di karpet dan perkakas adalah kunci untuk membuat rumah kembali berbau segar dan bersih. Namun, bagaimana cara supaya bau kucing benar-benar hilang? Simak pembahasannya dalam artikel ini!

Mengapa Urine Kucing Memiliki Aroma yang Kuat?

Urine kucing mengandung asam urat yang dapat bertahan di karpet, kain, dan kayu selama bertahun-tahun! Meskipun soda kue, cuka, sabun, dan hidrogen peroksida dapat menetralkan bau untuk sementara waktu, tetapi kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan asam urat mengkristal kembali dan lagi-lagi mengeluarkan aroma kucing yang begitu khas. 

Baca juga: Vaksin Kucing Kesayangan, Sebaiknya Umur Berapa?

Satu-satunya cara untuk menghancurkan asam urat adalah dengan menggunakan pembersih enzim. Area yang terkena noda pada karpet atau kain perlu direndam dalam pembersih enzim dan dibiarkan hingga benar-benar kering. Enzim akan memecah asam urat menjadi gas, dan melalui pengeringan alami, gas akan menguap dan membuat karpet serta kain kembali berbau segar.

Bagaimana Cara Membersihkannya?

Apakah kucingmu baru-baru ini buang air kecil di perabot rumah atau ada noda dan bau lama hewan peliharaan? Berikut ini beberapa pedoman yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut:

  • Gunakan handuk bekas untuk mengelap dan menyerap urine sebanyak mungkin segera setelah kamu menemukan perabot yang terkena urine kucing. Kamu juga bisa membersihkan area secara menyeluruh dengan cuka terlebih dahulu sebelum menerapkan perawatan enzim.
  • Biarkan pembersih enzim menempel di area yang bernoda selama beberapa jam dan keringkan secara alami.
  • Letakkan keranjang cucian secara terbalik di atas area tersebut saat kamu membersihkannya untuk menjauhkan kucing dari pembersih.
  • Buka jendela dan jalankan kipas angin untuk menjaga aliran udara tetap bergerak dan membantu bau keluar dari rumah.

Baca juga: Ketahui Cara Memilih Pasir Kucing Terbaik

Cobalah untuk mencari tahu mengapa kucing mengalami perubahan rutinitas, termasuk masalah ketika buang air atau apakah ia sedang stres. Perlu kamu perhatikan, membersihkan area secara menyeluruh dengan cuka terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan perawatan enzim akan memecah dan menguapkan asam urat, maka rumah pun akan bebas dari bau kucing.  

Pembersih cuka dan enzim bekerja pada semua permukaan: lantai kayu keras, karpet, kasur. Namun, beberapa jenis lantai dan kain mugkin dipengaruhi secara berbeda oleh pembersih, jadi selalu uji area kecil sebelum melakukan perawatan apa pun.

Lalu, hindari menggunakan pembersih uap atau panas pada noda urine kucing karena dapat membuat noda semakin sulit dihilangkan. Jika kamu sudah terlanjur melakukannya, pastikan untuk melakukan perawatan enzim beberapa kali. Bau yang kuat biasanya bertahan lebih lama di kain dan karpet, jadi mungkin perlu dilakukan beberapa perawatan.

Baca juga: Inilah Cara Tepat Melakukan Toilet Training untuk Kucing

Mencegah Bau Kucing

Cara terbaik untuk mencegah bau kucing memenuhi rumah adalah menghindarinya sejak awal. Jaga kebersihan kotak kotoran kucing dan tambahkan soda kue untuk membantu menyerap bau. Sebagian besar bau binatang di rumah mungkin disebabkan oleh cairan tubuh, tetapi penting juga untuk tidak membiarkan bulu kucing menumpuk di rumah karena bisa menyebabkan bau kucing juga. 

Guna menghilangkan bulu kucing dari jok dengan mudah, campurkan beberapa pelembut kain dengan air dalam botol semprot dan semprotkan sedikit permukaannya. Setelah menyemprot permukaan, gunakan sarung tangan karet yang dibasahi untuk menyendok dan menghilangkan bulu kucing.

Setelah rumah berbau segar dan bersih, kamu dapat mempertahankannya dengan memberi kucing makanan sehat, kotak kotoran yang bersih, dan menyikatnya secara teratur. Pastikan semua keluhan tak biasa yang terjadi pada kucingmu segera tertangani, gunakan aplikasi Halodoc untuk chat langsung dengan dokter hewan perihal masalah kesehatan hewan. 



Referensi:
Hillspet. Diakses pada 2021. Removing Foul Smelling Cat Odors From Your Home.
The Car Site. Diakses pada 2021. How To Remove Cat Urine.