• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air dengan Obat Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air dengan Obat Alami

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air dengan Obat Alami

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 Desember 2022

"Bekas cacar air bisa dihilangkan dengan bahan alami seperti minyak kelapa. Sifat melembapkannya membantu proses pengelupasan sehingga tidak meninggalkan bekas."

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air dengan Obat AlamiCara Menghilangkan Bekas Cacar Air dengan Obat Alami

Halodoc, Jakarta – Cacar air adalah infeksi virus Varicella-zoster yang menghasilkan bentol-bentol berisi cairan (lenting). Setelah sembuh, salah satu kendala yang sering muncul adalah bekas lentingnya. Lenting ini mengering dan membentuk koreng berwarna cokelat kehitaman.

Bekas tersebut tentu sangat mengganggu penampilan, terutama jika berada di bagian wajah atau bagian tubuh lain yang tidak tertutupi pakaian. Kamu bisa, lho, menggunakan bahan alami, seperti minyak kelapa untuk menghilangkan bekas ini.

Kandungan asam lemak pada minyak kelapa membantu memperbaiki kerusakan. Lemak tersebut juga mampu merangsang terbentuknya kolagen sehingga mempercepat proses penyembuhan bekas luka cacar.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Cacar Air

Selain minyak kelapa, bahan-bahan alami ini juga bisa menyamarkan bekas cacar:

1. Baking soda

Natrium bikarbonat atau lebih dikenal dengan baking soda memiliki sifat antiseptik, antijamur, antibakteri dan antiinflamasi. Semua sifat tersebut bisa membantu proses penyembuhan bopeng bekas cacar air

Caranya mudah, campurkan satu sendok baking soda dengan satu sendok air. Kemudian, aduk sampai menjadi pasta. Oleskan ke bagian bekas cacar secara rutin. 

2. Pepaya

Bukan cuma memperlancar BAB, buah berwarna oranye ini juga efektif menghilangkan bopeng. Kandungan air dan enzim papainnya mampu menghidrasi kulit dan mengangkat sel kulit mati. Campurkan pepaya, susu, dan gula merah sampai membentuk adonan dan oleskan pada bekas cacar yang mengganggu.

3. Oatmeal

Selain dikonsumsi, oatmeal juga sering dijadikan masker wajah. Pasalnya, bahan yang satu ini aman untuk kulit sensitif, kulit yang rentan terserang eksim, dan alergi. Oatmeal juga dapat menjaga kelembapan kulit sehingga membantu proses penyembuhan luka. Kandungan anti peradangan dan antioksidannya bisa membantu menyamarkan bekas cacar air yang sulit dihilangkan. 

4. Lidah buaya

Lidah buaya terkenal dengan kemampuan melembabkannya. Nah, bekas luka cacar cenderung kering dan mudah mengelupas. Lidah buaya bisa membantu menghidrasi kulit tersebut sehingga proses pengelupasannya tidak meninggalkan bekas. 

Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dan asam aminonya juga membantu menyembuhkan kulit.

5. Air lemon

Lemon maupun jenis buah sitrus lainnya terkenal akan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Nah, vitamin C ini termasuk antioksidan yang membuat kulit tetap sehat dan terhindar dari kerusakan. Cukup oleskan sari buah ini pada area bekas cacar, diamkan sebentar, lalu bilas dengan air bersih. 

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Natural Remedy Ideas. Diakses pada 2022. 10 Natural DIY Remedies for Chicken Pox Scars.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Chickenpox Scar Removal: Treatments and Home Remedies.
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Home Remedies for Chickenpox.