• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

“Komedo hitam ada keluhan kulit umum yang mengganggu penampilan, karena ia sering muncul di hidung. Banyak cara dan produk yang mengklaim mampu menghilangkan komedo, tapi belum tentu efektif dan aman. Cara menghilangkan komedo tentu tidak instan, butuh konsistensi dan kesabaran. Cara yang paling dasar adalah mencuci muka dua kali sehari.”

Halodoc, Jakarta – Komedo hitam atau blackheads adalah salah satu ciri jerawat dan keluhan kulit yang umum terjadi. Komedo hitam muncul dengan bentuk titik-titik hitam kecil di kulit. Ia sering terbentuk di sekitar hidung, tapi bisa juga muncul di tempat lain di tubuh. 

Komedo hitang seringkali menyebabkan orang tidak percaya diri. Itulah sebabnya banyak orang yang ingin melakukan perawatan agar komedo hitam hilang. Banyak produk yang mengklaim efektif menghilangkan dan mencegah komedo. Dari sekian banyak produk dan cara, makan yang paling efektif?

Baca juga: Kulit Berminyak Lebih Rentan Komedo, Benarkah?

Cara Efektif Menghilangkan Komedo Hitam

Komedo hitam sering kali membuat kesal dan rasa percaya diri turun. Banyak cara untuk menghilangkan komedo hitam di hidung yang populer. Namun, apakah benar-benar aman? Sebaiknya jangan melakukan ekstraksi komedo hitam sendiri, yang ada pori-pori jadi membesar dan mudah tersumbat lagi dan membentuk jerawat lain. 

Cara terbaik untuk benar-benar menghilangkan komedo hitam, yaitu dengan perlahan dan lembut. Setidaknya tidak membuat kerusakan baru di kulit wajah. Pahami juga, untuk menghilangkan dan mencegah komedo memang tidak instan. Mungkin diperlukan waktu hingga satu bulan untuk melihat hasilnya.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang bisa dilakukan, yaitu: 

1. Cuci Muka Minimal Dua Kali Sehari

Saran paling mendasar ini tetap perlu diperhatikan. Rutin mencuci wajah membantu mencegah kotoran dan minyak menumpuk di pori-pori. Mencuci wajah adalah salah satu dari tiga langkah terpenting dalam rutinitas perawatan kulit untuk alasan yang baik. Membersihkan kulit secara teratur membantu menghilangkan kotoran, minyak, sel kulit mati, bakteri, atau riasan yang tertinggal di wajah. 

2. Cuci Muka setelah Berolahraga

Keringat berlebih bisa menyatu dengan kotoran, bakteri, dan sel kulit mati untuk menyumbat pori-pori yang mungkin menyebabkan komedo hitam. Penting untuk mencuci muka sebelum dan setelah berolahraga atau aktivitas apa pun yang menyebabkan keringat berlebih. Ingatlah untuk bersikap lembut saat mencuci muka, karena menggosok terlalu keras bisa memperburuk peradangan dan jerawat.

Baca juga: Angkat Sebum di Wajah, Amankah Alat Penyedot Komedo?

3. Gunakan Strip Pori dengan Hati-hati

Produk strip pori-pori atau pore strip menggunakan perekat untuk merobek sel-sel kulit mati dan kotoran. Perlu diketahui, penggunaan produk ini sebenarnya agresif bagi kulit. Itulah sebabnya masih banyak ahli yang pro dan kontra.

Bagaimana pun produk ini dijual bebas dan mudah dibeli. Jika ingin menggunakannya, ini hanya efektif untuk komedo baru. Jika kamu memiliki komedo hitam yang sudah lama, sebaiknya kamu harus melakukan cara lain.

4. Eksfoliasi Wajah dengan Physical Exfoliator

Selain mencuci muka secara teratur, kamu perlu menambahkan beberapa pengelupasan kulit ke dalam rutinitas perawatan. Namun, pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

Nah, kamu dapat mencoba physical exfoliator untuk mengeksfoliasi wajah dari luar. 

Pengelupasan fisik menggunakan scrub untuk menghilangkan kotoran menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. 

Namun, produk ini mungkin akan keras untuk beberapa jenis kulit. Jadi, pastikan lakukan eksfoliasi fisik 1-2 kali dalam seminggu. Setelah menggunakan physical exfoliator, sebaiknya segera aplikasi pelembap wajah untuk mencegah iritasi kulit.

5. Cobalah Gunakan Chemical Exfoliator

Asam kimia untuk pengelupasan atau chemical exfoliator adalah cara yang lembut dan efektif untuk memecah kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori. Bahan-bahan yang digunakan dalam pengelupasan kimia melarutkan sel-sel kulit mati, sehingga mudah dibersihkan. 

Baca juga: Dampak yang Terjadi saat Komedo Tidak Diatasi

Bahan-bahan yang digunakan biasanya asam alfa-hidroksi (AHA) seperti asam glikolat dan asam laktat serta asam beta-hidroksi (BHA), seperti asam salisilat.

Asam polihidroksi (PHA), seperti glukonolakton juga sedang populer digunakan. Semua bahan ini memiliki sifat pengelupasan yang mencegah kelebihan minyak dan kotoran agar tidak terperangkap dalam folikel. Pilih kandungan chemical exfoliator yang sesuai dengan jenis kulit kamu, ya. 

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang bisa jadi pilihan. Jika satu cara tidak berhasil, pindahlah ke cara berikutnya. Namun, jangan lupa untuk berdiskusi dengan dokter kulit melalui aplikasi Halodoc mengenai cara yang tepat untuk kondisi dan jenis kulitmu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Self. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Blackheads on Your Nose, Chin, and Forehead
Medical News Today. Diakses pada 2021. Tips for treating blackheads on the nose
WebMD. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Blackheads