• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Menghentikan Penularannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Menghentikan Penularannya

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Menghentikan Penularannya

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Juni 2022

“Membasmi kutu rambut beserta telurnya memang tidak mudah. Ada beberapa tips ampuh yang bisa dicoba, seperti menggunakan sisir kutu atau obat khusus membasmi kutu rambut.”

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Menghentikan PenularannyaCara Menghilangkan Kutu Rambut dan Menghentikan Penularannya

Halodoc, Jakarta – Memiliki kutu rambut umumnya dianggap memalukan dan sangat menyiksa akibat rasa gatalnya. Infeksi kutu ini umumnya disebabkan oleh kontak langsung dari kepala ke kepala. Barang-barang seperti topi, sisir, kerudung juga bisa menjadi sarana penularan kutu rambut. Membasmi kutu rambut pun ternyata tidak mudah karena makhluk hidup yang satu ini mampu berkembang biak dengan sangat cepat.

Selain itu, telur kutu yang menempel pada batang-batang rambut jumlahnya bisa sangat banyak sulit sekali dikeluarkan. Tak jarang, pengidap kutu rambut merasa frustasi akibat rasa gatal yang sangat intens dan jumlah kutu yang tak kunjung berkurang. 

Cara Membasmi Kutu Rambut Secara Efektif

Jika kamu sedang berhadapan dengan kondisi ini, ada beberapa cara yang dinilai efektif untuk membasmi kutu rambut. Apabila kamu memiliki rambut yang panjang dan lebat, hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan adalah memotongnya agar pengobatan kutu bisa semakin mudah. Setelah memotong rambut, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Sisir kutu

Kutu dan telur kutu dapat dihilangkan dengan sisir kutu atau lebih dikenal sebagai sisir serit. Nah, kamu bisa mudah mendapatkannya di apotek atau dibeli secara online. Saat menggunakan sisir ini, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan, seperti:

  • Cuci rambut dengan sampo biasa terlebih dahulu.
  • Kemudian oleskan kondisioner sampai merata ke seluruh rambut.
  • Sisir seluruh kepala rambut, dari akar hingga ujungnya

Biasanya dibutuhkan sekitar 10 menit untuk menyisir rambut pendek, dan 2030 menit untuk rambut panjang, keriting, atau keriting. Itu sebabnya, penting untuk memotong rambut terlebih dahulu supaya proses ini lebih mudah.  Lakukan penyisiran pada hari ke 1, 5, 9 dan 13 untuk menangkap kutu yang baru menetas. Periksa kembali apakah rambut telah bebas kutu pada hari ke-17.

2. Obat kutu

Jika kutu jumlahnya masih cukup banyak setelah disisir rutin, mungkin kamu perlu menggunakan obat kutu. Nah, obat kutu ini umumnya berbentuk losion dan banyak tersedia di apotek, supermarket maupun online. 

Jika jumlahnya sudah tidak terlalu banyak, obat mungkin bisa dipakai satu kali saja. Namun, perawatan obat biasanya perlu diulang  setelah seminggu untuk membunuh kutu yang baru menetas.

Itulah tips membasmi kutu yang bisa kamu coba. Jika punya pertanyaan lain seputar pengobatan kutu, tak perlu malu untuk bicara dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Jangan tunda agar tak semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga !

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2022. Head lice and nits.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Kill Head Lice.
WebMD. Diakses pada 2022. Lice Treatment.